Berbagi Pengalaman Menulis Bersama Komunitas Guru Mencar Ilmu Cimahi

Hujan besar sempat menahan berkumpulnya guru-guru merdeka mencar ilmu di SD Peradaban Insan Mulia. Luar biasanya, di tengah derasnya guyuran hujan, ada yang memaksakan diri tiba di lokasi TPD.

Pak Inan
Dokumentasi: KGB Cimahi


TPD  diawali dengan pemutaran vlog tentang buku yang ditulis Pak Inan, narasumber utama. Videonya bergaya reportase yang dikemas dengan style amat muda banget.  Asyik, deh, pokoknya.

Nah, setelah videonya selesai, Pak Inan mulai membuatkan pengalaman tentang bagaimana mulai menulis. Ada satu pertanyaan mendasar yang patut dijadikan renungan, yaitu mengapa guru tidak menulis? Padahal guru yaitu profesi yang sangat dengan dengan acara menulis.

Ada dua hal yang membuat guru tidak menulis. Pertama, guru tersebut belum menemukan alasan untuk menulis. Kedua, guru tersebut belum tahu cara menulis.

Untuk karena pertama, belum menemukan alasan menulis, ada beberapa alasan yang bisa digunakan biar guru mau menulis, yaitu
-Supaya bisa naik pangkat
-Memperoleh popularitas
-Mendapatkan keuntungan materi (uang)
Meski bukan hal yang salah, ketiga alasan tersebut tidak cukup kuat untuk membuat guru membuat tekad yang kuat untuk menulis. Kalau berdasarkan tujua-tujuan di atas, biasanya semangat hanya berkobar di awal dan selama lama kian redup. Bahkan tak jarang terlalu cepat padam.

Alasan yang cukup kuat untuk menggerakkan guru menulis yaitu untuk membuatkan wangsit dan mengabadikan ide, gagasan, atau pun pengalaman.

Kemudian tentang sebaba kedua guru tidak menulis, yaitu belum tahu cara menulis, ada trik jitu dan sudah terbukti manjur. Apa itu? Menulislah. Kalau mau bisa menulis, ya menulislah. Tidak ada cara lain yang lebih ampuh.

Apa yang ditulis? Apa yamg kita kuasai atau apa yang akrab dengan kita. Menuliskannya tidak harus langsung banyak. Bisa dengan cara menulis sambil secara kredit. Tulis dulu, simpan. Kalau sudah banyak, kumpulkan dan kelompokkan. Jadilah naskah buku yang siap dikirim ke penerbit.

Tapi saya kan tidak bisa nulis? Nah, untuk guru yang serig memberikan demikian, ada penjelasan gampang yang mempu membalikkan pernyataan tersebut. Ini disebut dengan sindrom tali kekang gajah. Sejak kecil, gajah diikat dengan rantai di salah satu kaki belakangnya. Setiap kali gajah kecil mencoba bergerak lebih jauh jangkauannya, ia merasa kesakitan kakinya tertahan oleh rantai besi.
Setelah berkali-kali merasakan sakit, kesannya gajah tersebut menyerah. Ia hanya bergerak sampai  di sekitar rantai itu saja.

Gajah tumbuh dan berkembang. Tubuhnya kian besar dan jauh bertambah kuat. Semetara kaki tetap dirantai dengan rantai yang sama. Kalau saja gajah itu mau bergerak  lebih jauh, niscaya rantai itu akan putus. Tetapi karena dalam mindsetnya yaitu jikalau ia bergerak  agak lincah akan merasakan sakit, maka gajah itu terperangkap dalam ketidakmampuan diri.

Makara gotong royong ketakutan itu muncul dari dalam diri. Bukannya tidak bisa menulis, tetapi guru merasa tidak bisa menulis. Padahalnya potensinya bisa jadi sangat besar.

Di bagain akhir, Pak Inan memberi trik bagaimana menjual buku tapi tidak menyerupai orang jualan. Triknya sederhana, jadikan pembeli atau figur tertentu mengendors buku kita tanpa ia sadari. Menarik, kan?

Reportase TPD #11 KGB Cimahi
10 November 2018
Penulis: Suhud Rois, - Ketua KGB Cimahi

Belum ada Komentar untuk "Berbagi Pengalaman Menulis Bersama Komunitas Guru Mencar Ilmu Cimahi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel