13 Kriteria Standar Guru Inspiratif Dan Profesional

Saya jadi teringat di sebuah forum diskusi perihal Guru Inspiratif di Universitas Pendidikan Indonesia. Salah satu pembicara, menampilkan dalam slide presentasinya perihal kutipan yang diambil dari Willian a. Ward:


Guru biasa menceritakan
Guru Baik Menjelaskan dengan detail
Guru Hebat Mendemotrasikan
Guru Terbaik menginspirasi

Kriteria Standar Guru Inspiratif dan Profesional

Dilihat dari sini ternyata guru yang menginspirasi merupakan tingkatan guru yang sangat tinggi. Guru memang salah satu profesi yang di pandang mulia oleh manusia dan sang pencipta. Bahkan kemulian profesi seorang guru sejak lama diberikan julukan sebagai "Pahlawan Tanpa Tanda Jasa".

Profesi guru merupakan profesi dengan amanah yang sangat berast. Profesi guru ini harus dijalani dengan melibatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual yang baik. Apabila guru hanya mengandalkan kemampuan intelektual saja maka guru ini akan hanya menjadi guru yang teoritis tanpa energi. Sedangkan Jika guru mengajar hanya mengandalkan kemampuan emosional saja, maka guru ini akan mengjar anak dengan temperamental dan kasar. Maka tidak sedikit kita mendengar banyak guru menghukum muridnya dengan cara kekerasan dengan dalil untuk meningkatkan kedisiplinan  anak. Untuk menghindarkan hal itu sebaiknya guru minimal menguasai dan menggunakan kemampuan Intektual, emosional dan spiritual dalam mengajar.

Dari paparan diatas, maka pada kesempatan kali ini ingin membahas 13 Kriteria Standar Guru Inspiratif dan Profesional untuk kita jadikan standar kita menjadi guru yang Inspiratif. Berikut kami jabarkan 13 kriteria standar Guru Inspiratif dan Profesinal menurut National Board For Profesional Teaching Standar, dalam Bonds:

#1 Menguasi Materi Pelajaran yang baik

#2 Mampu menggunakan dengan tepat kemampuan mengajar dan belajar

#3 Mampu memecahkan problem yang berkaitan dengan Instruksional pembelajaran

#4 Mampu melakukan managemen kelas dengan baik

#5 Mampu melakukan Inprovisasi dalam mengajar

#6 Memiliki sensitifvitas terhadap konteks

#7 Memiliki kepekaan dalam menanggapi situasi selama pembelajaran berlangsung

#8 Mampu memonitor pembelajaran

#9 Selalu bertindak menurut data

#10 Respek terhadap Orang lain

#11 Mempunyai Jiwa Mendidik

#12 Mampu memfalisitasi murid biar mencapai prestasi tertinggi

#13. Mampu memfasilitasi muridnya biar lebih memahami kompleksitas


Itulah 13 Kriteria standar guru Inspiratif dan profesional Menurut Nasional Board for Profesional Teaching Standar dalam bonds. Semoga Bapak/ Ibu guru memenuhi standar ini bahkan melebihi itu. Sehingga Indonesia sanggup memiliki guru-guru yang hebat dalam ide dan manis dalam profesional kinerja. Aamiin

Belum ada Komentar untuk "13 Kriteria Standar Guru Inspiratif Dan Profesional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel