Kerajinan Materi Keras (Teknik, Tahap Pembuatan, Dan Contohnya)

Kerajinan Bahan Keras (Teknik, Tahap Pembuatan, dan Contohnya) - Di sekitar kita pasti selalu menjumpai aneka macam barang dengan ukuran kecil sampai besar. Dalam kehidupan sehari hari sebenarnya terdapat beberapa barang yang kurang berharga mirip kayu bekas, biji bijian dan sebagainya. Namun benda benda tersebut mampu diubah menjadi sebuah barang yang bernilai jual dan bernilai seni menggunakan kreatifitas dalam diri kita sendiri. Misalnya saja pola kerajinan materi keras. Kerajinan ini menggunakan materi dasar keras dengan teknik dan tahap pembuatan tertentu. Lantas apa saja teknik kerajinan yang berbahan dasar keras? Bagaimana tahap pembuatan kerajinan dari materi keras?
 Di sekitar kita pasti selalu menjumpai aneka macam barang dengan ukuran kecil sampai besar Kerajinan Bahan Keras (Teknik, Tahap Pembuatan, dan Contohnya)
Teknik Pembuatan Kerajinan dari Bahan Keras Alami
Apa pengertian kerajinan berbahan keras itu? Kerajinan sendiri memiliki pengertian yaitu sesuatu yang berhubungan dengan buatan tangan dan program yang berhubungan dengan hasil keterampilan tangan berupa barang mirip kerajinan tangan. Sedangkan materi keras tersebut merupakan barang barang dasar yang bentuknya keras untuk digunakan sebagai materi kerajinan. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan wacana teknik kerajinan materi keras, tahap pembuatan dan pola kerajinannya. Untuk lebih jelasnya mampu anda simak di bawah ini.

Kerajinan Bahan Keras (Teknik, Tahap Pembuatan, dan Contohnya)

Pengertian kerajinan materi keras yaitu sebuah kerajinan yang menggunakan materi dasar keras dalam tahap pembuatannya. Meskipun pengertiannya sangat simpel dan praktis dipahami, namun kerajinan materi keras mampu dibagi menjadi dua jenis. Masing masing jenis kerajinan materi keras tersebut juga memiliki pengertian dan materi dasar berbeda beda, antara lain:
Baca juga : Pengertian Kreativitas dan Ciri Ciri Hasil Kreativitas Seni
Kerajinan Bahan Keras Alami
Jenis kerajinan berbahan keras yang pertama menggunakan materi baku yang alami. Pengertian kerajinan yang menggunakan materi keras alami yaitu sebuah kerajinan yang dibuat menggunakan materi dasar pembuatan dari alam ataupun sebuah kerajinan yang diolah tanpa membuat benda tersebut berubah wujud. Bahan keras alami mampu kita jumpai di sekeliling kita. Untuk itu materi tersebut mampu diperoleh dengan praktis dan murah. Berikut beberapa pola materi keras alami yaitu:
  • Biji – Bijian
  • Pasir
  • Kayu
  • Rotan
  • Bambu
  • Kerang
  • Tulang
  • Batu
Kerajinan Bahan Keras Buatan
Jenis kerajinan dari materi keras selanjutnya menggunakan materi baku yang buatan. Pengertian kerajinan yang menggunakan materi keras buatan yaitu kerajinan yang bahannya telah melakukan proses pengolahan kembali. Adapun beberapa pola materi keras buatan yaitu sebagai berikut:
  • Kaleng
  • Logam (Kuningan, Tembaga, Alumunium, Emas dan Perak)
  • Kawat
  • Timah
  • Besi
  • Semen
  • Kaca

Teknik Pembuatan Kerajinan

Untuk membuat kerajinan materi keras, terdapat beberapa cara dan teknik yang digunakan oleh pengrajin. Dalam kepingan ini kita akan membahas apa saja teknik yang mampu digunakan untuk membuat kerajinan tersebut. Adapun beberapa teknik membuat kerajinan dari materi keras yang digunakan yaitu sebagai berikut:
  1. Teknik Cetak
  2. Teknik Menganyam
  3. Teknik Las
  4. Teknik Etsa
  5. Teknik Grafir
  6. Teknik Bubut
  7. Teknik Patri
  8. Teknik Ukir
Baca juga : 30+ Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli (Lengkap)

Fungsi Kerajinan Bahan Keras

Semua barang dan benda diciptakan bukan tanpa asalan, melainkan lantaran memiliki fungsi. Sama halnya dengan kerajinan materi keras diciptakan lantaran memiliki fungsi tersendiri. Kerajinan dari materi keras pada dasarnya memiliki beberapa fungsi didalamnya. Berikut beberapa fungsinya yaitu meliputi:

Sebagai Benda Pakai
Fungsi kerajinan materi keras yang pertama yaitu sebagai benda pakai. Kerajinan sendiri merupakan karya yang diciptakan dengan berfokus pada kegunaan fungsinya. Maka dari itu nilai keindahannya hanya digunakan sebagai pendukung saja. Contohnya meja, lemari, kursi, rak buku dan sebagainya.

Sebagai Benda Hias
Fungsi kerajinan dari materi keras selanjutnya yaitu sebagai benda hias. Kerajinan tersebut merupakan sebuah karya yang diciptakan dengan berfokus pada nilai keindahannya. Maka dari itu nilai fungsi dan kegunaannya digunakan sebagai pendukung. Contohnya gantungan kunci, bingkai, hiasan dinding, patung dan sebagainya.
 Di sekitar kita pasti selalu menjumpai aneka macam barang dengan ukuran kecil sampai besar Kerajinan Bahan Keras (Teknik, Tahap Pembuatan, dan Contohnya)
Contoh Kerajinan dari Bahan Keras Kayu

Tahap Pembuatan Kerajinan Bahan Keras

Tahap pembuatan kerajinan dari materi keras berbeda dengan teknik pembuatan kerajinan materi lunak. Perbedaannya terletak pada cara mengerjakannya. Berikut beberapa tahhap pembuatan kerajinannya yaitu diantaranya:

Membuat Rancangan
Tahap pembuatan kerajinan dari materi keras yang pertama yaitu membuat rancangan. Rancangan tersebut digunakan sebagai gambaran pandangan gres sebelum membuat kerajinan yang berbahan dasar keras. Hasil kerajinan yang bagus didasarkan pada rancangan yang bagus pula. Pada umumnya pembuatan rancangan dilakukan dengan cara menggambar di atas kertas.

Menyiapkan Alat dan Bahan
Tahap pembuatan kerajinan materi keras selanjutnya yaitu menyiapkan alat dan bahan. Persiapan alat dan materi yang digunakan harus memiliki kualitas yang bagus sehingga hasil kerajinan yang diperoleh lebih baik.

Membuat Kerajinan Sesuai Rancangan
Tahap pembuatan kerajinan dari materi keras selanjutnya yaitu membuat kerajinan sesuai rancangan. Pembuatan kerajinan pada tahap ini dilakukan dengan membentuk kepingan dasar kerajinan terlebih dahulu. Maka dari itu proses pembuatannya lebih cepat dan pembentukan kerajinannya lebih mudah.

Tahap Penyelesaian
Tahap pembuatan kerajinan materi keras selanjutnya yaitu tahap penyelesaian. Pada tahap ini kerajinan ditambahkan dengan hiasan, dirapikan dan diberikan tambahan lain yang membuat kualitasnya lebih meningkat. Misalnya dihaluskan maupuan di cat.
Baca juga : Macam Macam Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Gambarnya

Contoh Kerajinan dari Bahan Keras

Setelah kita mempelajari pengertian kerajinan materi keras, teknik dan tahap pembuatan serta beberapa bahannya, tidak akan afdol jikalau kita tidak melihat pola kerajinan materi keras itu sendiri. Umumnya pengrajin di Indonesia selalu menggunakan materi keras mirip logam, kayu dan bambu. Selanjutnya materi tersebut dioleh menjadi aneka macam kerajinan cantik. Berikut beberapa pola kerajinan materi keras yang praktis ditemui.

Kerajinan Logam
Bahan keras yang digunakan untuk membuat kerajinan pertama yaitu logam. Misalnya perak, perunggu, besi, emas dan sebagainya. Kerajinan ini dibuat dengan menggunakan teknik ukir, cor, dicetak ataupun ditempa sesuai dengan bentuk yang diharapkan. Adapun pola kerajinan materi keras logam yaitu wadah serbaguna, gelas, perhiasan, cup lampu dan lain lain. Teknik pembuatan kerajinan dari materi logam pada dasarnya tidak praktis lantaran sifat logam yang keras. Maka dari itu pengolahannya menggunakan teknik tempa maupun teknik pemanasan/bakar.

Kerajinan Kayu
Bahan keras yang digunakan untuk membuat kerajinan selanjutnya yaitu kayu. Misalnya kayu mahoni, sawo, jati, nangka, waru dan sebagainya. Kerajinan ini dibuat menggunakan teknik tatah ukir pada kayu yang digunakan. Adapun pola kerajinan materi keras kayu yaitu lemari, meja, bangku dan sebagainya.

Kerajinan Bambu
Bahan keras yang digunakan untuk membuat kerajinan selanjutnya yaitu bambu. Teknik pembuatan kerajinan dari bambu tersebut yaitu teknik tempel, teknik sambung dan teknik anyaman. Di Indonesia pada umumnya terkenal dengan anyamannya yang menarik dari segi bentuk dan motifnyaa. Untuk itulah anyaman mampu dikenal sampai ke mancanegara.

Contoh Kerajinan Bahan Keras Lainnya

Selain pola kerajinan dari materi keras di atas, adapula beberapa kerajinan lainnya yang dibuat dari materi keras. Kerajinan tersebut pada dasarnya sangat praktis ditemukan dalam kehidupan sehari hari. Selain itu penggunaanya diperuntukkan untuk mempermudah kehidupan manusia.

Namun sayangnya masih banyak orang yang tidak sadar akan kerajinan materi keras yang setiap harinya mereka pakai. Untuk itu, kita akan membahas beberapa pola kerajinan materi keras yang ada dalam kehidupan sehari hari. Berikut beberapa pola kerajinannya yaitu diantaranya:
  • Kursi kayu jati
  • Angklung
  • Kalung dari materi dasar kerang
  • Cincin Emas
  • Lemari rotan
  • Bingkai Foto
  • Patung yang di cetak
  • Uang Logam
  • Meja
  • Gong
Sekian penjelasan mengenai teknik pembuatan kerajinan materi keras, tahap pembuatan dan contohnya. Kerajinan berbahan keras merupakan sebuah kerajinan yang menggunakan materi dasar keras dalam tahap pembuatannya. Semoga artikel ini mampu menambah wawasan anda dan terima kasih telah membaca materi kerajinan dari materi keras di atas.

Belum ada Komentar untuk "Kerajinan Materi Keras (Teknik, Tahap Pembuatan, Dan Contohnya)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel