Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme Dan Pembiasaan Lengkap

Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme dan Adaptasi Lengkap - Dalam sebuah kekerabatan antar budaya, kita sering mendengar istilah akulturasi, sinkretisme, milenarisme, ataupun adaptasi. Hubungan antar budaya ini menciptakan sebuah pengertian akulturasi, pengertian sinkretisme, pengertian milenarisme ataupun pengertian pembiasaan antar budaya. Pada dasarnya kebudayaan mampu berubah sesuai dengan proses evolusi kebudayaan, proses penyebaran budaya dengan melakukan interaksi antar budaya serta sesuai dengan proses mencar ilmu wacana budaya dalam lingkup masyarakat itu sendiri. Hal ini sesuai dengan pendapat Koentjaraningrat.
 kita sering mendengar istilah akulturasi Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme dan Adaptasi Lengkap
Selain itu berdasarkan pendapat Koentjaraningrat menyebutkan bahwa terdapat beberapa inovasi yang disebabkan oleh adanya kesadaran masyarakat akan kekurangan dari budayanya sendiri. Hal inilah yang menjadi dasar terbentuknya inovasi gres terkait kebudayaan yang ada sehingga kebutuhan manusia mampu terpenuhi. Namun terdapat beberapa inovasi yang berkaitan dengan masuknya budaya absurd kedalam budaya masyarakat itu sendiri sehingga kiprah dari kekerabatan antar budaya tersebut sangat dominan. Nah pada pembahasan kali ini saya akan membahas wacana pengertian akulturasi, pengertian sinkretisme, pengertian milenarisme dan pengertian pembiasaan dalam kekerabatan antar budaya. Untuk lebih jelasnya mampu anda simak dibawah ini.

Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme dan Adaptasi Lengkap

Setiap kelompok masyarakat memiliki kontak budaya yang berbeda beda sehingga mengakibatkan adanya sikap saling mempengaruhi satu sama lain. Tanpa kita sadari, kebudayaan sendiri telah bercampur dengan kebudayaan absurd karena adanya kontak antar budaya yang dilakukan. Selain itu terdapat faktor lain yang mengakibatkan adanya pengambilan unsur budaya luar. Berdasarkan pendapat Koentjaraningrat, faktor tersebut berasal dari penjajahan pada masa kolonialisme sebelumnya. Bangsa Indonesia tanpa disadari telah melakukan kontak antar budaya sehingga menjadikan imbas dalam perkembangan budaya lokal. Proses mempengaruhi tersebut mampu terjadi secara akulturasi, sinkretisme, milenarisme, ataupun melalui adaptasi. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai pengertian akulturasi, pengertian sinkretisme, pengertian milenarisme dan pengertian pembiasaan lengkap.

Akulturasi

 kita sering mendengar istilah akulturasi Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme dan Adaptasi Lengkap
Pengertian akulturasi yaitu proses perubahan kebudayaan yang dilakukan dengan menyatukan budaya budaya yang berbeda. Kebudayaan gres tersebut timbul karena adanya penyerapan unsur kebudayaan absurd kedalam unsur kebudayaan tertentu namun tidak meninggalkan kebudayaan aslinya. Misalnya kebudayaan Hindu yang terus berkembang di wilayah Bali. Walaupun kebudayaan Hindu masuk kedalam kebudayaan Bali, namun tetap tidak menghilangkan kebudayaan Bali yang asli. Bahkan terciptalah kebudayaan gres yang berasal dari peleburan kebudayaan Hindu dengan kebudayaan Bali.

Sinkretisme

 kita sering mendengar istilah akulturasi Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme dan Adaptasi Lengkap
Pengertian sinkretisme yaitu proses bertemunya dua kebudayaan yang berbeda unsur namun tidak menghilangkan unsur budayanya masing masing. Perubahan budaya secara sinkretisme berbeda dengan cara akulturasi. Hal yang membedakan antara sinkretisme dan akulturasi yaitu sinkretisme tidak menjadikan adanya kebudayaan gres melainkan terdapat penyesuaian dalam kebudayaan lama. Misalnya proses sinkretisme Siwa Budha yaitu aliran agama pada masa Kerajaan Majapahit. Ajaran Siwa dengan aliran Budha memiliki harapan keras untuk saling bersatu tanpa harus menghasilkan kebudayaan yang baru. 

Milenarisme

 kita sering mendengar istilah akulturasi Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme dan Adaptasi Lengkap
Pengertian milenarisme yaitu gerakan rakyat yang tercipta atas kepercayaan masyarakat akan pembebasan orang dari seluruh kesengsaraan dan penderitaaan melalui perantara seorang tokoh. Milenarisme mampu disebut juga Mesianisme. Misalnya kepercayaan masyarakat akan kedatangan Ratu Adil di Jawa.

Adaptasi

 kita sering mendengar istilah akulturasi Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme dan Adaptasi Lengkap
Pengertian pembiasaan yaitu proses perubahan kebudayaan dalam lingkungannya masing masing. Proses pembiasaan mampu dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:
  1. Adaptasi Evolusioner yaitu proses perubahan kebudayaan masyarakat yang terjadi dalam waktu yang lama, mulai dari tingkat yang tinggi menuju tingkat yang rendah.
  2. Adaptasi Konvergensi yaitu proses pembiasaan kebudayaan yang terjadi antar beberapa bangsa dengan latarbelakang kebudayaan yang berbeda namun kondisi lingkungannya sama.
  3. Evolusi Paralel yaitu perkembangan pembiasaan dimana latarbelakang kebudayaannya hampir sama dan memiliki kondisi lingkungan yang sama pula.
  4. Cultur Area yaitu campuran dari kebudayaan beberapa suku bangsa dengan unsur yang sama sehingga mampu memiliki arti yang jelas. Penggabungan kebudayaan ini dilakukan oleh para andal antropologi.
  5. Pola Adaptasi Kebudayaan yaitu tumpuan pembiasaan masyarakat kawasan tertentu untuk melindungi kelangsungan kawasan tinggalnya semoga mampu bertahan hidup dalam situasi dan kondisi pada kawasan tersebut.
Sekian penjelasan wacana pengertian akulturasi, pengertian sinkretisme, pengertian milenarisme dan pengertian pembiasaan lengkap. Hubungan antar budaya mampu berlangsung secara akulturasi, sinkretisme, milenarisme, ataupun adaptasi. Semoga artikel ini mampu menambah wawasan anda. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme Dan Pembiasaan Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel