Bahan Berguru Dapat Bangkit Diatas Kaki Sendiri Pembelajaran Matematika Sd

Bahan Belajar Mandiri Pembelajaran Matematika SD Bahan Belajar Mandiri Pembelajaran Matematika SD
Bahan Belajar Mandiri Pembelajaran Matematika SD yang kita pelajari ini yakni bahan berguru mampu bangun diatas kaki sendiri tentang model pembelajaran matematika.

Hakikat matematika artinya menguraikan apa sesungguhnya matematika itu, baik ditinjau dari arti kata matematika, karakteristik matematika sebagai suatu ilmu, maupun kiprah dan kedudukan matematika diantara cabang ilmu pengetahuan serta manfaatnya.

Hakikat anak didik artinya menguraikan mengenai anak sebagai suatu individu yang berbeda dengan orang dewasa dan anak usia SD dalam pembelajaran matematika yang berada pada tahap operasi konkret.

Berkenan dengan pembelajaran matematika di SD, dibicarakan mengenai ciri-ciri pembelajaran matematika di SD.

BBM ini memuat tiga program belajar, yakni :

Pada program berguru 1 dibahas mengenai Hakikat Matematika, yang mencakup pengertian matematika, beberapa pendapat dari para andal mengenai matematika, matematika yakni ilmu deduktif, ilmu terstruktur, ilmu tentang referensi dan hubungan, matematika yakni bahasa simbol dan kegunaan matematika.

Pada program berguru 2 dibahas mengenai Hakikat Anak Didik yang mencakup anak sebagai suatu individu dan anak usia SD dalam pembelajaran matematika di SD, meningkatkan minat berguru matematika pada anak dan upaya peningkatan prestasi anak dalam pembelajaran matematika.

Pada program berguru 3 dibahas mengenai Pembelajaran Matematika di SD yang mencakup ciriciri pembelajaran matematika di SD, yakni pembelajaran matematika menggunakan pendekatan spiral, pembelajaran matematika bertahap, pembelajaran matematika menggunakan pendekatan indukktif, pembelajaran matematika kebenaran konsisten, dan pembelajaran matematika hendaknya bermakna.

BBM ini dibutuhkan mampu bermanfaat dalam menambah wawasan mahasiswa/guru tentang matematika menjadi lebih luas dan memahami anak didik di SD, sehingga mampu dijadikan dasar untuk memilih seni administrasi pembelajaran matematika di SD dengan tepat.

Indikator-indikator Kompetensi Dasar dari BBM ini yakni :
  1. Mendefinisikan matematika sesuai pendapat para ahli.
  2. Menguraikan pendapat-pendapat para andal mengenai matematika.
  3. Menjelaskan hakikat matematika tentang :
    ➜ matematika yakni ilmu deduktif
    ➜ matematika yakni ilmu terstruktur
    ➜ matematika yakni ilmu tentang referensi dan hubungan
    ➜ matematika yakni bahasa simbol
  4. Menjelaskan kegunaan matematika
  5. Menjelaskan arti anak sebagai suatu individu
  6. Menguraikan atau menjelaskan minat berguru anak pada matematika.
  7. Menjelaskan cara yang harus dilakukan guru untuk menumbuhkan minat anak dalam berguru matematika.
  8. Menjelaskan ciri-ciri pembelajaran matematika di SD tentang :
    ➜ pembelajaran matematika menggunakan pendekatan spiral
    ➜ pembelajaran matematika bertahap
    ➜ pembelajaran matematika menggunakan pendekatan induktif
    ➜ pembelajaran matematika menganut kebenaran konsisten
    ➜ pembelajaran matematika hendaknya bermakna.

Untuk mampu memahami bahan dalam BBM ini tidak ada persyaratan khusus yang mutlak harus dikuasai, tetapi pengalaman dan pengetahuan Anda tentang matematika di SD ataupun di sekolah lanjutan beserta pembelajarannya akan sangat membantu kita dalam mempermudah pemahaman bahan di dalam bahan berguru mampu bangun diatas kaki sendiri ini.

=============Hakikat Matematika dan Pembelajaran Matematika SD
  • Pendahuluan
  • Kegiatan Belajar 1
    Hakikat Matematika, yang mencakup pengertian matematika, beberapa pendapat dari para andal mengenai matematika, matematika yakni ilmu deduktif, ilmu terstruktur, ilmu tentang referensi dan hubungan, matematika yakni bahasa simbol dan kegunaan matematika.
  • Kegiatan Belajar 2
    Hakikat Anak Didik yang mencakup anak sebagai suatu individu dan anak usia SD dalam pembelajaran matematika di SD, meningkatkan minat berguru matematika pada anak dan upaya peningkatan prestasi anak dalam pembelajaran matematika.
  • Kegiatan Belajar 3
    Pembelajaran Matematika di SD yang mencakup ciri-ciri pembelajaran matematika di SD, yakni pembelajaran matematika menggunakan pendekatan spiral, pembelajaran matematika bertahap, pembelajaran matematika menggunakan pendekatan indukktif, pembelajaran matematika kebenaran konsisten, dan pembelajaran matematika hendaknya bermakna.

DAFTAR PUSTAKA
  • Andi Hakim, N. (1980). Landasan Matematika, Jakarta : Bharata Aksara.
  • Erman, S dan Winataputra, U.S. (1993). Strategi Belajar Mengajar Matematika, Jakarta : Universitas Terbuka.
  • Herman, H. (1990). Strategi Belajar Matematika, Malang : IKIP Malang.
  • Lisnawaty, S. (1992). Metode Mengajar Matematika 1, Jakarta : PT. Rineka Cipta
  • Ruseffendi, E.T. (1988). Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini Untuk Guru dan SPG, Bandung : Tarsito.
  • Ruseffendi, E.T. (1988). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA, Bandung : Tarsito.
  • Ruseffendi, E.T, dkk. (1992), Pendidikan Matematika 3, Jakarta : Depdikbud.
  • Wragg, E.C. (1997). Keterampilan Mengajar Di Sekolah Dasar, Jakarta : Gramedia

Masih menganggap matematika hanya hitung-hitungan semata, mari kita lihat kreativitas siswa ini, membuat lagu dengan matematika;
Bahan Belajar Mandiri Pembelajaran Matematika SD Bahan Belajar Mandiri Pembelajaran Matematika SD

Belum ada Komentar untuk "Bahan Berguru Dapat Bangkit Diatas Kaki Sendiri Pembelajaran Matematika Sd"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel