Soal Dan Pembahasan Utl Ppg 2018
SOAL DAN PEMBAHASAN UTL PPG 2018
UTL ialah abreviasi dari ujian tulis lokal. Ujian ini menjadi syarat yang harus di tempuh oleh penerima sertifikasi profesi guru baik itu dari jalur Pendidikan dan Latihan Profesi Guru maupun Pendidikan Profesi Guru . Soal ini biasanya di buat oleh penyelenggara acara sertifikasi guru yakni universitas universitas yang telah diberikan perintah untuk melakukan acara sertifikasi. Soal soal UTL kira kira apa? mungkin itu yang menjadi benak saudara. Anda termasuk beruntung hidup di jaman sekarang dimana terusan untuk menerima materi materi ujian apapun tersedia di internet salah satu nya juga yang akan kami bagikan kali ini yaitu soal dan pembahasan UTL PPG 2018.
Tanpa berlama lama silakan anda pantengin ini soaldan pembahasan UTL PPG 2018. Gunakan untuk berguru agar anda yang sedang melakukan acara PPG lulus dan menerima nilai yang memuaskan.
LATIHAN SOAL-SOAL UTL
1. Apabila dikaitkan dengan tanggung jawab guru terhadap pembelajaran, PTK dapat membantu guru untuk ….
a. Mengatasi masalah siswa
b. Berkolaborasi dengan guru lain
c. Berkembang secara professional
d. Memperbaiki pembelajaran
e. Mengembangkan kurikulum
2. Pengertian kelas dalam PTK adalah sekelompok peserta didik yang sedang belajar. Adapun komponen dalam sebuah kelas yang dapat dikaji melalui penelitian tindakan antara lain sebagai berikut, kecuali:
a. Siswa
b. Guru
c. Materi pelajaran
d. Hasil pembelajaran
e. Sekolah
3. PTK memiliki ciri khusus yaitu sikap reflektif berkelanjutan, artinya bahwa ….
a. PTK lebih menekankan pada proses refleksi terhadap proses dan hasil penelitian guna memperbaiki proses tindakan pada siklus berikutnya
b. PTK merupakan upaya perbaikan proses dan hasil pembelajaran secara kolaboratif
c. PTK berangkat dari permasalahan pembelajaran riil sehari-hari yang dialami oleh guru
d. PTK adalah penelitian eksperimen
e. PTK merupakan jenis penelitian yang paling tepat untuk perbaikan proses pembelajaran
4. Berikut ini yang merupakan judul PTK adalah ….
a. Analisis Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 30 Surakarta dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier.
b. Pengaruh pembelajaran Berbasis Konstruktivistik dan Kontekstual pada Materi Pecahan Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas V SD Jaten II.
c. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle pada Materi Trigonometri di SMA
d. Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Perbandingan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Karanganyar.
e. Optimalisasi Pembelajaran Matematika dengan Pengorganisasian Tugas Terstruktur dan Kuis pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Surakarta Tahun Pelajaran 2009 / 2010
5. Berikut ini yang bukan merupakan rumusan masalah PTK adalah ….
a. Apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran materi pokok permutasi dan kombinasi di SMA ?
b. Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction yang dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran materi pokok permutasi dan kombinasi di SMA ?
c. Bagaimanakah pengorganisasian tugas terstruktur dan kuis yang dapat mengoptimalisasikan pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP ?
d. Apakah terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran Open Ended ditinjau dari kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada materi pokok statistika di SMA Negeri 5 Cimahi ?
e. Apakah pengorganisasian tugas terstruktur dan kuis dapat mengoptimalisasikan pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP ?
6. Masalah yang diangkat sebagai masalah dalam PTK adalah masalah tersebut harus fleksible yang artinya ….
a. Bersifat nyata terjadi di kelas
b. Masalah tersebut dapat dipecahkan
c. Masalah tersebut perlu untuk dipecahkan
d. Mempunyai urgensi jangka pendek yang jelas
e. Dapat membawa keuntungan
7. Cara pemecahan masalah pada PTK ditentukan berdasarkan………..
a. Perumusan hipotesis
b. Identifikasi masalah penelitian
c. Akar penyebab permasalahan dalam bentuk tindakan yang jelas dan terarah
d. Kerangka berpikir penelitian
e. Rumusan masalah
8. Latar belakang masalah merupakan factor penting yang perlu diuraikan pada bagian pendahuluan. Berikut ini yang bukan merupakan isi dari latar belakang masalah adalah ….
a. Identifikasi alternative tindakan untuk pemecahan masalah
b. Argumentasi logis terhadap pilihan tindakan
c. Menulis kenyataan yang ada (kondisi awal)
d. Adanya masalah yaitu kesenjangan antara kenyataan dan harapan
e. Perumusan dan pemecahan masalah PTK
9. Empat tahapan utama dalam melaksanakan kegiatan PTK adalah ….
a. Perencanaan – refleksi – tindakan – observasi
b. Perencanaan – tindakan – refleksi – observasi
c. Perencanaan – tindakan – observasi – refleksi
d. Perencanaan – observasi – tindakan – refleksi
e. Perencanaan – observasi – refleksi – interpretasi
10. Tindakan yang dipilih dalam melaksanakan PTK harus applicable, artinya ….
a. Dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola kelas
b. Dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami pelajaran
c. Dapat dan mungkin dilaksanakan
d. Mudah dan dapat diukur
e. Dapat menjanjikan hasil yang optimal
11. Keberhasilan pelaksanaan penelitian tindakan kelas dapat diukur dari ….
a. Perkembangan intelegensi siswa yang cukup berarti
b. Adanya perubahan dalam strategi belajar siswa
c. Adanya perbaikan dalam pembelajaran
d. Kemampuan siswa mengatasi masalahnya sendiri
e. Kemampuan guru dalam mengatasi masalah pembelajaran
12. Tahap perencanaan pada siklus I intinya adalah identifikasi masalah dan penetapan alternative pemecahan masalah. Berikut ini yang bukan merupakan kegiatan pada tahap tersebut adalah ….
a. Menyusun dan mengembangkan scenario pembelajaran
b. Melakukan observasi dengan menggunakan format observasi
c. Merencanakan pembelajaran yang akan diterapkan dalam PBM
d. Menyiapkan sumber belajar
e. Mengembangkan format evaluasi dan observasi
13. Pentingnya merumuskan indicator kinerja pada proposal PTK adalah ….
a. Sebagai tolok ukur dalam menentukan keberhasilan atau keefektifan PTK yang dilakukan
b. Untuk mengetahui jumlah siklus yang perlu dilakukan pada suatu PTK
c. Agar PTK yang dilakukan lebih berkualitas
d. Untuk melihat kinerja guru dalam mengelola kelas
e. Untuk melihat kinerja siswa dalam pembelajaran
14. Kerangka berpikir yang baik antara lain memuat ….
a. Identifikasi masalah PTK
b. Pertautan antar variable yang diteliti dan teori yang mendasarinya
c. Analisis masalah penelitian
d. Analisis alternative tindakan
e. Uraian sistematis tentang kajian teori dan hasil penelitian yang relevan
15. Yang merupakan salah satu kegiatan PTK pada tahap refleksi antara lain ….
a. Menentukan pokok materi matematika sebagai focus materi PTK
b. Menyiapkan media pembelajaran
c. Melakukan evaluasi tindakan pada tiap siklus
d. Menyiapkan sumber belajar
e. Menerapkan tindakan mengacu pada scenario pembelajaran pada RPP
16. Di bawah ini ialah jenis-jenis tunjangan yang diberikan kepada guru kecuali ….
a. Profesi
b. Kusus
c. Fungsional
d. Anak/isteri
e. Maslahat tambahan
17. Di bawah ini yang bukan pembinaan dan pengembangan karir guru ialah ….
a. Penugasan
b. Kompetensi
c. Promosi
d. Kenaikan pangkat
18. Seorang guru sanggup diberi kiprah perhiasan sebagai berikut, kecuali ….
a. Kepala sekolah
b. Wakil kepala sekolah
c. Kepala laboratorium
d. Kepala TU
19. Di bawah ini ialah tahap-tahap dalam memwujudkan guru menjadi professional yaitu ….
a. Penyediaan guru berbasis sekolah
b. Program Induksi berbasis pembelajaran
c. Profesionalisasi guru melalui penugasan
d. Profesionalisasi guru berbasis individu atau menjadi guru madani
20. Alur pengembangan guru dibagi menjadi dua yaitu pengembangan ….
a. Karir dan profesi
b. Karir dan penugasan
c. Jabatan dan profesi
d. Kenaikan pangkat dan jabatan
21. Guru berperilaku secara profesional dalam melakukan kiprah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, serta megevaluasi proses dan hasil pembelajaran. Hal ini sesuai kode etik guru yaitu relasi guru dengan ….
a. Profesi
b. Peserta didik
c. Sekolah
d. pemerintah
22. Syarat kualifikasi menjadi guru menurut UU No 14 Tahun 2005 ialah ….
a. S1/D4 Kependidikan
b. S1/D4 Non Kependidikan
c. S1/D4 Kependidikan dan Non Kependidikan
d. S1/D4 + AKTA IV
23. Berikut ini ialah acara yang sanggup untuk meningkatkan kompetensi guru yang sanggup dilaksanakan di sekolah/satuan pendidikan yaitu ….
a. Kursus singkat
b. Program magang
c. Inhouse Training ( IHT )
d. Pelatihan berjenjang
24. PKB guru dilaksanakan setiap ….
a. Setahun sekali
b. Akhir semester
c. Awal dan final semester
d. Awal dan final tahun pelajaran
25. Berikut ini ialah unsure-unsur dalam PKB guru yang dinilai angka kreditnya , Kecuali ….
a. Pengembangan diri
b. Kenaikan pangkat
c. Publikasi Ilmiah
d. Karya Inovatif
26. Guru dituntut untuk mempunyai tingkat kompetensi yang lebih tinggi, mencakup kompetensi pedagogic, kepribadian, professional maupun social. Hal ini sesuai dengan ….
a. UU No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
b. Permeneg /RB No 16 Tahun 2009
c. Permendikbud No 54 Tahun 2013
d. Permendikbud No 65 Tahun 2013
27. Persyaratan angka kredit bagi guru muda untuk menjadi guru Muda Tingkat I memerlukan kumulatif nilai sebesar ….
a. 200
b. 150
c. 100
d. 50
28. Seorang guru yang diberi kiprah perhiasan sebagai kepala sekolah wajib mengajar sebanyak … jam tatap muka.
a. 12
b. 6
c. 18
d. 24
29. Pembinaan dan pengembangan kompetensi guru dibedakan menjadi dua yaitu ….
a. Karir dan profesi
b. Karir dan jabatan
c. Yang sudah S1 dan Belum S1
d. Promosi dan penugasan
30. Berikut ini ialah pihak-pihak yang wajib menawarkan donasi terhadap hak-hak guru, kecuali ….
a/ komite sekolah
b. satuan pendidikan ( sekolah )
c. pemerintah
d. organisasi profesi
31. Selain melalui observasi, data pembelajaran sanggup dikumpulkan melalui cara-cara/hal-hal berikut, kecuali ….
a. Wawancara dengan orang tua
b. Catatan/laporan guru
c. Berbagai dokumen hasil berguru siswa
d. Wawancara dengan siswa
32. Analisis dilema sanggup dilakukan dengan cara berikut, kecuali ….
a. Mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri wacana berbagai aspek pembelajaran
b. Menanyakan pendapat siswa wacana berbagai aspek pembelajaran
c. Menelaah berbagai dokumen yang berkaitan dengan hasil berguru siswa
d. Membaca berbagai teori pembelajaran
33. Pengumpulan data dalam PTK sanggup dilakukan melalui prosedur berikut, kecuali ….
a. Observasi
b. Wawancara
c. Telaah dokumen
d. Studi banding
34. Pada laporan PTK, munculnya dilema yang mengakibatkan guru melakukan PTK sanggup ditemui pada penggalan ….
a. Pendahuluan
b. Latar belakang
c. Metodologi
d. Analisis data
35. Metode utama dalam penelitian tindakan kelas ialah self –reflective inquiry, artinya metode yang digunakan ….
a. Bertumpu pada kemampuan guru melakukan refleksi
b. Longgar tetapi tetap mengikuti kaidah penelitian
c. Hanya observasi/kesan dari guru
d. Bervariasi asal sesuai kaidah penelitian
36. Elemen perubahan pada kurikulum 2013 ialah ….
a. Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian
b. Standar Kompetensi Lulusan, Standar PTK, Standar Proses, Standar Penilaian
c. Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Penilaian
d. Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pembiayaan
37. Perbedaan esensial kurikulum Tingkat satuan Pendidikan dengan Kurikulum 2013 ialah ….
a. Standar Kompetensi Lulusan diturunkan dari Standar Isi
b. Standar Kompetensi Lulusan diturunkan dari Kebutuhan
c. Kompetensi diturunkan dari kebutuhan
d. Pemisahan antara mata pelajaran pembentuk sikap, pengetahuan dan keterampilan
38. Pengembangan kurikulum 2013 mencakup berbagai kompetensi yaitu ….
a. Kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan dengan menekankan pada aspek sikap
b. Kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan dengan menekankan pada aspek pengetahuan
c. Kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan dengan menekankan pada aspek keterampilan
d. Kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan dengan menekankan pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara merata
39. Dalam acara elaborasi, hal-hal yang dilakukan oleh guru antara lain ….
a. Memberi umpan balik positif kepada siswa
b. Mengumpulkan dan mengolah data
c. Menanggapi laporan atau pendapat teman
d. Melakukan percobaan
40. Dalam pendekatan scientific, proses pembelajaran yang dilakukan siswa setelah melakukan pengamatan ialah ….
a. Menanya
b. Mencoba
c. Mengolah
d. menyajikan
41. Penilaiian sumatif dalam PK guru dilaksanakan pada ….
a. Awal tahun
b. Akhir tahun
c. Awal dan final tahun
d. Selama tahun berjalan
42. Perbedaan esensial KTSP dengan kurikulum 2013 antara lain ….
a. Mata pelajaran tertentu mendukung kompetensi tertentu
b. Bahasa Indonesia sejajar dengan maple Lain
c. Tiap mata pelajaran mendukung semua kompetensi
d. Tiap mata pelajaran diajarkan dengan pendekatan berbeda
43. Permendikbud yang mengatur wacana standar Isi ialah ….
a. Permendikbud No 54 tahun 2013
b. Permendikbud No 64 tahun 2013
c. Permendikbud No 65 tahun 2013
d. Permendikbud No 66 tahun 2013
44. Untuk naik dari golongan IV c ke IV d guru wajib ….
a. Publikasi ilmiah
b. Presentasi ilmiah
c. Pembuatan karya inovatif
d. Berpendidikan S2
45. Dalam melakukan penilitian tindakan kelas, seorang peneliti perlu berkolaborasi, yang artinya ….
a. Melakukan penelitian sendiri-sendiri
b. Melakukan penelitian bersama-sama
c. Melakukan penelitian dalam kemitraan yang setara
d. Melakukan penelitian dalam profesi sebagai guru
46. Instrument utama yang sangat berperan besar dalam penelitian tindakan kelas ialah ….
a. Format observasi bentuk cek list
b. Format wawancara terstruktur
c. Pre test dan post test
d. Field notes
47. Penilaian formatif dalam PK guru dilaksanakan pada ….
a. Awal tahun
b. Akhir tahun
c. Awal dan final tahun
d. Selama tahun berjalan
48. Berikut ini adalah hal-hal yang harus termasuk dalam abstrak, kecuali ….
a. Tujuan penelitian
b. Metode penelitian
c. Daftar pustaka
d. Kesimpulan
a. Tujuan penelitian
b. Metode penelitian
c. Daftar pustaka
d. Kesimpulan
49. Hal yang penting disampaikan pada latar belakang masalah adalah :
a. Masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran
b. Upaya apa yang pernah dilakukan
c. Apa akibatnya bila masalah itu tidak segera diselesaikan
d. Semua benar
a. Masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran
b. Upaya apa yang pernah dilakukan
c. Apa akibatnya bila masalah itu tidak segera diselesaikan
d. Semua benar
50. Pada bagian hasil dan pembahasan, yang perlu disampaikan secara rinci adalah :
a. Keadaan yang terjadi selama dilakukan tindakan
b. Metode penelitian
c. Latar belakang masalah
d. Deskripsi tentang teori-teori yang digunakan
a. Keadaan yang terjadi selama dilakukan tindakan
b. Metode penelitian
c. Latar belakang masalah
d. Deskripsi tentang teori-teori yang digunakan
51. Makna dari Kode Etik guru Indonesia yang harus difahami guru, kecuali :
a. Sebagai himpunan nilai-nilai dan norma-norma profesi guru
b. Sebagai landasan moral dan pedoman tingkah laku setiap guru dalam menunaikan tugas kepribadiannya.
c. Pedoman berperilaku di sekolah dan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat
d. Merupakan alat yang amat penting untuk menuntut hak profesional para anggota profesi <br>keguruan
52. Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam kompetensi dan indikator harus benar dan sanggup dipertanggungjawabkan secara keilmuan, hal ini merupakan prinsip pengembangan kompetensi guru yaitu ….
a. Ilmiah
b. Relevan
c. Sistematis
d. konsisten
53. Tunjangan yang diberikan kepada guru yang mengajar di daerah terpencil disebut ….
a. Tunjangan tambahan
b. Tunjangan khusus
c. Tunjangan fungsional
d. Tunjangan profesi
54. Kurikulum dikembangkan menurut prinsip-prinsip berikut kecuali ….
a. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan penerima didik dan lingkungannya
b. Beragam dan terpadu
c. Tanggap terhadap perkembangan IPTEK
d. Mengutamakan kepentingan nasional daripada kepentingan daerah
55. Berdasarkan Permenneg PAN dan RB No. 16 Tahun 2009 wacana Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya yang dimaksudkan pengembangan keprofesian berkelanjutan ialah Kebijakan pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan di bawah ini, kecuali ....
a. Kebutuhan
b. Bertahap
c. Berkelanjutan
d. Relevan
56. Berikut ini ialah jenis-jenis guru menurut UU No 14 Tahun 2005 wacana Guru dan Dosen, kecuali ….
a. Guru kelas
b. Guru mata pelajaran
c. Guru BK
d. Guru dengan kiprah tambahan
57. Peneliti sebagai observer dalam PTK berfungsi sebagai human instrument, alasannya yaitu ialah ….
a. Peneliti lebih peka dan sanggup mereaksi terhadap stimulus dan lingkungan
b. Ia sanggup menyesuaikan diri dengan data yang masuk
c. Ia sanggup segera menafsirkan dan menyimpulkan
d. Semua jawaban benar
58. Banyak siklus dalam PTK sanggup dihentikan bila ….
a. Sudah melakukan 2 siklus
b. Sudah melakukan 3 siklus
c. Sudah memenuhi keberhasilan indicator sesuai kesepakatan dengan mitra
d. Semua jawaban salah
59. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam acara wawancara agar berlangsung secara efektif ialah ….
a. Pewancara sebaiknya bersifat antipatik
b. Pewancara sebaiknya bersikap tegas dan disiplin
c. Pewancara bersikap menguji
d. Pewancara sebaiknya bersikah simpatik dan rendah hati
60. Untuk mengidentifikasi dan merumuskan dilema penelitian dibutuhkan ….
a. Keikutsertaan dalam seminar hasil PTK di universitas
b. Diskusi dengan rekan guru/mitra peneliti
c. Instruksi dari kepala sekolah
d. Bimbingan dari pengawas
ingin file soal dan pembahasan UTL PPG 2018 silakan klik di bawah ini
Banyak bukan? untuk berguru soal soal dan pembahasan ujian tulis lokal PPG anda juga bisa mengunjungi laman ini
baca info di bawah ini
Belum ada Komentar untuk "Soal Dan Pembahasan Utl Ppg 2018"
Posting Komentar