Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri-Ciri, Struktur, Dan Pola Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri-ciri, Struktur, dan Contoh Teks Eksplanasi -  Teks eksplanasi yakni teks yang mengandung sebuah penjelasan atau eksplanasi secara detil, rinci, dan lengkap dari suatu hal. Seperti halnya teks pada umumnya, didalam teks ekspalani terdapat aneka macam aspek dan faktor-faktor mirip struktur, ciri-ciri dan contoh. Setelah membahas referensi teks dan pengertian teks secara umum yang ada didalam bahasa indonesia, kali ini materi4belajar akan membahas lengkap perihal teks eksplanasi yang mencakup pengertian teks eksplanasi, struktur, ciri-ciri, dan referensi teks eksplanasi itu sendiri.

Dalam beberapa kasus teks eksplanasi kerap kali dijadikan sebagai materi pembelajaran hingga soal dalam beberapa ujian sekolah dengan kata kunci sebagai berikut: pengertian teks eksplanasi, contoh teks eksplanasi, ciri-ciri teks eksplanasi, dan struktur teks eksplanasi. Berdasarkan kasus inilah admin tetapkan untuk membahas lebih dalam perihal apa itu teks eksplanasi lengkap dengan referensi teks eksplanasi itu sendiri.

Pada dasarnya pengertian teks eksplanasi mampu kita temukan dalam buku pelajaran maupun LKS yang telah disediakan oleh sekolah. Sedangkan referensi teks eksplanasi mampu anda temukan dalam media cetak mirip majalah, koran dan lain sebagainya.

Para hebat baiklah bahwa teks eksplanasi sejatinya berasal dari bahasa inggris yakni "explanation" yang memiliki arti menjelaskan. Berdasarkan kamus besar bahasa indonesia pengertian teks eksplanasi yakni sebuah teks yang didalamnya berisikan proses proses yang berafiliasi akrab dengan fenomena alam, ilmu pengetahuan, sosial dan budaya. Teks eksplanasi sendiri disusun dan memiliki kerangka yakni pembukaan, penjelasan atau inti dari eksplanasi itu sendiri, dan penutup.

Berdasarkan hal diatas, dalam artikel ini kita akan lebih condong membahas serta mempelajari pengertian teks eksplanasi dan referensi teks eksplanasi itu sendiri. Tidak hanya pengertian dan contoh, namun kita juga akan mempelajari ciri-ciri teks eksplanasi, dan juga struktur teks eksplanasi sebagai tambahan informasi.

Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri-ciri, Struktur, Dan Contoh Teks Eksplanasi

Seperti yang penjelasan sebelumnya, teks eksplanasi memiliki pengertian sebagai teks yang bersifat memberi penjelasan perihal suatu fenomena atau kejadian-kejadian. Tersusun dari pembukaan, isi teks eksplanasi, dan penutup sama mirip kebanyakan teks pada umumnya. Namun untuk lebih jelasnya lagi simaklah kelanjutan artikel dibawah ini.

Pengertian Teks Eksplanasi
Teks ekspalanasi berasal dari kata “explain” yang artinya jelaskan, maka mampu disimpulkan bahwa pengertian teks eksplanasi yakni teks yang didalamnya berisi penjelasan atau proses-proses bagaimana dan mengapa dari sebuah topik yang berkaitan dengan suatu insiden atau lingkungan sekitar dalam kehidupan sehari-hari.
Teks eksplanasi yakni teks yang mengandung sebuah penjelasan atau eksplanasi secara detil Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri-ciri, Struktur, dan Contoh Teks Eksplanasi

Tanpa kita sadari semua fenomena yang terjadi disekitar kita memiliki relasi alasannya yakni dan jawaban dalam setiap prosesnya. Disamping merasakan fenomena tersebut, kita juga harus menganalisa dan mencermati apa alasannya yakni dan jawaban yang terjadi.
Artikel Terkait : Jenis-jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia, Pengertian, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh
Maka dari itu untuk mengidentifikasi sebuah teks eksplanasi maka kita harus mengetahui pengertian teks eksplanasi itu sendiri secara jelas. Pada dasarnya pengertian teks eksplanasi mampu kita temukan pada pembelajaran di tingkat SMA mapun SMK.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi
Sama mirip teks pada umumnya, teks eksplanasi memiliki ciri ciri khusus yang mampu membantu kita mengidentifikasi apakah sebuah teks termasuk dalam teks eksplanasi ataupun tidak. Hal ini telah saya rangkum dalam ciri ciri teks eksplanasi. Teks mampu dikatakan sebagai teks eksplanasi jikalau memiliki kriteria dibawah ini:
  1. Informasi yang terkandung didalam teks bersifat fakta dan bukan merupakan rekayasa.
  2. Informasi yang disampaikan yakni informasi ilmiah atau real yang mengandung pengetahuan dan bukan merupakan karangan atau fiksi.
  3. Memiliki sifat yang informatif dan membujuk pembacanya.
  4. Diawali dengan pernyataan umum,  urutan alasannya yakni dan akibat, dan terdapat interpretasi.
Struktur Teks Eksplanasi
Selain memiliki ciri ciri kebahasaan, teks eksplanasi juga memiliki struktur singkat yang terdiri atas penjelasan umum, deretan penjelas, dan interpretasi. Ketiga struktur tersebut telah saya rangkum dalam struktur teks eksplanasi pada artikel ini. Teks eksplanasi dikatakan baik dan benar jikalau memiliki struktur yang sesuai atau semestinya, berkut yakni struktur teks eksplanasi yang benar terdiri dari:
  1. Pernyataan Umum : yakni penggalan pertama dari teks eksplanasi yang terdapat pada awal paragraf yang berisi tentantang penyampaian topik atau permasalahan yang dibahas. Pada penggalan ini berisi gambaran mengapa dan bagaimana sebuah fenomena mampu terjadi. Dalam menulis pernyataan umum harus menarik supaya pembaca tertarik untuk membacanya.
  2. Deretan Penjelas : Berisikan perihal relasi alasannya yakni dan jawaban perihal suatu fenomena yang akan disusun berdasarkan urutan waktu.
  3. Interpretasi : Adalah penggalan selesai atau penutup teks eksplanasi yang terdapat pada selesai paragraf dan berisi inti atau kesimpulan dari sebuah fenomena.
Contoh Teks Eksplanasi
Setelah kita mengerti apa itu pengertian teks eksplanasi, ciri-ciri atau struktur teks eksplanasi maka sekarang saatnya kita mempelajari referensi teks eksplanasi berdasarkan informasi di atas dan berikut referensi teks eksplanasi singkat tersebut.
Artikel Terkait : Pengertian dan Contoh Teks Eksposisi

Proses terjadinya banjir

Banjir yakni fenomana alam yang kerap terjadi di Indonesia pada ketika lisan mayoritas penghujan mirip sekarang ini. Karena sifatnya yang merugikan maka banjir disebut sebagai bencanan alam. Banjir mampu terjadi karena meluapnya air sungai, drainase, selokan yang disebabkan tidak mampu menampung banyaknya air hujan.
Baca juga: 6 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Terbaru
Kesadaran masyarakat akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya merupakan problem dan tantangan yang harus dihadapi karena 30% penyebab terjadinya banjir yakni pola hidup membuang sampah ke sungai yang dilakukan oleh sebagian orang, Disamping itu mulai menjamurnya masyarakat yang mendirikan rumah atau bangunan di bantaran sungai ikut menambah proses terjadinya banjir.

Secara umum terdapat dua faktor yang mampu menjadikan terjadinya banjir yakn faktor alam dan faktor sosial. Yang pertama yakni faktor alam mirip terjadinya hujan lebat terus menerus dan tanpa henti yang menjadikan meluapnya aliran sungai hingga memenuhi wilayah daratan.
Baca Juga : 4 Contoh Teks Deskripsi Terbaru
Faktor kedua yakni faktor sosial. Jika berbicara perihal faktor sosial maka kita juga membicarakan pola hidup manusia. Manusia sering merusak alam dan tidak pernah perduli terhadap lingkungan menjadikan terjadinya banjir dengan membuang sampah sembarangan disungai dan mendirikan bangunan-bangunan yang tidak semestinya di sekitar bantaran sungai.

Tumpukan sampah, pendangkalan sungai dan kurangnya daerah resapan air hujan ikut memperburuk keadaan ketika lisan mayoritas penghujan tiba. dengan menumpuknya sampah akan menjadikan aliran air tidak lancar yang nantinya air akan meluap ke pemukiman warga.

Berdasarkan pemaparan dari informasi diatas, kita mampu menarik kesimpulan bahwasa kejadian banjir tidak semata-mata karena faktor alam saja, tetapi masih ada faktor sosial yang mana manusialah yang menjadi pelakunya. Maka dari itu, kita harus pandai-pandai dalam berinstrospeksi keenapa banjir mampu terjadi disekitar kita.

Itulah artikel tentang Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri-ciri, Struktur, dan Contoh Teks Eksplanasi yang mampu saya sampaikan kali ini. Perlu kita ingat bahwa untuk mengidentifikasi apakah sebuah teks termasuk dalam eksplanasi atau tidak kita harus mengingat ciri ciri teks eksplanasi dan struktur teks eksplanasi di atas.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri-Ciri, Struktur, Dan Pola Teks Eksplanasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel