Soal Dan Pembahasan Olimpiade Mipa Science Expo 2017 Sma Unggul Del Laguboti (Matematika)

Catatan Calon Guru untuk kali ini coba mendiskusikan Soal Olimpiade MIPA Science Expo 2017 SMA Unggul DEL Laguboti mata pelajaran matematika. Olimpiade MIPA Science Expo untuk tingkat SMP sederajat ini diselenggarakan oleh SMA Unggul DEL Laguboti tanggal 24 Februari 2017.
Bahan diskusi kita ini bisa sanggup digunakan sebagai materi latihan dalam menghadapi Olimpiade MIPA Science Expo yang diselenggarakan oleh pihak lain atau Olimpiade MIPA Science Expo yang diselenggarakan oleh SMA Unggul DEL pada tahun-tahun berikutnya. Sebelumnya sudah kita diskusikan Soal dan Pembahasan Olimpiade MIPA Science Expo 2018 SMA Unggul DEL Laguboti (Matematika) dan soalnya juga sangat baik sebagai teladan untuk mengasah kemampuan dalam bermatematik.
Referensi perhiasan soal-soal sebagai materi latihan ialah soal-soal matematika setingkat OSK (Olimpiade Sains Nasional tingkat Kabupaten) antara lain:
- Soal dan Pembahasan OSK Matematika SMP 2019 [πLihat Disini]
- Soal dan Pembahasan OSK Matematika SMP 2018 Type 1 [πLihat Disini]
- Soal dan Pembahasan OSK Matematika SMP 2018 Type 2 [πLihat Disini]
- Soal dan Pembahasan OSK Matematika SMP 2018 Type 3 [πLihat Disini]
- Soal dan Pembahasan OSK Matematika SMP 2018 Type 4 [πLihat Disini]
- Soal dan Pembahasan OSK Matematika SMP 2017 [πLihat Disini]
- Soal dan Pembahasan OSK Matematika SMP 2016 [πLihat Disini]
1. Teori Bilangan
- Operasi Bilangan Bulat
- Sifat-sifat Bilangan Berpangkat
- Penarikan Akar Kuadrat
- Hal Habis Dibagi
- KPK dan FPB
- Bilangan Prima
2. Aljabar
- Relasi dan Fungsi
- Perbandingan
- Persamaan Linear Satu Variabel
- Sistem Persamaan Linear Dua dan Tiga Variabel
- Barisan dan Deret Bilangan Real
- Persamaan dan Fungsi Kuadrat
3. Geometri
- Garis dan Sudut
- Garis-garis Istimewa Segitiga
- Teorema Phytagoras
- British Flag Theorem
- Dalil Stewart, Ceva dan Menelaus
- Bramaguptha Thoerem
- Bangun Ruang
4. Statistika dan Peluang
- Kaidah Pencacahan (Aturan Penjumlahan dan Perkalian)
- Permutasi dan Kombinasi
- Koefisien Binomial
- Penyajian dan Penafsiran Data
- Peluang Suatu Kejadian
5. Kapita Selekta
- Penggunaan Matematika dalam kehidupan Sehari-hari
- Kemampuan Membaca dan Menggunakan Definisi Materi yang sudah atau belum diajarkan di SMP
1. Soal Olimpiade MIPA Science Expo 2017 SMA Unggul DEL Laguboti
Diberikan bilangan lingkaran $a,b,c,d$. Jika didefenisikan untuk sembarang pasangan terurut $(a,b)$ dan $(x,y)$ berlaku $\left(a,b \right)*\left(x,y\right)=\left(ax-by,ax+by \right)$, maka:
$\begin{align}
I.\ & \left(a,b \right)*\left(x,y\right)=\left(x,y \right)*\left(a,b \right) \\
II.\ & \left(a,b \right)*\left(1,1 \right)= \left(a,b \right) \\
III.\ & \left(a,b \right)*\left(a,b\right)=\left(a^{2}-b^{2},a^{2}+b^{2} \right) \\
\end{align}$
Pernyataan yang benar adalah...
$\begin{align}
(A)\ & I\ \text{dan}\ II\ \text{saja} \\
(B)\ & II\ \text{dan}\ III\ \text{saja} \\
(C)\ & I\ \text{dan}\ III\ \text{saja} \\
(D)\ & I,II\ \text{dan}\ III\\
\end{align}$
Berdasarkan defenisi $\left(a,b \right)*\left(x,y\right)=\left(ax-by,ax+by \right)$, pernyataan $I,II,III$ jikalau kita jabarkan ialah sebagai berikut:
$\text{Pernyataan}\ I:$ $\left(a,b \right)*\left(x,y\right)=\left(x,y \right)*\left(a,b \right)$
$\begin{align}
\left(a,b \right)*\left(x,y \right) &= \left(a(x)-b(y), a(x)+b(y) \right) \\
&= \left(ax-by, ax+by \right) \\
\left(x,y \right)*\left(a,b \right) &= \left(x(a)-y(b), x(a)+y(b) \right) \\
&= \left(ax-by, ax+by \right) \\
\end{align}$
$\text{Pernyataan}\ II:$ $\left(a,b \right)*\left(1,1 \right)= \left(a,b \right)$
$\begin{align}
\left(a,b \right)*\left(1,1 \right) &= \left(a(1)-b(1), a(1)+b(1) \right) \\
&= \left(a-b, a+b \right)
\end{align}$
$\text{Pernyataan}\ III:$ $\left(a,b \right)*\left(a,b\right)=\left(a^{2}-b^{2},a^{2}+b^{2} \right)$
$\begin{align}
\left(a,b \right)*\left(a,b \right) &= \left(a(a)-b(b), a(a)+b(b) \right) \\
&= \left(a^{2}-b^{2}, a^{2}+b^{2} \right)
\end{align}$
$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(C)\ I\ \text{dan}\ III\ \text{saja}$
2. Soal Olimpiade MIPA Science Expo 2017 SMA Unggul DEL Laguboti
Diketahui $J=\left \{ n \in N \left| \dfrac{2n+4}{n-5}\begin{matrix}
\end{matrix}\right.\ \ n \in N \right \}$. Banyak himpunan penggalan dari $J$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 2 \\
(B)\ & 4 \\
(C)\ & 8 \\
(D)\ & 16 \\
\end{align}$
Untuk merampungkan soal di atas kita coba melakukan manipulasi aljabar (merubah bentuk aljabar tapi tidak merubah nilainya) pada pecahan $\dfrac{2n+4}{n-5}$ sehingga bentuknya menjadi lebih sederhana:
$\begin{align}
J &= \dfrac{2n+4}{n-5}\\
&= \dfrac{2(n-5)+10 +4}{n-5} \\
&= \dfrac{2(n-5)+14}{n-5} \\
&= \dfrac{2(n-5) }{n-5}+\dfrac{14}{n-5} \\
&= 2+\dfrac{14}{n-5}
\end{align}$
Agar $J$ ialah bilangan lingkaran maka nilai $n-5$ harus kelipatan $14$, dan nilai $n-5$ menjadi kelipatan $14$ ialah ketika hasil $n-5= \pm 1, \pm 2, \pm 7, \pm 14$.
Karena $n$ ialah bilangan asli, sehingga banyak nilai $n$ yang menyebabkan $2+\dfrac{14}{n-5}$ bilangan asli hanya pada ketika $n-5=1,2,7,14$ sehingga banyak nilai $n$ ialah $4$. Himpunan penggalan $J$ yaitu $2^{4}=16$.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(D)\ 16$
3. Soal Olimpiade MIPA Science Expo 2017 SMA Unggul DEL Laguboti
Bilangan $\dfrac{1955}{\left( 1+3\sqrt{2} \right)\left( 3+4\sqrt{2} \right)\left( 1-3\sqrt{2} \right)\left( 3-4\sqrt{2} \right)}$ merupakan...
$\begin{align}
(A)\ & \text{bilangan irasional positif} \\
(B)\ & \text{bilangan lingkaran positif} \\
(C)\ & \text{bilangan irasional negatif} \\
(D)\ & \text{bilangan rasional negatif} \\
\end{align}$
Soal di atas sanggup kita coba selesaikan dengan mencoba merasionalkan penyebut, untuk mempermudah proses manipulasi aljabar, kita ingatkan sedikit sifat eksponen dan sifat bentuk akar yaitu:
- $\left(a+b\right)\left(a-b\right)=\left(a^{2}-b^{2}\right)$
- ${}^a\!\log x\ +{}^a\!\log y={}^a\!\log \left (x\cdot y \right )$
- $\left(m\sqrt{a} \right)\left(n\sqrt{b}\right)=m \cdot n\sqrt{a \cdot b}$
& \dfrac{1955}{\left( 1+3\sqrt{2} \right)\left( 3+4\sqrt{2} \right)\left( 1-3\sqrt{2} \right)\left( 3-4\sqrt{2} \right)} \\
&= \dfrac{1955}{\left( 1+3\sqrt{2} \right)\left( 1-3\sqrt{2} \right)\left( 3+4\sqrt{2} \right)\left( 3-4\sqrt{2} \right)} \\
&= \dfrac{1955}{\left( 1-9 \cdot 2 \right)\left( 9-16 \cdot 2 \right)} \\
&= \dfrac{5 \cdot 391}{\left( 1-18 \right)\left( 9-32 \right)} \\
&= \dfrac{5 \cdot 391}{\left( -17 \right)\left( -23 \right)} \\
&= \dfrac{5 \cdot 391}{391} =5
\end{align}$
$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(B)\ \text{bilangan lingkaran positif}$
4. Soal Olimpiade MIPA Science Expo 2017 SMA Unggul DEL Laguboti
Jika $2^{x_{1}}=3,$ $3^{x_{2}}=4,$ $4^{x_{3}}=5,$ $\cdots,\ 2047^{x_{2046}}=2048$ maka nilai $x_{1} x_{2} x_{3} \cdots x_{2046}=\cdots$
$\begin{align}
(A)\ & 9 \\
(B)\ & 10 \\
(C)\ & 11 \\
(D)\ & 12 \\
\end{align}$
Soal di atas sanggup kita coba selesaikan dengan mengubah bilangan berpangkat jadi logaritma, untuk mempermudah proses manipulasi aljabar, kita ingatkan sedikit sifat eksponen dan sifat logaritma yaitu:
- ${\color{Blue} a}^{\color{Red} b}={\color{Green} c} $ $\Leftrightarrow $ $^{{\color{Blue} a}}\textrm{log}\ {\color{Green} c}= {\color{Red}b}$
- ${}^a\!\log x \cdot\ {}^x\!\log y \cdot\ {}^y\!\log b={}^a\!\log b$
- ${}^a\!\log a^{n}=n $
2^{x_{1}}=3 & \Leftrightarrow {}^2\!\log 3 = x_{1} \\
3^{x_{2}}=4 & \Leftrightarrow {}^3\!\log 4 = x_{2} \\
4^{x_{3}}=5 & \Leftrightarrow {}^4\!\log 5 = x_{3} \\
& \vdots \\
2046^{x_{2045}}=2047 & \Leftrightarrow {}^2046\!\log 2047 = x_{2045} \\
2047^{x_{2046}}=2048 & \Leftrightarrow {}^2047\!\log 2048 = x_{2046}
\end{align}$
Dari bentuk logaritma yang kita peroleh di atas jikalau kita kalikan maka akan kita peroleh:
$\begin{align}
{}^2\!\log 3 \cdot {}^3\!\log 4 \cdot {}^4\!\log 5 \cdots {}^{2046}\!\log 2047 \cdot {}^{2047}\!\log 2048 &= {}^2\!\log 2048 \\
x_{1} \cdot x_{2} \cdot x_{3} \cdots x_{2045} \cdot x_{2046} &= {}^2\!\log 2048 \\
&= {}^2\!\log 2^{11} \\
&= 11 \cdot {}^2\!\log 2 \\
&= 11
\end{align}$
$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(C)\ 11$
5. Soal Olimpiade MIPA Science Expo 2017 SMA Unggul DEL Laguboti
Diketahui $k$ ialah bilangan terbesar yang digit-digitnya berbeda dan habis dibagi $3$. Sisa pembagian $k$ bila dibagi dengan $2017$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 16 \\
(B)\ & 61 \\
(C)\ & 106 \\
(D)\ & 160 \\
\end{align}$
Untuk merampungkan soal di atas sanggup kita coba dengan menentukan nilai $k$, lantaran ialah $k$ ialah bilangan terbesar yang digit-digitnya berbeda maka nilai $k$ yang mungkin ialah $9.876.543.210$. $k$ ialah bilangan yang habis dibagi $3$ lantaran ialah jumlah digit-digitnya $(9+8+7+6+5+4+3+2+1+0=45)$ habis dibagi $3$.
Jika $9.876.543.210$ kita bagi dengan $2017$ maka akan bersisa $160$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(D)\ 160$
6. Soal Olimpiade MIPA Science Expo 2017 SMA Unggul DEL Laguboti
Nilai dari $\sqrt{1+\sqrt{1+2\sqrt{1+3\sqrt{\cdots\sqrt{1+2014\sqrt{1+2015 \cdot 2017}}}}}}$
$\begin{align}
(A)\ & 2 \\
(B)\ & 3 \\
(C)\ & 2016 \\
(D)\ & 2017 \\
\end{align}$
Soal di atas sanggup kita coba selesaikan dari bentuk akar yang paling dalam yaitu:
$\begin{align}
\sqrt{1+2015 \cdot 2017} &= \sqrt{1+2015 \cdot 2017} \\
&= \sqrt{1+2015 \cdot (2015+2)} \\
&= \sqrt{1+2015^{2} + 2 \cdot 2015 } \\
&= \sqrt{\left( 2015 + 1 \right)^{2}} \\
&= \sqrt{\left( 2016 \right)^{2}} \\
&= 2016
\end{align}$
Hasil yang kita peroleh di atas merubah bentuk akar berikut ini;
$\begin{align}
\sqrt{1+2014\sqrt{1+2015 \cdot 2017}} &= \sqrt{1+2014 \cdot 2016} \\
&= \sqrt{1+2014 \cdot (2014+2)} \\
&= \sqrt{1+2014^{2} + 2 \cdot 2014 } \\
&= \sqrt{\left( 2014 + 1 \right)^{2}} \\
&= \sqrt{\left( 2015 \right)^{2}} \\
&= 2015
\end{align}$
Jika kita hitung bentuk akarnya untuk seterusnya maka akan kita peroleh:
$\begin{align}
\sqrt{1+\sqrt{1+2\sqrt{1+3 \cdot 5}}} &= \sqrt{1+\sqrt{1+2\sqrt{1+3 \cdot 5 }}} \\
&= \sqrt{1+\sqrt{1+2\sqrt{16}}} \\
&= \sqrt{1+\sqrt{1+2 \cdot 4}} \\
&= \sqrt{1+ 3} \\
&= 2
\end{align}$
$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(C)\ 2$
7. Soal Olimpiade MIPA Science Expo 2017 SMA Unggul DEL Laguboti
Perhatikan pernyataan berikut!
$\begin{align}
I.\ & 4x^{2}-25=\left(2x+5 \right)\left(2x-5 \right) \\
II.\ & 3x^{2}-x+2 =\left(3x-2 \right)\left(x+1 \right) \\
III.\ & x^{2}+xy-6y^{2} =\left(x+3y \right)\left(x-2y \right) \\
IV.\ & x^{2}+4xy-5y^{2} =\left(x-5y \right)\left(x+y \right)
\end{align}$
Pernyataan yang benar adalah...
$\begin{align}
(A)\ & I\ \text{dan}\ II \\
(B)\ & II\ \text{dan}\ III \\
(C)\ & I\ \text{dan}\ III \\
(D)\ & II\ \text{dan}\ IV
\end{align}$
Untuk merampungkan soal di atas, kita coba merampungkan persamaan yang di ruas kanan, menjadi mirip berikut ini:
$\begin{align}
I.\ \left(2x+5 \right)\left(2x-5 \right) & = 4x^{2}-10x+10x-25 \\
& = 4x^{2}-25 \\
II.\ \left(3x-2 \right)\left(x+1 \right) & = 3x^{2}+3x-2x-1 \\
& = 3x^{2}+x-1 \\
III.\ \left(x+3y \right)\left(x-2y \right) & = x^{2}-2xy+3xy-6y^{2} \\
& = x^{2}+xy-6y^{2} \\
IV.\ \left(x-5y \right)\left(x+y \right) & = x^{2}+xy-5xy-5y^{2} \\
& = x^{2}-4xy-5y^{2} \\
\end{align}$
$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(C)\ I\ \text{dan}\ III$
8. Soal Olimpiade MIPA Science Expo 2017 SMA Unggul DEL Laguboti
Nilai dari
$1+\dfrac{1}{1+\dfrac{1}{1+\dfrac{1}{1+\dfrac{1}{\cdots}}}}=\cdots$
$\begin{align}
(A)\ & \dfrac{1+\sqrt{5}}{2} \\
(B)\ & \dfrac{1-\sqrt{5}}{2} \\
(C)\ & \dfrac{-1+\sqrt{5}}{2} \\
(D)\ & \dfrac{-1-\sqrt{5}}{2}
\end{align}$
Arti dari $\cdots$ pada soal ialah dan seterusnya, sehingga bentuk pecahan terus hingga tak hingga. Soal pecahan tersebut kita coba merampungkan dengan pemisalan, mirip berikut ini:
Misal:
$p=1+\dfrac{1}{1+\dfrac{1}{1+\dfrac{1}{\cdots}}}$
Dengan pemisalan di atas dan manipulasi aljabar, perubahan yang sanggup kita peroleh adalah:
$\begin{align}
1+\dfrac{1}{1+\dfrac{1}{1+\dfrac{1}{1+\dfrac{1}{\cdots}}}} & = p \\
1+\dfrac{1}{p} & = p\ \cdots \text{dikali}\ p \\
p+1 & = p^{2} \\
p^{2}-p-1 & = 0\end{align}$
Ddengan menggunakan rumus abc sanggup kita tentkan nilai $p$ yang memenuhi yaitu:
$\begin{align}
p & = \dfrac{-b \pm \sqrt{b^{2}-4ac}}{2a} \\
& = \dfrac{-(-1) \pm \sqrt{(-1)^{2}-4(1)(-1)}}{2(1)} \\
& = \dfrac{1 \pm \sqrt{5}}{2} \\
p & = \dfrac{1 + \sqrt{5}}{2}
\end{align}$
$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(A)\ \dfrac{1 + \sqrt{5}}{2}$
9. Soal Olimpiade MIPA Science Expo 2017 SMA Unggul DEL Laguboti
banyak bilangan asli $n$ sehingga $2018 \left(1-\dfrac{1}{2} \right)\left(1-\dfrac{1}{3} \right)\left(1-\dfrac{1}{4} \right)\cdots\left(1-\dfrac{1}{n} \right) $ merupakan bilangan lingkaran adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 1 \\
(B)\ & 2 \\
(C)\ & 3 \\
(D)\ & 4
\end{align}$
Soal di atas kita coba dengan menyederhanakan beberapa ruas, yaitu:
$\begin{align}
\left(1-\dfrac{1}{2} \right) & = \left(\dfrac{2}{2}-\dfrac{1}{2} \right)= \dfrac{1}{2} \\
\left(1-\dfrac{1}{3} \right) & = \left(\dfrac{3}{3}-\dfrac{1}{3} \right)= \dfrac{2}{3} \\
\left(1-\dfrac{1}{4} \right) & = \left(\dfrac{4}{4}-\dfrac{1}{4} \right)= \dfrac{3}{4} \\
\vdots \\
\left(1-\dfrac{1}{n} \right) & = \left(\dfrac{n}{n}-\dfrac{1}{n} \right)= \dfrac{n-1}{n}
\end{align}$
Dari apa yang kita peroleh di atas, bentuk soal ketika ini sanggup kita tuliskan menjadi:
$\begin{align}
& 2018 \left(1-\dfrac{1}{2} \right)\left(1-\dfrac{1}{3} \right)\left(1-\dfrac{1}{4} \right)\cdots\left(1-\dfrac{1}{n} \right) \\
& = 2018 \left(\dfrac{1}{2} \right)\left(\dfrac{2}{3} \right)\left(\dfrac{3}{4} \right)\cdots\left(\dfrac{n-1}{n} \right) \\
& = 2018 \left(\dfrac{1}{n} \right) \\
& = \dfrac{2018}{n} \\
\end{align}$
Agar $\dfrac{2018}{n}$ ialah bilangan lingkaran maka $n$ harus faktor dari $2018$ yaitu $ \pm 1,\ \pm 2,\ \pm 1009,\ \pm 2018$ dan lantaran ialah yang diminta pada soal ialah $n$ bilangan asli, maka yang memenuhi ialah $ 1,\ 2,\ 1009,\ 2018$.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(D)\ 4$
10. Soal Olimpiade MIPA Science Expo 2017 SMA Unggul DEL Laguboti
Jika angka puluhan dari penjumlahan bilangan $1!+2!+3!+\cdots+2016!+2017!$ ialah $\overline{ab}$, maka nilai $a+b=\cdots$
$\begin{align}
(A)\ & 3 \\
(B)\ & 4 \\
(C)\ & 5 \\
(D)\ & 6
\end{align}$
Simbol "$!$" pada soal di atas ialah faktorial yang didefenisikan untuk $n$ bilangan asli $n!=n \cdot (n-1)\cdot (n-2) \cdot 2 \cdot 1$
Jika kita jabarkan:
$\begin{align}
1! & = 1 \\
2! & = 2 \cdot 1 =2 \\
3! & = 3 \cdot 2 \cdot 1 =6 \\
4! & = 4 \cdot 3 \cdot 2 \cdot 1 = 24 \\
5! & = 5 \cdot 4 \cdot 3 \cdot 2 \cdot 1 = 120 \\
6! & = 6 \cdot 5 \cdots 2 \cdot 1 = 720 \\
7! & = 7 \cdot 6 \cdots 2 \cdot 1 = 5.040 \\
8! & = 8 \cdot 7 \cdots 2 \cdot 1 = 40.320 \\
9! & = 9 \cdot 8 \cdots 2 \cdot 1 = 362.880 \\
10! & = 10 \cdot 9 \cdots 2 \cdot 1 = 3.628.800 \\
\vdots \\
\end{align}$
Dari apa yang kita peroleh di atas, bentuk soal ketika ini sanggup kita tuliskan menjadi:
$\begin{align}
& 1!+2!+3!+\cdots+2016!+2017! \\
& = 1+2+6+24+120+720+5.040+40.320+362.880+3.628.800+\cdots \\
& = xxxx913\\
\end{align}$
Yang diminta pada soal ialah nilai puluhan $\overline{ab}$ sehingga cukup kita hitung hanya hingga $10!$ pada bilangan selanjutnya $11!$ dan seterusnya nilai puluhan selalu $00$ dan tidak akan merubah nilai puluhan pada penjumlahan dari $1!$ samapi $10!$.
Angka puluhan ialah $\overline{ab}=13$, nilai $a+b=4$
$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(B)\ 4$
11. Soal Olimpiade MIPA Science Expo 2017 SMA Unggul DEL Laguboti
Pada sebuah peta tertulis perbandingan $1:500.000$. Jika pada peta digambar sebuah lingkaran dengan luas $6,28\ cm^{2}$, maka luas sesungguhnya adalah...$km^{2}$
$\begin{align}
(A)\ & 3,14 \\
(B)\ & 15,7 \\
(C)\ & 31,4 \\
(D)\ & 157
\end{align}$
Dari luas lingkaran pada soal $6,28\ cm^{2}$, dengan menganggap $\pi=3,14$ sanggup kita tentukan jari-jari lingkaran yaitu:
$\begin{align}
\pi r^{2} & = 6,28\ cm^{2} \\
3,14 \cdot r^{2} & = 6,28\ cm^{2} \\
r^{2} & = 2\ cm^{2} \\
r & = \sqrt{2}\ cm
\end{align}$
Jari-jari lingkaran sesungguhnya ialah $\sqrt{2}\ cm \times 500.000= 5\sqrt{2} \cdot 10^{5}\ cm$ sehingga luas sesungguhnya adalah:
$\begin{align}
\pi r^{2} & = 3,14 \cdot \left( 5\sqrt{2} \cdot 10^{5}\ cm \right)^{2} \\
& = 3,14 \cdot 25 \cdot 2 \cdot 10^{10}\ cm^{2} \\
& = 157 \cdot 10^{10}\ cm^{2} \\
& = 157\ km^{2}
\end{align}$
$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(D)\ 157$
12. Soal Olimpiade MIPA Science Expo 2017 SMA Unggul DEL Laguboti
Dalam suatu kompetisi sains, siswa $A$ bisa mengerjakan $80$ soal dalam waktu $180$ menit. Siswa $B$ bisa mengerjakannya dalam waktu $210$ menit. Sedangkan siswa $C$ bisa mengerjakannya dalam waktu $180$ menit. Jika mereka bekerja bersama-sama, waktu yang dibutuhkan untuk merampungkan $80$ soal adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 48\ \text{menit} \\
(B)\ & 56\ \text{menit} \\
(C)\ & 63\ \text{menit} \\
(D)\ & 75\ \text{menit} \\
\end{align}$
Dengan menggunakan konsep kecepatan dan dengan menganggap mengerjakan "80 soal" ialah "satu" pekerjaan, maka kecepatan masing-masing siswa yaitu:
- Siswa $A$, $v_{A}=\dfrac{1}{180}$;
- Siswa $B$, $v_{B}=\dfrac{1}{210}$;
- Siswa $C$, $v_{C}=\dfrac{1}{180}$;
$\begin{align}
v_{t} & = v_{A}+v_{B}+v_{C} \\
\dfrac{1}{t} & = \dfrac{1}{180}+\dfrac{1}{210}+\dfrac{1}{180} \\
& = \dfrac{2}{180}+\dfrac{1}{210} \\
& = \dfrac{2}{60 \cdot 3}+\dfrac{1}{70 \cdot 3} \\
& = \dfrac{7 \cdot 2}{60 \cdot 3 \cdot 7}+\dfrac{6}{70 \cdot 3 \cdot 6} \\
& = \dfrac{14+6}{60 \cdot 3 \cdot 7} \\
& = \dfrac{20}{60 \cdot 3 \cdot 7} \\
t & = \dfrac{60 \cdot 3 \cdot 7}{20} \\
t & = 3 \cdot 3 \cdot 7 =63
\end{align}$
$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(C)\ 63\ \text{menit}$
13. Soal Olimpiade MIPA Science Expo 2017 SMA Unggul DEL Laguboti
Jika diberikan $S_{n}=1-2+3-4+\cdots+n(-1)^{n-1}$, dengan $n$ bilangan asli, maka nilai $S_{1990}+S_{2008}+S_{2017}$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & -990 \\
(B)\ & -880 \\
(C)\ & -770 \\
(D)\ & -660 \\
\end{align}$
Dari defenisi $S_{n}=1-2+3-4+\cdots+n(-1)^{n-1}$ sanggup kita jabarkan beberapa $S_{n}$, antara lain:
$\begin{align}
S_{4}&=1-2+3-4= (-1)+(-1)=2 \cdot (-1) \\
S_{6}&=1-2+3-4+5-6=3 \cdot (-1) \\
S_{8}&=(-1)+(-1)+(-1)+(-1)=\dfrac{8}{2} \cdot (-1) \\
S_{1990}&=\dfrac{1990}{2} \cdot (-1)=-995 \\
S_{2008}&=\dfrac{2008}{2} \cdot (-1)=-1004 \\
\hline
S_{5}&=1-2+3-4+5=2 \cdot (-1)+5 \\
S_{7}&=1-2+3-4+5-6+7=3 \cdot (-1)+7 \\
S_{9}&=S_{8}+9=\left( \dfrac{9-1}{2} \right) \cdot (-1)+9 \\
S_{2017}&=\left( \dfrac{2017-1}{2} \right) \cdot (-1)+2017 \\
&= 2008 \cdot (-1)+2017 \\
&= -2008 + 2017 \\
&= 1009
\end{align}$
Nilai $S_{1990}+S_{2008}+S_{2017}$ ialah $-995-1004+1009=-990$
$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(A)\ -990$
14. Soal Olimpiade MIPA Science Expo 2017 SMA Unggul DEL Laguboti
Untuk setiap bilangan lingkaran $n$ didefenisikan fungsi $f$ dengan $f(n)$ ialah banyak angka (digit) dari bilangan $n$. Contoh $f(242)=3$ dan $f(2017)=4$. Nilai dari $f \left( 2^{2017} \right)+f \left( 5^{2017} \right)$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 2015 \\
(B)\ & 2016 \\
(C)\ & 2017 \\
(D)\ & 2018 \\
\end{align}$
Untuk menentukan banyak digit sebuah bilangan hal paling praktis yang sanggup kita lakukan ialah mengarahkan bilangan tersebut menggunakan pendekatan nilai logaritma dengan basis $10$.
Dasar berpikirnya Contoh berikut ini mungkin membantu:
- Banyak angka $10^{5}$ adalah:
$\begin{align}
log\ 10^{5} &= 5 \cdot log\ 10 \\
&= 5 \cdot 1 \\
&= 5
\end{align}$
Banyak digit $10^{5}$ ialah $5+1=6$ - Banyak angka $2^{10}$ adalah:
$\begin{align}
log\ 2^{10} &= 10 \cdot log\ 2 \\
&= 10 \cdot 0,301 \\
&= 3,...
\end{align}$
Banyak digit $2^{10}$ ialah $3+1=4$ - $f \left( 2^{2017} \right)$ ialah banyak angka $2^{2017}$;
$\begin{align}
log\ 2^{2017} &= 2017 \cdot log\ 2 \\
&= 2017 \cdot 0,301 \\
&= 607,...
\end{align}$
Banyak digit $2^{2017}$ ialah $607+1=608$ - $f \left( 5^{2017} \right)$ ialah banyak angka $5^{2017}$;
$\begin{align}
log\ 5^{2017} &= 2017 \cdot log\ 5 \\
&= 2017 \cdot 0,699 \\
&= 1409,...
\end{align}$
Banyak digit $5^{2017}$ ialah $1409+1=1410$
Nilai dari
$\begin{align}
f \left( 2^{2017} \right)+f \left( 5^{2017} \right) &= 608 + 1410 \\
&= 608 + 1410 \\
&= 2018
\end{align}$
Alternatif penyelesaian:
$\begin{align}
f \left( 2^{2017} \right)+f \left( 5^{2017} \right) &= log\ 2^{2017} + log\ 5^{2017} \\
&= log\ \left( 2^{2017} \cdot 5^{2017} \right) \\
&= log\ 10^{2017} \\
&= 2017\ \cdot log\ 10 \\
&= 2017
\end{align}$
Nilai $f \left( 2^{2017} \right)+f \left( 5^{2017} \right)$ ialah $2017+1=2018$
$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(D)\ 2018$
15. Soal Olimpiade MIPA Science Expo 2017 SMA Unggul DEL Laguboti
Diketahui barisan fungsi $f_{1} \left( x \right),f_{2} \left( x \right),f_{3} \left( x \right), \cdots $ sedemikian sehingga $f_{1}(x)=x$ dan $f_{n+1}(x)=\dfrac{1}{1-f_{n}(x)}$ untuk bilngan $n$ bilangan asli. Nilai dari $f_{2017}(2017)=\cdots$
$\begin{align}
(A)\ & 2017 \\
(B)\ & -\dfrac{1}{2016} \\
(C)\ & \dfrac{2016}{2017} \\
(D)\ & 2016^{2017} \\
\end{align}$
Barisan fungsi jikalau kita jabarkan $f_{1} \left( x \right),f_{2} \left( x \right),f_{3} \left( x \right), \cdots $.
- $f_{1} \left( x \right) = x$
- $f_{2} \left( x \right) = \dfrac{1}{1-f_{1} \left( x \right)}=\dfrac{1}{1-x}$
- $f_{3} \left( x \right) = \dfrac{1}{1-f_{2} \left( x \right)}=\dfrac{x}{x-1}$
- $f_{4} \left( x \right) = \dfrac{1}{1-f_{3} \left( x \right)}=x$
- $f_{5} \left( x \right) = \dfrac{1}{1-f_{5} \left( x \right)}=\dfrac{1}{1-x}$
- $f_{6} \left( x \right) = \dfrac{1}{1-f_{6} \left( x \right)}=\dfrac{x}{x-1}$
- $f_{1} \left( x \right) = f_{4} \left( x \right)=f_{7} \left( x \right)=\cdots$
- $f_{2} \left( x \right) = f_{5} \left( x \right)=f_{8} \left( x \right)=\cdots$
- $f_{3} \left( x \right) = f_{6} \left( x \right)=f_{9} \left( x \right)=\cdots$
$\begin{align}
f_{2017} \left( x \right) &= f_{1} \left( x \right) \\
f_{2017} \left( x \right) &= x \\
f_{2017} \left( 2017 \right) &= 2017
\end{align}$
$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(D)\ 2017$
16. Soal Olimpiade MIPA Science Expo 2017 SMA Unggul DEL Laguboti
Perhatikan gambar!
Besar sudut $BAC$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 20^{\circ} \\
(B)\ & 30^{\circ} \\
(C)\ & 40^{\circ} \\
(D)\ & 50^{\circ} \\
\end{align}$
Untuk menentukan sudut $BAC$ kita gunakan perlindungan jumlah sudut segitiga yaitu $180^{\circ}$.
$\begin{align}
\measuredangle BCA +\measuredangle BAC+\measuredangle ABC &= 180^{\circ} \\
4y+10^{\circ}+2y+10^{\circ}+40^{\circ} &= 180^{\circ} \\
6y+60^{\circ} &= 180^{\circ} \\
6y &= 180^{\circ}-60^{\circ} \\
6y &= 120^{\circ} \\
y &= 20^{\circ} \\
\hline
\measuredangle BAC &= 2y+10^{\circ} \\
&= 2 \cdot 20^{\circ} +10^{\circ} \\
&= 50^{\circ}
\end{align}$
$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(D)\ 50^{\circ}$
17. Soal Olimpiade MIPA Science Expo 2017 SMA Unggul DEL Laguboti
Perhatikan gambar di bawah ini
Besar sudut $BAC$ adalah...
Jika panjang $\overline{PA},\overline{PB},$ dan $\overline{PD}$ ialah $5,17,$ dan $19$, maka panjang $\overline{PC}=\cdots$
$\begin{align}
(A)\ & 22 \\
(B)\ & 23 \\
(C)\ & 24 \\
(D)\ & 25 \\
\end{align}$
Untuk merampungkan soal di atas, kita coba dengan menggunakan teorema pythagoras.
Jika unsur-unsur pada gambar kita beri perhiasan ruas garis yaitu ruas garis $a$, ruas garis $b$, ruas garis $c$ dan ruas garis $d$ maka akan kita peroleh gambar mirip beikut ini:

$\begin{align}
a^{2}+d^{2} &= 5^{2}=25 \\
a^{2}+b^{2} &= 17^{2}=289 \\
c^{2}+d^{2} &= 19^{2}=361\ (+) \\
\hline
2a^{2}+ b^{2}+c^{2}+2d^{2} &= 675 \\
2a^{2}+2d^{2}+ b^{2}+c^{2} &= 675 \\
2 \left( a^{2}+ d^{2} \right) + b^{2}+c^{2} &= 675 \\
2 \left( 25 \right) + b^{2}+c^{2} &= 675 \\
50 + b^{2}+c^{2} &= 675 \\
b^{2}+c^{2} &= 675-50 \\
b^{2}+c^{2} &= 625
\end{align}$
Panjang $PC$ adalah:
$\begin{align}
PC^{2} &= b^{2}+c^{2} \\
PC^{2} &= 625 \\
PC &= \sqrt{625}=25
\end{align}$
$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(D)\ 25$
18. Soal Olimpiade MIPA Science Expo 2017 SMA Unggul DEL Laguboti
Berapakah luas segi-lima yang titik-titik sudutnya terletak pada koordinat $\left(-1,-1 \right), \left(4,-2 \right), \left(5,2 \right), \left(2,4 \right), \left(-2,3 \right)$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 29\dfrac{1}{2} \\
(B)\ & 39\dfrac{1}{2} \\
(C)\ & 49\dfrac{1}{2} \\
(D)\ & 59\dfrac{1}{2}
\end{align}$
Kita coba mulai dengan menggambar titik-titik yang disampaikan dalam koordinat kartesius. Untuk menghitung luas daerah segi lima lantaran ialah tidak beraturan akan banyak cara atau alternatif.

$\begin{align}
\left[segi-lima \right] &= \left[segi-empat\right]-\left[A \right]-\left[B \right]-\left[C \right]-\left[D \right]-\left[E \right]-\left[F \right] \\
&= \left[ 7 \cdot 6 \right]-\left[ \dfrac{1}{2} \cdot 4 \cdot 1 \right]-\left[\dfrac{1}{2} \cdot 3 \cdot 2 \right]-\left[\dfrac{1}{2} \cdot 4 \cdot 1 \right] \\
&\ \ -\left[\dfrac{1}{2} \cdot 5 \cdot 1 \right]-\left[1 \right]-\left[\dfrac{1}{2} \cdot 4 \cdot 1 \right] \\
&= \left[ 42 \right]-\left[ 2 \right]-\left[3 \right]-\left[2 \right]-\left[\dfrac{5}{2} \right]-\left[1 \right]-\left[2 \right] \\
&= \left[ 32 \right]-\left[\dfrac{5}{2} \right] \\
&= 29\dfrac{1}{2}
\end{align}$
$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(A)\ 29\dfrac{1}{2}$
19. Soal Olimpiade MIPA Science Expo 2017 SMA Unggul DEL Laguboti
Pada sebuah trapesium $ABCD$, panjang sisi $AB=15\ cm$ dan panjang sisi $CD=20\ cm$. Jika garis $AB$ sejajar garis $CD$ dan di dalam trapesium sanggup digambar sebuah lingkaran yang menyinggung keempat sisi trapesium, maka tentukan keliling trapesium.
$\begin{align}
(A)\ & 50\ cm \\
(B)\ & 60\ cm \\
(C)\ & 70\ cm \\
(D)\ & \text{Informasi yang diberikan tidak cukup}\\
& \text{untuk membuat kesimpulan} \\
\end{align}$
Lingkaran dalam yang menyinggung keempat sisi segi-empat, yang paling sederhana ialah lingkaran dalam persegi. Pada persegi panjang tidak akan sanggup digambar lingkaran menyinggung keempat sisinya.
Lingkaran dalam trapesium yang menyinggung keempat sisi trapesium, dimana sisi $AB=15$ sejajar sisi $CD=20$ maka agar lingkaran sanggup menyinggung keempat sisi trapesium dua sisi yang belum diketahui jumlah sisinya harus $15+20=35$ (Setiap Trapesium yang memiliki lingkaran dalam dan menyinggung keempat sisi, maka keliling trapesium $2$ kali jumlah sisi yang sejajar).
Ilustrasi trapesium yang $ABCD$ dan sebuah persegi, jikalau kita ilustrasikan kurang lebih mirip berikut ini:

$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(C)\ 70\ cm$
20. Soal Olimpiade MIPA Science Expo 2017 SMA Unggul DEL Laguboti
Pada gambar yang ditunjukkan di bawah, $ABD$ dan $ADE$ merupakan setengah lingkaran. $C$ merupakan titik tengah dari $AB$ dan $AB=12$. Berapakah luas daerah yang diarsir?
$\begin{align}
(A)\ & 18-9 \pi \\
(B)\ & 18\pi-4 \\
(C)\ & 18 \\
(D)\ & 18-4 \pi \\
\end{align}$
Dengan menggunakan teorema pythagoras kita sanggup menghitung panjang $AD$.
$\begin{align}
AD^{2} &= AC^{2}+CD^{2} \\
&= 6^{2}+6^{2} \\
AD &= \sqrt{72}=6\sqrt{2}
\end{align}$

$\begin{align}
L_{ADE} &= \dfrac{1}{2} \pi \cdot r^{2} \\
&= \dfrac{1}{2} \pi \cdot \left( 3\sqrt{2} \right) ^{2} \\
&= \dfrac{1}{2} \pi \cdot 9 \cdot 2 \\
&= 9 \pi
\end{align}$
Luas tembereng $AD$ ialah selisih luas juring $ACD$ dengan luas segitiga $ACD$
$\begin{align}
L_{AD} &= \dfrac{1}{4} \pi \cdot r^{2} - \dfrac{1}{2} \cdot 6 \cdot 6 \\
&= \dfrac{1}{4} \pi \cdot 6^{2} - 18 \\
&= 9 \pi - 18
\end{align}$
Luas yang diarsir ialah selisih luas setengah lingkran $ADE$ dengan Luas tembereng $AD$
$\begin{align}
L &= 9 \pi - \left( 9 \pi - 18 \right) \\
&= 9 \pi - 9 \pi + 18 \\
&= 18
\end{align}$
$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(C)\ 18\ cm$
21. Soal Olimpiade MIPA Science Expo 2017 SMA Unggul DEL Laguboti
Diketahui sebuah prisma yang dibentuk oleh bidang sisi berupa dua trapesium yang kongruen $ABFE$ dan $DCGH$. Jika garis $AB$ sejajar $EF$, garis $AD$ sejajar $PQ$, $\text{panjang}\ AE=\ \text{panjang}\ BF$, $\text{panjang}\ AB=3\ \text{kali panjang}\ EF$, $\text{panjang}\ AP=2\ \text{kali panjang}\ PB$, $AD \perp AB$ dan $EH \perp EF$ maka perbandingan volume prisma $APE.DQH$ dan prisma $PBFE.QCGH$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 1:1 \\
(B)\ & 1:2 \\
(C)\ & 1:3 \\
(D)\ & 1:4 \\
\end{align}$
Kita coba mulai merampungkan soal di atas dengan menggambar ganjal prisma yang berbentuk trapesium.
Ukuran trapesium disampaikan bahwa $AB=3EF$, $AE=BF$ dan $PB=2AP$ sehingga dengan memisalkan $EF=x$, maka ukuran dan keadaan trapesium yang mungkin ialah sebagai berikut;

volume prisma $APE.DQH$ dengan tinggi $t$ ialah $V_{PBFE.QCGH}=\dfrac{1}{2} \cdot 3x \cdot EP \cdot t$.
volume prisma $APE.DQH$ dengan tinggi $t$ ialah $V_{APE.QDH}=\dfrac{1}{2} \cdot x \cdot EP \cdot t$.
Perbandingan volume prisma $APE.DQH$ dan prisma $PBFE.QCGH$ adalah:
$\begin{align}
\dfrac{V_{APE.DQH}}{V_{PBFE.QCGH}} &= \dfrac{\dfrac{1}{2} \cdot x \cdot EP \cdot t}{\dfrac{1}{2} \cdot 3x \cdot EP \cdot t} \\
&= \dfrac{ x }{ 3x } \\
&= \dfrac{ 1 }{ 3 }
\end{align}$
$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(C)\ 1:3$
22. Soal Olimpiade MIPA Science Expo 2017 SMA Unggul DEL Laguboti
Diberikan sebuah aquarium berbentuk kubus dengan panjang rusuk $18\ cm$. Kedalam aquarium tersebut dimasukkan sebuah bola pejal dengan jari-jari $9\ cm$. Jika ke dalam aquarium diisi air hingga setinggi air $12\ cm$, maka volume air yang dibutuhkan adalah...$cm^{3}$ $\left( \pi=3,14 \right)$
$\begin{align}
(A)\ & 1062 \\
(B)\ & 1599 \\
(C)\ & 2826 \\
(D)\ & 3888 \\
\end{align}$
Sebagai catatan untuk merampungkan soal di atas kita perlu aturan atau rumus Cara Mengitung Volume Bola Terpotong (Volume Tembereng Bola) yaitu volume tembereng bola dengan jari-jari bola $r$ dan tinggi tembereng $t$ volumenya ialah $V= \dfrac{1}{3} \pi t^{2}\left (3r - t \right )$.
Jika kita gambarkan permukaan bola dan kubus yang terendam air mirip beikut ini:

Volume kubus yang terkena air adalah:
$\begin{align}
V_{K} &= 18 \cdot 18 \cdot 12 \\
&= 3888\ cm^{3}
\end{align}$
Volume bola yang terkena air adalah:
$\begin{align}
V_{B} &= V_{bola}-V_{tembereng} \\
&= \dfrac{4}{3} \pi r^{3} - \dfrac{1}{3} \pi t^{2}\left (3r - t \right ) \\
&= \dfrac{4}{3} (3,14) (9)^{3} - \dfrac{1}{3} (3,14) \cdot 6^{2}\left (3(9) - 6 \right ) \\
&= 3052,08 - 226,08 \\
&= 2826 \\
\end{align}$
Volume air yang dibutuhkan ialah selisih volume kubus yang terkena air dengan volume bola yang terkena air yaitu $3888-2826=1062$
$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(A)\ 1062$
23. Soal Olimpiade MIPA Science Expo 2017 SMA Unggul DEL Laguboti
Suatu balok tersusun atas kubus satuan mirip pada gambar di samping. Balok tersebut dipancung sepanjang permukaan bangun datar yang dicetak tebal. Jika luas permukaan balok terpancung sanggup dinyatakan dalam $a^{b}$ satuan luas, dimana $a$ da $b$ bilangan lingkaran maka $a+b=\cdots$
$\begin{align}
(A)\ & 3 \\
(B)\ & 6 \\
(C)\ & 9 \\
(D)\ & 12 \\
\end{align}$
Jika kita perhatikan gambar balok dan yang disampaikan pada soal, bahwa balok yang dipancung dan yang terpancung ialah prisma segitiga siku-siku. Luas permukaan balok coba kita hitung satu persatu;
- Luas permukaan sisi atas ialah $L=3 \cdot 7 =21$
- Luas permukaan sisi bawah ialah $L=3 \cdot 11 =33$
- Luas permukaan sisi belakang (yang tidak terpancung) ialah $L=3 \cdot 6 =18$
- Luas permukaan sisi depan (yang terpancung) ialah $L=3 \cdot 3 =9$
- Luas permukaan sisi kiri dan kanan ialah $L=2 \cdot \left( 6 \cdot 11 - 6 \right) =120$ $6$ diperoleh dari luas segitiga yang terpancung sehingga tidak dihitung lagi $\dfrac{3 \cdot 4}{2}=6$
- Luas permukaan sisi yang terpancung $L=3 \cdot 5 = 15$
$5$ diperoleh dari $\sqrt{3^{2}+4^{2}}=5$
$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(C)\ 9$
24. Soal Olimpiade MIPA Science Expo 2017 SMA Unggul DEL Laguboti
Pada sebuah bidang terdapat $8$ titik. Diantara kedelapan titik tersebut tidak ada tiga titik atau lebih yang segaris. Banyak segitiga yang sanggup dibentuk dengan menghubungkan sebarang tiga titik pada bidag tersebut adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 24 \\
(B)\ & 56 \\
(C)\ & 144 \\
(D)\ & 336 \\
\end{align}$
Untuk menghitung banyak segitiga yang sanggup dibentuk dari $8$ titik dimana tidak ada tiga titik atau lebih yang segaris sanggup menggunakan aturan kombinasi:
$\begin{align}
C(n,r) =& \dfrac{n!}{r!(n-r)!} \\
C(3,8) =& \dfrac{8!}{3!(8-3)!} \\
=& \dfrac{8 \cdot 7 \cdot 6 \cdot 5!}{3! \cdot 5!} \\
=& \dfrac{8 \cdot 7 \cdot 6 \cdot 5!}{6 \cdot 5!} \\
=& \dfrac{8 \cdot 7 }{1} =56
\end{align}$
$\therefore$ Pilihan yang sesuai ialah $(B)\ 56$
πππ

Jika engkau tidak sanggup menahan lelahnya belajar, Maka engkau harus menanggung pahitnya kebodohan ___pythagoras
Beberapa soal di atas ada sedikit perubahan dari soal aslinya, yaitu mungkin pada soal atau pada pilihan balasan soal. Sehingga jikalau perubahan yang dilakukan pada soal atau pilihan balasan soal kurang tepat dan apa yang disampaikan pada soal aslinya sudah tepat, mohon diberikan saran dan tanggapanπCMIIW
Jika tertarik untuk menyimpan soal Olimpiade MIPA Science Expo 2017 SMA Unggul DEL Laguboti (Matematika) di atas dalam bentuk file (.pdf) silahkan di download pada link berikut ini:
- Soal Olimpiade MIPA Science Expo 2017 SMA Unggul DEL Laguboti Mata Pelajaran Matematika π Download
Video pilihan khusus untuk Anda π Cara Pilar (Pintar Bernalar) Perkalian Dua Angka;

Belum ada Komentar untuk "Soal Dan Pembahasan Olimpiade Mipa Science Expo 2017 Sma Unggul Del Laguboti (Matematika)"
Posting Komentar