Pada Un 2015, Soal Matematika Ini Termasuk Kategori Soal Sulit Atau Hots

 Soal Matematika Ini Termasuk Kategori Soal Sulit Pada UN 2015, Soal Matematika Ini Termasuk Kategori Soal Sulit atau HOTS
Awalnya judul kita buat "Pada UN 2015, Lebih Dari $95 \%$ Siswa SMA Salah Mengerjakan Soal Matematika ini!" tetapi alasannya ada masukan dari rekan-rekan guru, sehingga judul ada perubahan sedikit. Judulnya jadi mirip yang di atas "Pada UN 2015, Soal Matematika Ini Termasuk Kategori Soal Sulit atau HOTS", alasannya lagi trend dengan soal HOTS jadi judul jadi di terima.

Pada Ujian Nasional 2015 kemarin masih terang dalam ingatan beberapa siswa menjumpai saya. Mereka memberikan bahwa ada satu soal matematika yang indah pak [*soal indah yakni istilah untuk soal matematik sulit], kalau tidak salah soalnya tentang penerapan turunan pak.

Karena tidak ada yang mencatat dan soal UN sudah disimpan sehingga pembahasan soal tidak mampu dilanjutkan. Itu dongeng saat dikala UN belum selesai secara keseluruhan di laksanakan. Sekarang ceritanya berbeda, UN sudah selesai dilaksanakan dan soal UN sudah mampu kita buka lagi juga dibahas bersama dengan bebas.

Kembali kepada soal matematika Ujian Nasional 2015 untuk kelompok IPA yang kita anggap sulit menurut pengamatan sederhana dari apa yang kita tanyakan kepada siswa. Berdasarkan pengamatan dan survei sederhana di beberapa sekolah pada kabupaten kami, lebih dari $95 \%$ siswa tidak mampu menjawab soal matematika tentang turunan ini. Saya tidak tahu apakah di sekolah atau tempat tempat bapak/ibu mengajar terjadi hal yang sama.

Seperti apa soal matematika kelompok IPA pada UN 2015 yang paling banyak tidak mampu dijawab siswa, mari kita simak;

Soal UN 2015 Matematika IPA (*Soal Lengkap)

 Soal Matematika Ini Termasuk Kategori Soal Sulit Pada UN 2015, Soal Matematika Ini Termasuk Kategori Soal Sulit atau HOTS
Icha akan meniup balon karet berbentuk bola. Ia menggunakan pompa untuk memasukkan udara dengan laju pertambahan volume udara $ 40 \frac{cm^{3}}{detik} $. Jika laju pertambahan jari-jari bola $ 20 \frac{cm}{detik} $, jari-jari bola setelah ditiup adalah...
$(A)\ \frac{1}{\sqrt{\pi}} cm$
$(B)\ \frac{1}{\sqrt{2\pi}} cm$
$(C)\ \frac{1}{2\sqrt{\pi}} cm$
$(D)\ \frac{2}{3\sqrt{\pi}} cm$
$(E)\ \pi cm $
Alternatif Pembahasan:

Dari apa yang disampaikan pada soal yaitu laju pertambahan volume udara yakni $ 40 \frac{cm^{3}}{detik} $ yang mampu kita artikan bahwa volume bola akan bertambah setiap detik, secara matematik mampu kita tuliskan:
$ \frac{\Delta V}{\Delta t}=40 \frac{cm^{3}}{s} $
$ \frac{dV}{dt}=40 \frac{cm^{3}}{s} $

Perubahan volume terhadap waktu juga berlaku pada jari-jari mirip apa yang disampaikan pada soal yaitu laju pertambahan jari-jari bola $ 20 \frac{cm}{detik} $, secara matematik mampu kita tuliskan:
$ \frac{\Delta r}{\Delta t}=20 \frac{cm}{s} $
$ \frac{dr}{dt}=20 \frac{cm}{s} $

Langkah berikutnya yakni dengan menggunakan aturan dalam menghitung volume bola, yaitu;
$ V=\frac{4}{3}\pi r^{3} $ kemudian kita turunkan terhadap $r$, sehingga kita peroleh;
$ \frac{dV}{dr}=4\pi r^{2} $

Dengan menggunakan data-data yang sudah kita peroleh diatas dan operasi aljabar kita dapatkan perhitungan sebagai berikut;
$ \frac{dV}{dt}=\frac{dV}{dr}\cdot \frac{dr}{dt} $
$ 40 \frac{cm^{3}}{s} =4\pi r^{2} \cdot 20 \frac{cm}{s} $
$ 1 cm^{2} =2\pi r^{2} $
$ r^{2}=\frac{1cm^{2}}{2\pi} $
$ r=\sqrt{\frac{1cm^{2}}{2\pi}} $
$ r=\frac{1}{\sqrt{2\pi}}\ cm $

Hasil selesai sama dengan pilihan $(B)\ \frac{1}{\sqrt{2\pi}} cm$


Jika saya sewaktu SMA dihadapkan pada soal ini maka saya mungkin juga akan salah alasannya saya akan menjawabnya dengan menggunakan faktor 'bejo' atau 'milih asal saja' alasannya ujian nasional tidak pakai sistem pengurangan skor kalau menjawab soal...

Ingin mempersipakan diri untuk mengikuti SBMPTN tanpa ikut bimbingan belajar, silahkan pelajari modul dan soal-soal latihannya secara mandiri [Kumpulan Soal dan Modul Untuk Persiapan Menghadapi SBMPTN]

Sebagai tambahan, soal UN diatas sebelumnya sudah pernah diujika pada SIMAK-UI Tahun 2010 Kode 209, meskipun tidak sama persis tetapi proses berfikir untuk merampungkan soal adalaha sama, mari kita coba simak;

SIMAK-UI Tahun 2010 Kode 209 (*Soal Lengkap)

Sebuah balon berbentuk bola sedang dipompa sehingga volumenya bertambah $100\ cm^{3}$ per detik. Laju perubahan jari-jari balon saat diameternya mencapai $50\ cm$ yakni ....
$(A)\ \frac{1}{25 \pi}$
$(B)\ \frac{1}{5 \pi}$
$(C)\ \pi$
$(D)\ 5 \pi$
$(E)\ 25 \pi$
Alternatif Pembahasan:

Alternatif penyelesaian untuk soal ini mari kita coba diskusikan melalui kotak komentar 😊


Bagaimana dengan pendapat Anda, apakah menurut Anda soal diatas termasuk soal sulit atau tidak?, mari berikan pendapat alasannya pendapat Anda mampu jadi sebagai catatan penting bagi belum remaja generasi emas😊CMIIW

Jangan Lupa Untuk Berbagi πŸ™Share is Caring πŸ‘€ dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊

Video pilihan khusus untuk Anda 😊 Mengerjakan pembagian pecahan dengan cara piral (pinta bernalar);
 Soal Matematika Ini Termasuk Kategori Soal Sulit Pada UN 2015, Soal Matematika Ini Termasuk Kategori Soal Sulit atau HOTS

Belum ada Komentar untuk "Pada Un 2015, Soal Matematika Ini Termasuk Kategori Soal Sulit Atau Hots"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel