Mau Jadi Guru?, Ketahui 8 Keterampilan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru

 Keterampilan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru Mau Kaprikornus Guru?, Ketahui 8 Keterampilan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru
Katanya 8 keterampilan ini harus dimiliki oleh seorang guru. Benar ada kata ‘harus’ nya, dan kata ‘harus’ itu sendiri menurut KBBI ialah patut, wajib, mesti: tidak boleh tidak. Dengan melihat pemakaian kata ‘harus’ itu pada kalimat “8 keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru” mengartikan bahwa kalau seorang guru (termasuk saya atau Anda) tidak memiliki 8 kemampuan itu maka seseorang itu masih harus mencar ilmu dan berlatih untuk jadi guru.

Keterampilan yang harus dimiliki Guru ini dikatakan ialah keterampilan dasar di dalam mengajar (Generic Teaching Skill), secara Pengertian Dasar yaitu keterampilan yang bersifat generik atau Keterampilan Dasar Teknik Instruksional yang harus dikuasai seorang guru. Karena Keterampilan dasar mengajar ini sangat berperan dalam keberhasilan acara mencar ilmu mengajar. Maka mari kita simak ibarat apa 8 keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru.

1. KETERAMPILAN BERTANYA

Keterampilan pertama ialah keterampilan bertanya, memang keterampilan ini harus mutlak dimiliki oleh setiap orang apalagi seorang guru. Melalui bertanya kita akan mengetahui dan menerima warta perihal apa saja yang ingin kita ketahui.

Dikaitkan dengan proses pembelajaran maka acara bertanya jawab antara Guru dan siswa, atara siswa ini mengambarkan adanya interaksi di kelas yang di dinamis dan multi arah.
Kegiatan bertanya akan lebih efektif bila pertanyaan yang diajukan cukup berbobot, simpel dimengerti atau relevan dengan topik yang dibicarakan.

Adapun tujuan guru mengajukan pertanyaan antara lain ialah :
  • Menimbulkan rasa keingintahuan
  • Merangsang fungsi berpikir
  • Mengembangkan keterampilan berpikir
  • Memfokuskan perhatian siswa
  • Mendiagnosis kesulitan mencar ilmu siswa
  • Mengkomunikasikan impian yang diinginkan oleh guru dari siswanya
  • Merangsang terjadinya diskusi dan menunjukkan perhatian terhadap gagasan dan terapan siswa sebagai subjek didik.
Keterampilan bertanya ini mutlak harus dikuasai oleh guru ibarat disebutkan diawal, baik itu Guru pemula maupun yang sudah profesional alasannya yakni dengan mengajukan pertanyaan baik guru maupun siswa akan menerima umpan balik dari materi serta juga sanggup menggugah perhatian siswa atau penerima didik.

Komponen-komponen dan prinsip-prinsip dalam keterampilan bertanya: Bertanya Dasar dan Bertanya Lanjut, Teknik Bertanya, Jenis pertanyaan.

2. KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENGUATAN

Keterampilan berikut yaitu keterampilan penguatan, yaitu respons terhadap suatu sikap yang sanggup meningkatkan kemungkinan berulangnya kembali sikap itu.
 Keterampilan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru Mau Kaprikornus Guru?, Ketahui 8 Keterampilan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru
Teknik sumbangan penguatan dalam acara pembelajaran sanggup dilakukan secara verbal dan nonverbal. Penguatan verbal merupakan penghargaan yang dinyatakan dengan lisan, sedangkan penguatan nonverbal dinyatakan dengan mimik, gerakan tubuh, sumbangan sesuatu, dan lain-lainnya.

Dalam rangka pengelolaan kelas, dikenal penguatan positif dan penguatan negatif. Penguatan positif bertujuan untuk mempertahankan dan memelihara sikap positif, sedangkan penguatan negatif merupakan penguatan sikap dengan cara menghentikan atau menghapus rangsangan yang tidak menyenangkan.

Manfaat penguatan bagi siswa untuk meningkatnya perhatian dalam belajar, membangkitkan dan memelihara perilaku, menumbuhkan rasa percaya diri.

Komponen dan Prinsip-prinsip Keterampilan Memberi Penguatan Komponen-komponen itu ialah :
  • Penguatan verbal, diungkapkan dengan menggunakan kata-kata pujian, penghargaan, persetujuan dan sebagainya.
  • Penguatan non-verbal, terdiri dari penguatan berupa mimik dan gerakan badan, penguatan dengan cara mendekati, penguatan dengan sentuhan (contact), penguatan dengan acara yang menyenangkan.

3. KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI

 Keterampilan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru Mau Kaprikornus Guru?, Ketahui 8 Keterampilan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru
Keterampilan berikutnya yaitu keterampilan mengadakan variasi. Dalam acara pembelajaran, pengertian variasi merujuk pada tindakan dan perbuatan guru, yang disengaja ataupun secara spontan, yang dimaksudkan untuk memacu dan mengikat perhatian siswa selama pelajaran berlangsung.

Tujuan utama guru mengadakan variasi dalam acara pembelajaran untuk mengurangi kebosanan siswa sehingga perhatian mereka terpusat pada pelajaran.

Komponen-komponen Keterampilan Mengadakan Variasi Keterampilan mengadakan variasi terdiri dari tiga kelompok pokok, yaitu ;
  • Variasi dalam cara/gaya mengajar guru,
  • Variasi dalam penggunaan media dan alat pengajaran,
  • Variasi rujukan interaksi dan acara siswa.

4. KETERAMPILAN MENJELASKAN (MENYAJIKAN MATERI)

Keterampilan Menjelaskan menjadi salah satu keterampilan yang harus dimiliki, yang dimaksud dengan keterampilan menjelaskan ialah penyajian warta secara verbal yang diorganisasikan secara sistematik untuk menunjukkan adanya korelasi yang satu dengan yang lainnya.
Komponen-komponen keterampilan menjelaskan terbagi dua, yaitu:
 Keterampilan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru Mau Kaprikornus Guru?, Ketahui 8 Keterampilan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru
  • Merencanakan, hal ini mencakup penganalisaan dilema secara keseluruhan, penentuan jenis korelasi yang ada diantara unsur-unsur yang dikaitkan dengan penggunaan hukum, rumus yang sesuai dengan korelasi yang telah ditentukan.
  • Penyajian suatu penjelasan, dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut : kejelasan, penggunaan teladan dan ilustrasi, sumbangan tekanan, dan penggunaan balikan.
Pentingnya penguasaan keterampilan menjelaskan bagi guru ialah dengan penguasaan ini memungkinkan guru sanggup meningkatkan efektivitas penggunaan waktu dan penyajian penjelasannya, merangsang tingkat pemahaman siswa, membantu siswa memperluas cakrawala pengetahuannya, serta mengatasi kelangkaan buku sebagai sarana dan sumber belajar.

Kegiatan menjelaskan dalam acara pembelajaran bertujuan untuk membantu siswa memahami banyak sekali konsep, hukum, prosedur, dan sebagainya secara objektif, membimbing siswa memahami pertanyaan, meningkatkan keterlibatan siswa, memberi siswa kesempatan untuk menghayati proses kebijaksanaan sehat serta memperoleh balikan perihal pemahaman siswa.

5. KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN

Keterampilan membuka dan menutup pelajaran memang harus dimiliki oleh seorang guru.
Membuka Pelajaran
Kalimat-kalimat awal yang diucapkan guru merupakan penentu keberhasilan jalannya seluruh pelajaran. Tercapainya tujuan pengajaran bergantung pada metode mengajar guru di awal pelajaran. Seluruh planning dan persiapan sebelum mengajar sanggup menjadi tidak memiliki kegunaan kalau guru gagal dalam memperkenalkan pelajaran.
 Keterampilan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru Mau Kaprikornus Guru?, Ketahui 8 Keterampilan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru
Komponen-komponen dan prinsip-prinsip dalam membuka pelajaran:
  • Hubungan dengan Kelas.
  • Ada banyak hal yang masih memikat perhatian murid di luar ruangan kelasnya. Hal tersebut sanggup menciptakan murid tidak memerhatikan pelajaran yang disampaikan. Untuk mengatasi hal ini, Guru sanggup menetapkan titik korelasi antara murid dan pelajaran yang disampaikan. Pembukaan pelajaran harus sesuai dengan minat dan kebutuhan murid. Guru juga harus sanggup membangkitkan minat mencar ilmu hingga murid sanggup memusatkan perhatian mereka kepada pelajaran. Pembukaan pelajaran dengan metode yang terbaik pun tidak akan ada manfaatnya kalau tidak bisa membawa murid untuk memusatkan perhatian mereka.
  • Menghubungkan Pelajaran.
  • Hubungkan pelajaran dengan pelajaran-pelajaran sebelumnya. Setiap pelajaran baru yang diajarkan merupakan potongan dari kurikulum yang sudah ditetapkan. Pelajaran itu harus dihubungkan dengan pelajaran-pelajaran lain semoga menarik perhatian murid dan menajamkan pengertian mereka terhadap rangkaian pelajaran tersebut. Dan kita sanggup menyajikannya dengan lebih menarik, tetapi penuh dengan keterangan. Penyampaian pokok pelajaran harus menarik minat murid ibarat halnya penyampaian pokok warta dalam sebuah surat kabar. Menguraikan Pelajaran. Setelah memperkenalkan pelajaran, Guru harus mengajarkan pelajaran sesuai dengan planning yang telah disiapkan. Mutu persiapan sanggup terlihat pada waktu pengajaran itu disampaikan. Satu hal yang perlu diingat, kalau tidak ada murid yang mencar ilmu dari pengajaran tersebut, itu berarti guru belum mengajarkan pelajaran itu.

Menutup pelajaran.
Jangan akhiri pelajaran dengan tiba-tiba. Penutup harus dipertimbangkan dengan sebaik mungkin semoga sesuai. Guru perlu merencanakan suatu penutup yang tidak tergesa-gesa dan juga dengan doa sekitar tiga hingga lima menit.
Komponen-komponen dan prinsip-prinsip dalam menutup pelajaran:
  • Merangkum Pelajaran.
  • Sebagai penutup, hendaknya guru menunjukkan ringkasan dari pelajaran yang sudah disampaikan. Ringkasan pelajaran sudah tidak lagi berupa diskusi kelas atau penyampaian garis besar pelajaran, tetapi berisi ringkasan dari hal-hal yang disampaikan selama jam pelajaran dengan menekankan fakta dasar pelajaran tersebut.
  • Menyampaikan Rencana Pelajaran Berikutnya.
  • Waktu menutup pelajaran merupakan saat yang tepat untuk menunjukkan planning pelajaran berikutnya. Guru sanggup menunjukkan kilasan pelajaran untuk pertemuan berikutnya. Diharapkan hal ini sanggup merangsang keinginan mencar ilmu mereka. Sebelum kelas dibubarkan, ungkapkanlah pelajaran yang akan disampaikan minggu depan dan kemukakan rencana-rencana di mana murid sanggup mengambil potongan dalam pelajaran mendatang. Bangkitkan minat. Guru tentu ingin murid-muridnya kembali di pertemuan berikutnya dengan penuh semangat. Oleh alasannya yakni itu, biarkan murid pulang ke rumah mereka dengan satu pertanyaan atau pernyataan yang mengesankan, yang sanggup membangkitkan minat dan rasa ingin tahu mereka. Sama ibarat seorang penulis yang mengakhiri sebuah potongan dalam dongeng bersambung, yang menciptakan pembaca ingin segera tahu potongan berikutnya. Dengan cara yang sama, guru sanggup mengakhiri pelajarannya dengan penutup yang “berklimaks” sehingga seluruh kelas menantikan pelajaran berikutnya dengan tidak sabar.
  • Memberikan tugas.
  • Tugas-tugas harus direncanakan dengan saksama. Perlu diingat pula sikap guru yang bersemangat dalam menunjukkan kiprah akan mensugesti minat dan semangat para anggota kelas.

6. KETERAMPILAN MEMBIMBING DISKUSI KELOMPOK KECIL.

Keterampilan selanjutnya yaitu keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil. Diskusi kelompok itu sendiri ialah suatu proses yang teratur yang melibatkan sekelompok orang dalam interaksi tatap muka yang informal dengan banyak sekali pengalaman atau informasi, pengambilan kesimpulan, atau pemecahan masalah.
 Keterampilan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru Mau Kaprikornus Guru?, Ketahui 8 Keterampilan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru
Diskusi kelompok merupakan seni administrasi yang memungkinkan siswa menguasai suatu konsep atau memecahkan suatu dilema melalui satu proses yang memberi kesempatan untuk berpikir, berinteraksi sosial, serta berlatih bersikap positif.
Dengan demikian diskusi kelompok sanggup meningkatkan kreativitas siswa, serta membina kemampuan berkomunikasi termasuk di dalamnya keterampilan berbahasa.

7. KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS

Keterampilan yang mungkin banyak guru lemah yaitu keterampilan mengelola kelas. Pengelolaan kelas ialah keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi mencar ilmu yang optimal dan mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam proses mencar ilmu mengajar.
 Keterampilan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru Mau Kaprikornus Guru?, Ketahui 8 Keterampilan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru
Komponen-komponen dan prinsip-prinsip Keterampilan mengelola kelas yaitu,
  • prefentip ialah yang berkaitan dengan kemampuan guru dalam mengambil inisiatif dan mengendalikan pelajaran.
  • represif, yaitu berkaitan dengan respons guru terhadap gangguan siswa yang berkelanjutan dengan maksud semoga guru sanggup mengadakan tindakan remedial untuk mengembalikan kondisi mencar ilmu yang optimal.

8. KETERAMPILAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL DAN PERSEORANGAN

Keterampilan yang terakhir yaitu keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan. Secara fisik bentuk pengajaran ini ialah berjumlah terbatas, yaitu berkisar antara 3 hingga 8 orang untuk kelompok kecil, dan seorang untuk perseorangan.
Pengajaran kelompok kecil dan perseorangan memungkinkan guru menunjukkan perhatian terhadap setiap siswa serta terjadinya korelasi yang lebih bersahabat antara guru dan siswa dengan siswa.
 Keterampilan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru Mau Kaprikornus Guru?, Ketahui 8 Keterampilan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru
Format mengajar ini ditandai oleh adanya korelasi interpersonal yang lebih bersahabat dan sehat antara guru dengan siswa, adanya kesempatan bagi siswa untuk mencar ilmu sesuai dengan kemampuan, minat, cara, dan kecepatannya, adanya sumbangan dari guru, adanya keterlibatan siswa dalam merancang acara belajarnya, serta adanya kesempatan bagi guru untuk memainkan banyak sekali kiprah dalam acara pembelajaran.
Setiap guru sanggup menciptakan format pengorganisasian siswa untuk acara pembelajaran kelompok kecil dan perorangan sesuai dengan tujuan, topik (materi), kebutuhan siswa, serta waktu dan kemudahan yang tersedia.
Komponen-komponen dan prinsip-prinsip keterampilan ini adalah:
  • Keterampilan mengadakan pendekatan secara pribadi,
  • Keterampilan mengorganisasi,
  • Keterampilan membimbing dan memudahkan belajar,
  • Keterampilan merencanakan dan melaksanakan acara mencar ilmu mengajar,
  • Keterampilan merancang dan melaksanakan acara pembelajaran.
Setelah mengetahui 8 Keterampilan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru diatas, berapa yang sudah kita miliki sebagai seorang guru. Apakah Anda sudah layak menjadi seorang guru?, saya sendiri belum layak dan sepertinya masih perlu banyak mencar ilmu dan berlatih, saat ini predikat saya ialah cagur (calon guru).

Jika ada masukan yang sifatnya membangun, terkhusus untuk guru silahkan disampaikan, dan Jika Bermanfaat👌 Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏Share is Caring👀

Video pilihan khusus untuk Anda 😊 Ternyata ini Sebab Guru jadi Galak;
 Keterampilan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru Mau Kaprikornus Guru?, Ketahui 8 Keterampilan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru

Belum ada Komentar untuk "Mau Jadi Guru?, Ketahui 8 Keterampilan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel