Daswatia Astuty: Matematika Dan Pendidikan Karakter Minggu, 13 Januari 2019 Tambah Komentar Edit Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan [PKB] two in one di PPPPTK Matematika Yogyakarta. Latar BelakangUndang-undang No.20 tahun 2003 pasal 3 Mengembangkan kemampuan, membentuk watak serta peradaban bangsa, sehingga perserta didik menjadi insan yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kretaif, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab Agenda Nawacita No.8 Revolusi huruf bangsa melalui kebijaksanaan pekerti, pembangunan huruf untuk revolusi mental Trisakti Generasi yang berkepribadian dalam kebudayaan RPJMN 2015-2019 Memperkuat nilai-nilai moral, akhlak, kepribadian peserta didik, yang terintegrasi dalam mata pelajaran Mempersiapkan Generasi Emas 2045 Generasi yang bertaqwa, Nasionalis, Tangguh, Mandiri, Unggul, Bersaing secara global Agenda Khusus Presiden Kepada Mendikbud Memperkuat Pendidikan Karakter MatematikaPola pikir, pola mengorganisasikan, pembuktian yang logis, matematika merupakan bahasa yang menggunakan istilah yang didefenisikan dengan cermat, jelas, dan akurat, representasinya dengan simbol dan padat, lebih berupa bahasa simbol mengenai wangsit daripada mengenai bunyi [Johnson dan Rising, 1972]. Ilmu mengenai cara berfikir dan mengolah kebijaksanaan secara kualitatif maupun kuantitatif [Suherman, 2003]. PendidikanSebuah usaha yang dilakukan secara sadar dan berkala untuk mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran semoga peserta didik secara aktif membuatkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, membangun kepribadian, pengendalian diri, kecerdasan, budpekerti mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara [UU No.20 Tahun 2003]. Tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, dengan maksud untuk menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada belum sampaumur itu, semoga mereka sebagai insan dan sebagai anggota masyarakat sanggup mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya [Ki Hajar Dewantara]. KarakterTabiat, sifat-sifat kejiwaan, budpekerti atau kebijaksanaan pekerti, dan moral di dalam lingkungannya [Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2006]. Tanda atau sifat yang membedakan seseorang dengan orang lain [Amirulloh Syarbini, 2003]. Nilai-nilai perilaku insan yang universal yang meliputi seluruh aktifitas manusia, baik dalam rangka berafiliasi dengan Tuhannya, dengan dirinya, dengan sesama manusia, maupun dengan lingkungannya, yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata karma, budaya, dan adat istiadat [Marzuki, 2009]. Pendidikan KarakterSuatu proses untuk meningkatkan kualitas insan melalui sifat-sifat Kejiwaan, Budi Pekerti, dan Moral di dalam lingkungannya. Total Psikologis Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik membentuk potensi individu manusia Total Sosiokultural Interaksi dalam keluarga, Interaksi dalam satuan pendidikan, dan Interaksi dalam masyarakat Olah Hati [Spiritual and Emotional Develoment]Beriman dan bertaqwa, jujur, amanah, bertanggung jawab, berempati, berani mengambil resiko, pantang menyerah, rela berkorban, berjiwa patriotik. Olah Pikir [Intellectual Development]Cerdas, kritis, Inovatif, Ingin tahu, berpikir terbuka, produktif, berorientasi ipteks, refletif Olah Rasa/Karsa [Affective and Creativity Development]Ramah, saling menghargai, Toleran, Peduli, Suka Menolong, Gotong Royong, Nasionalis, Kosmopolitan, mengutamakan kepentingan umum, bangga menggunakan Bahasa Indonesia, bangga menggunakan produk Indonesia, Dinamis, Kerja keras, Beretos Kerja Olah Raga [Phisical and Kenesthetic Development]Bersih dan sehat, disiplin, sportif, tangguh, handal, berdaya tahan, bersahabat, kooperatif, determinatif, kompetitif, ceria, gigih Harmonisasi Memperkuat huruf siswaGerakan Nasional Revolusi Mental [Penguatan Pendidikan Karakter] Urgensi: Pembangunan SDM, Pondasi Bangsa, Degradasi Karakter [Moralitas, etika, kebijaksanaan pekerti], Keterampilan Abad 21 [kualitas Karakter, Literasi dasar, Kompetensi 4C], dan Generasi Emas 2045. Tantangan: Harmonisasi potensi belum optimal, Besarnya populasi siswa, guru, dan sekolah Sinergi tanggung jawab belum optimal, Pengaruh globalisasi Pendampingan orang renta terbatas Sarana berguru dan infrastruktur terbatas Pembelajaran MatematikaMengembangkan pola pikir logis, rasional, kreatif, sistematis, dan praktis. Proses pembelajaran matematika yang diperlukan ialah dengan perolehan hasil berguru maksimal [salah satu indikator pendidikan berkualitas]. Pendidikan yang berkualitas akan dipengaruhi oleh faktor guru. GuruBerkarakter Kuat [Aka Hawari, 2012] 1. Niat KuatAmal perbuatan itu tergantung pada niat, dan sebenarnya tiap-tiap orang hanya memperoleh sesuatu dengan niatnya. Barang siapa yang hijrahnya dijalan Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu untuk Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya alasannya ialah ingin memperoleh keduniaan atau untuk menikahi seorang wanita, maka hijrahnya itu sesuai kearah yang dituju tersebut [HR. Bukhari:01, HR.Muslim:1907] 2. Kuat pembelajaranPertumbuhan: Menciptakan orang yang lebih remaja semoga potensi berguru lebih bermakna, memahami sebelum dipahami. Pengembangan: Menciptakan orang sukses ialah terjadi proses duplikasi secara terus menerus Pemberdayaan: Memberdayakan dan melihat potensi muridnya 3. Kuat MotivasiMemberikan dorongan untuk kepercayaan diri sehingga sanggup membangun huruf menjadi lebih baik 4. Kuat Empati Sistem yang ada saling mempengaruhi dan bergantung dengan substansi yang lainnya 5. Kuat KomitmenMemiliki prinsip hidup, berkarakter positif, dan kebebasan dalam berkreasi Faktor Penentu Prestasi SiswaPrestasi siswa berdasarkan penelitian Prof. John Hattie dari University Of Auckland dipengaruhi oleh Guru:30%, Sekolah:7%, Rumah:7%, Masyarakat: 7%, dan Karakteristik Siswa:49%. Nilai Karakter Bangsa Yang Dapat DikembangkanJujur [Jujur terhadap apa yang diperoleh dikarenakan materi akan saling terkait dengan materi selanjutnya, cinta akan kebenaran, menghindari kesalahan-kesalahan berpikir] Rasa Ingin Tahu [Menjadikan terus belajar, menyebabkan terus menggali informasi] Kerja Keras [Tidak mudah putus asa, Teliti, Tekun, Telaten] Mandiri [Menemukan berbagai tantangan dan menuntut untuk menemukan solusi] Rasional [Logika untuk berpikir logis, kritis, lurus, objektif] Kreatif [Menyelesaikan problem dengan cara panjang ataupun singkat sehingga terbiasa memunculkan ide, terbiasa melakukan analisis, terbiasa berpikir abstrak] Disiplin [Mengenal suatu keteraturan pola, memahami aturan-aturan, mengikuti konsep-konsep yang telah disepakati, terbiasa berpikir sistematis] Tanggung Jawab [Setiap langkah harus melakukan pembuktian teorema, memiliki alasan kuat dan benar, memiliki metode dan koheren] Komunikatif [Matematika ialah bahasa, bisa mengkomunikasikan dengan baik secara ekspresi maupun tulisan] Sabar [Terbiasa merampungkan problem rumit] Karakter Diperkenalkan ⇒ Karakter Dicontohkan ⇒ Karakter Dilatihkan ⇒ Karakter Dibiasakan ⇒ Karakter Membudaya Jika persentase disajikan dalam bentuk video maka kurang lebih karenanya ibarat berikut ini; Bagikan Artikel ini
Belum ada Komentar untuk "Daswatia Astuty: Matematika Dan Pendidikan Karakter"
Posting Komentar