Peta Bahan Matematika Sd Kurikulum 2013

idak ada sesuatu yang spesial dalam ingatan saya bagaimana saya sewaktu SD mencar ilmu matemat Peta Materi Matematika SD Kurikulum 2013Tidak ada sesuatu yang spesial dalam ingatan saya bagaimana saya sewaktu SD mencar ilmu matematika selain bagaimana sewaktu SD yang paling saya ingat yaitu bermain bola dan bermain air lantaran yaitu sekolahnya dulu sering banjir. Tidak sanggup kita pungkiri pada tahun-tahun yang lalu SD belum menjadi perhatian penuh dunia pendidikan, tetapi itu yaitu dongeng lama. Sekarang perhatian sudah lebih di fokuskan pada SD lantaran yaitu jikalau di SD bagus maka SMP dan SMA akan lebih simpel mendidiknya. Ibarat bangunan yang mempunyai dasar yang kuat, kalau mau meninggikannya tidak akan jadi masalah.

Pada SD penerapan kurikulum 2013 pada tahun fatwa baru 2013/2014 diterapkan sekaligus di dua kelas yang berbeda yaitu kelas 1 [satu] dan Kelas 4 [empat]. Disini kita coba berbagi peta materi matematika kelas 4 SD. Struktur kurikulum 2013 untuk SMA, SMP dan SD yang pernah kita bahas sebaiknya terlebih dahulu Anda pelajari lalu melihat peta materi berikut ini. Mari kita lihat Peta Materi Kurikulum 2013.

Peta Materi - Matematika - Kelas IV - Semester I

1. Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
  • 1.1 Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung
  • 1.2 Mengurutkan bilangan
  • 1.3 Melakukan operasi perkalian dan pembagian
  • 1.4 Melakukan operasi hitung adonan
  • 1.5 Melakukan penaksiran dan pembulatan
  • 1.6 Memecahkan problem yang melibatkan uang

2. Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan problem
  • 2.1 Mendeskripsikan konsep faktor dan kelipatan
  • 2.2 Menentukan kelipatan dan faktor bilangan
  • 2.3 Menentukan kelipatan persekutuan terkecil [KPK] dan faktor persekutuan terbesar [FPB]
  • 2.4 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan KPK dan FPB

3. Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah
  • 3.1 Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajat
  • 3.2 Menentukan hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat
  • 3.3 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat
  • 3.4 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan satuan kuantitas

4. Menggunakan konsep keliling dan luas berdiri datar sederhana dalam pemecahan masalah
  • 4.1 Menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga
  • 4.2 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga

Peta Materi - Matematika - Kelas IV - Semester II

5. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
  • 5.1 Mengurutkan bilangan lingkaran
  • 5.2 Menjumlahkan bilangan lingkaran
  • 5.3 Mengurangkan bilangan lingkaran
  • 5.4 Melakukan operasi hitung campuran
6. Menggunakan pecahan dalam pemecahan problem
  • 6.1 Menjelaskan arti pecahan dan urutannya
  • 6.2 Menyederhanakan banyak sekali bentuk pecahan
  • 6.3 Menjumlahkan pecahan
  • 6.4 Mengurangkan pecahan
  • 6.5 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan pecahan
7. Menggunakan lambang bilangan Romawi
  • 7.1 Mengenal lambang bilangan Romawi
  • 7.2 Menyatakan bilangan cacah sebagai bilangan Romawi dan sebaliknya
8. Memahami sifat berdiri ruang sederhana dan hubungan antar berdiri datar
  • 8.1 Menentukan sifat-sifat berdiri ruang sederhana
  • 8.2 Menentukan jaring-jaring balok dan kubus
  • 8.3 Mengidentifikasi benda-benda dan berdiri datar simetris
  • 8.4 Menentukan hasil pencerminan suatu berdiri datar

Peta Materi - Matematika - Kelas V - Semester I

1. Melakukan operasi hitung bilangan lingkaran dalam pemecahan problem
  • 1.1 Melakukan operasi hitung bilangan lingkaran termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran
  • 1.2 Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB
  • 1.3 Melakukan operasi hitung adonan bilangan lingkaran
  • 1.4 Menghitung perpangkatan dan akar sederhana
  • 1.5 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB

2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan problem
  • 2.1 Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam
  • 2.2 Melakukan operasi hitung satuan waktu
  • 2.3 Melakukan pengukuran sudut
  • 2.4 Mengenal satuan jarak dan kecepatan
  • 2.5 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan

3. Menghitung luas berdiri datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
  • 3.1 Menghitung luas trapesium dan layang-layang
  • 3.2 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan luas berdiri datar

4. Menghitung volume kubus dan balok dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
  • 4.1 Menghitung volume kubus dan balok
  • 4.2 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan volume kubus dan balok

Peta Materi - Matematika - Kelas V - Semester II

5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
  • 5.1 Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya
  • 5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan banyak sekali bentuk pecahan
  • 5.3 Mengalikan dan membagi banyak sekali bentuk pecahan
  • 5.4 Menggunakan pecahan dalam problem perbandingan dan skala

6. Memahami sifat-sifat berdiri dan hubungan antar berdiri
  • 6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat berdiri datar
  • 6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat berdiri ruang
  • 6.3 Menentukan jaring-jaring banyak sekali berdiri ruang sederhana
  • 6.4 Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri
  • 6.5 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan berdiri datar dan berdiri ruang sederhana

Peta Materi - Matematika - Kelas VI - Semester I

1. Melakukan operasi hitung bilangan lingkaran dalam pemecahan masalah
  • 1.1 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB dan KPK
  • 1.2 Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik
  • 1.3 Menyelesaikan problem yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat

2. Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam pemecahan problem
  • 2.1 Mengenal satuan debit
  • 2.2 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan satuan debit

3. Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga
  • 3.1 Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua berdiri datar sederhana
  • 3.2 Menghitung luas lingkaran
  • 3.3 Menghitung volume prisma segitiga dan tabung

4. Mengumpulkan dan mengolah data
  • 4.1 Mengumpulkan dan membaca data
  • 4.2 Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel
  • 4.3 Menafsirkan sajian data

Peta Materi - Matematika - Kelas VI - Semester I

5. Melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan problem
  • 5.1 Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan
  • 5.2 Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal
  • 5.3 Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu
  • 5.4 Melakukan operasi hitung yang melibatkan banyak sekali bentuk pecahan
  • 5.5 Memecahkan problem perbandingan dan skala

6. Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan problem
  • 6.1 Membuat denah letak benda
  • 6.2 Mengenal koordinat posisi sebuah benda
  • 6.3 Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius ...

7. Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan data
  • 7.1 Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan lingkaran
  • 7.2 Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data
  • 7.3 Mengurutkan data termasuk menentukan nilai tertinggi dan terendah
  • 7.4 Menafsirkan hasil pengolahan data
[http://belajar.kemdiknas.go.id]

Video pilihan khusus untuk Anda 💗 Mengerjakan pembagian pecahan umumnya kita harus kembalikan ke perkalian pecahan, lihat pada video ini dikerjakan dengan sangat kreatif;
idak ada sesuatu yang spesial dalam ingatan saya bagaimana saya sewaktu SD mencar ilmu matemat Peta Materi Matematika SD Kurikulum 2013

Belum ada Komentar untuk "Peta Bahan Matematika Sd Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel