Pengertian Klausa, Ciri-Ciri, Dan Referensi Klausa

Pengertian Klausa, Ciri-ciri, Dan Contoh Klausa - Tidak terlepas dari artikel sebelumnya tentang pengertian, ciri-ciri, dan pola frasa. Kali ini materi4belajar akan membahas tentang pengertian klausa, ciri-ciri klausa, dan tentunya pola klausa lengkap dengan pembahasannya.

Seperti yang kita ketahui, Klausa yakni satuan gramatikal yang terdapat dalam sebuah tata bahasa. baik itu bahasa indonesia maupun bahasa inggris. Klausa sendiri dalam bahasa inggris disebut dengan clause, dan memiliki pengertian, ciri-ciri, dan pola yang tidak berbeda dengan klausa bahasa indonesia.
Baca Juga : Pengertian Frasa, Ciri-ciri, Dan Contoh Frasa
Pengertian Klausa, Ciri-ciri, Struktur Dan Contoh Klausa

 Tidak terlepas dari artikel sebelumnya tentang  Pengertian Klausa, Ciri-ciri, Dan Contoh Klausa
Baikah langsung saja kita menuju pembahasan yakni pengertian klausa, ciri-ciri kalusa dan pola klausa yang bertujuan semoga kita mampu lebih memahami apa itu klausa lengkap dengan strukturnya.

Pengertian Klausa

Seperti yang saya terangkan di atas bahwa Klausa yakni sebuah satuan grammatikal yang terdapat dalam tata bahasa, Klausa memiliki susunan kata melebihi frasa namun kurang lengkap untuk menjadi sebuah kalimat. Klausa memiliki bentuk berupa kelompok kata yang setidaknya terdiri dari sebuah subjek dan sebuah predikat (S &P), Dan memiliki potensi untuk menjadi suatu kalimat. Mengapa klausa memiliki potensi untuk menjadi sebuah kalimat? alasannya yaitu yakni bekerjsama klausa tidak jauh berbeda dengan sebuah kalimat, Hanya saja klausa tidak memiliki intonasi final yang menjadi ciri khusus sebuah kalimat.

Dalam konstruksinya yang terdiri atas S dan P klausa mampu disertai dengan O, Pel, dan Ket, ataupun tidak. Dalam hal ini, unsur inti klausa yakni S dan P. tetapi, dalam praktiknya unsur S sering dihilangkan. Misalnya dalam kalimat bermacam-macam (atau lebih tepatnya kalimat plural) dan dalam kalimat yang merupakan jawaban. (Ramlan 1987:89). Misalnya :

Struktur Klausa

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa klausa yakni kalimat yang tidak sempurna yang disusun dan memiliki setidaknya satu subjek dan satu predikat. Sebenarnya Klausa juga mampu memiliki Objek suplemen dan kata keterangan. Namun dalam penggunaanya penggunaan subjek dalam klausa sering tidak digunakan. misalkan dalam sebuah kalimat bermacam-macam (kalimat plural).

Ciri-Ciri Klausa

Sama ibarat frasa, tentunya klausa juga memiliki ciri-ciri yang berfungsi untuk membantu kita mengidentfikasinya. ciri-ciri klausa yakni :

  1. Dalam sebuah klausa hanya terdapat satu predikat saja dan tidak lebih.
  2. Klausa mampu berubah menjadi sebuah kalimat jikalau diimbuhi intonasi akhir.
  3. Klausa merupakan cuilan dari sebuah kalimat jikalau kalimat itu yakni kalimat plural.
  4. Klausa bersifat meluas jikalau ditambahkan dengan atribut-atribut khusus yang belum terdapat pada klausa tersebut.

Jenis-Jenis Klausa

Berdasarkan jenisnya klausa mampu dibagi menjadi 4 jenis yakni :

  1. Berdasarkan kelengkapan unsurnya : Klausa tidak lengkap dan klausa lengkap
  2. Berdasarkan sifat predikat : Klausa faktual dan klausa negatif
  3. Berdasarkan kategori predikat : Klausa verbal dan klausa non-verbal
  4. Berdasarkan kemapanannya : Klausa mandiri dan Klausa Tergabung

Contoh Klausa

Setelah kita memahami pengertian klausa, ciri-ciri klausa dan jenis klausa sekarang saatnya kita membaca dan menyimak pola klausa dibawah ini :

  1. Kondisinya sudah membaik.
  2. Rumah itu sangat mewah.
  3. Mobil itu sangat baru.
  4. Sudah baik keadaanya.
  5. Sangat glamor rumah itu.
  6. lapar sekali hari ini.
  7. keadaan akan baik-baik saja.
  8. bekerja sambil berjalan-jalan.
  9. berlibur itu sangat menyenangkan.
  10. makan kuliner mewah.

sekian artikel kali ini tentang pengertian klausa, ciri-ciri, dan pola klausa. semoga dengan memahami klausa mampu menambah ilmu dan wawasan kita. terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Klausa, Ciri-Ciri, Dan Referensi Klausa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel