Materi ketiga yang diajarkan pada kelas 9 semester genap perihal sifat bahan, ion dan molekul. Materi ini penting dikuasai oleh siswa dan guru wajib mengatakan layanan pendidikan yang terbaik. Untuk itu kami pada kesempatan kali ini akan membagikan perencanaan pembelajaran Rpp sifat materi atom,ion dan molekul kurikulum 2013.
Rencana pelaksanaan pembelajaran yang kami bagikan ini yaitu Kurikulum 2013 edisi revisi terakhir yakni 2019. anda bisa melihat view di bawah ini dan silakan cek tahun pembuatan dan kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran :IPA
Kelas /Semester : IX/ Genap
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi : Sifat Bahan, ion dan molekul
Alokasi Waktu : 15JP (6Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
No | Kompetensi Inti |
1 | Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya |
2 | Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
3 | Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan tragedi tampak mata |
4 | Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. |
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
No | Kompetensi Dasar (KD) | Kompetensi Dasar (KD) |
1 | 3.8 Menghubungkan konsep partikel materi,(atom ion, dan molekul), struktur zat sederhana dengan sifatbahan yangdigunakan dalam kehidupan sehari-hari sertadampak penggunaan materi terhadapkesehatan manusia | 4.8 Menyajikanhasil penyelidikantentang sifatdan pemanfaatan materi dalamkehidupan sehari-hari
|
2 | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3 | 3 3.1 3.2 3.3 3.4 3.5 3.6 3.7 3.8 3.8.1 Mendeskripsikan atom, ion dan molekul 3.8.2 Menjelaskan macam-macam sifat bahan 3.8.3 Mendeskripsikan pemanfaatan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan sifatnya. 3.8.4 Mendeskripsikan imbas sifat materi terhadap kesehatan | 4 4.8 4.9 4.10 4.11 4.12 4.13 4.8.1 Membuat laporan hasil penyelidikan perihal sifat dan pemanfaatan materi dalam kehidupan sehari-hari. 4.8.2 Membuat karya sederhanan pemanfaatan sifat materi dalam kehidupan sehari-hari |
C. Tujuan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø Memahami model atom,
Ø Memahami model ion
Ø Memahami model molekul
2. PertemuanKedua
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø Menjelaskan bagian-bagian Memahamimodel atom, ion dan molekul
Ø Menyebutkan cuilan model atom, ion dan molekul
3. PertemuanKetiga
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø Menjelaskan aneka macam jenis materi serat
Ø Menyebutkan macam-macam materi serat
4. PertemuanKeempat
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø Menyebutkan aneka macam sifat yang dimiliki materi serat
Ø Memahami materi serat berdasarkan sifatnya
5. PertemuanKelima
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø Menyebutkan pemanfaatan materi dalam kehidupan sehari- hari
6. PertemuanKeenam
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø Menjelaskan pengaruh materi berbahaya terhadap kesehatan
Fokus nilai-nilai sikap
1. Tanggung jawab
2. Kedisiplinan
3. Kreatif
D. Materi Pembelajaran Reguler
1. Sifat bahan
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Diskusi, penugasan
F. Media Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet,
5. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 40menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali program pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Ø Pada pertemuan sebelumnya v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Ø Pengertian atom, ion dan molekul Ø Model atom, ion dan molekul v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit |
Kegiatan Inti Orientasi peserta didik kepada masalah | Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini v Membaca (dilakukan di rumah sebelum program pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Ø Pengertian atom, ion dan molekul Ø Model atom, ion dan molekul v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Ø Pengertian atom, ion dan molekul Ø Model atom, ion dan molekul v Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai : Ø Pengertian atom, ion dan molekul Ø Model atom, ion dan molekul untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan peserta didik | Menanya Guru mengatakan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui program belajar, misalnya : v Mengajukan pertanyaan perihal : Ø Pengertian atom, ion dan molekul Ø Model atom, ion dan molekul yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk menerima informasi pemanis perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya: Ø ? | Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | Mengumpulkan informasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Membaca sumber lain selain buku teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel perihal Ø Pengertian atom, ion dan molekul Ø Model atom, ion dan molekul v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau program lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Ø Pengertian atom, ion dan molekul Ø Model atom, ion dan molekul v Aktivitas Ø Peserta didik diminta untuk menganalisis model atom, ion dan molekul v Saling tukar informasi tentang : Ø Pengertian atom, ion dan molekul Ø Model atom, ion dan molekul dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal : Ø Pengertian atom, ion dan molekul Ø Model atom, ion dan molekul v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam program pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal Ø Pengertian atom, ion dan molekul Ø Model atom, ion dan molekul v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, balasan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: …… v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari program mengamati dan program mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan santunan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Ø Pengertian atom, ion dan molekul Ø Model atom, ion dan molekul v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Ø Pengertian atom, ion dan molekul Ø Model atom, ion dan molekul | | 90 menit |
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam program pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap program yang sudah dilaksanakan.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan program tindak lanjut dalam bentuk peran kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
| 15 menit |
2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali program pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Ø Pengertian atom, ion dan molekul Ø Model atom, ion dan molekul v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Ø Bagian-bagian atom ion dan molekul Ø Sifat-sifat atom, ion dan molekul v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 10 menit |
Kegiatan Inti Orientasi peserta didik kepada masalah | Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini v Mengamati lembar kerja, santunan contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan materi v Membaca (dilakukan di rumah sebelum program pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Ø Bagian-bagian atom ion dan molekul Ø Sifat-sifat atom, ion dan molekul v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Ø Bagian-bagian atom ion dan molekul Ø Sifat-sifat atom, ion dan molekul v Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai : Ø Bagian-bagian atom ion dan molekul Ø Sifat-sifat atom, ion dan molekul untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan peserta didik | Menanya Guru mengatakan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui program belajar, misalnya : v Mengajukan pertanyaan perihal : Ø Bagian-bagian atom ion dan molekul Ø Sifat-sifat atom, ion dan molekul yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk menerima informasi pemanis perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya: Ø ? | Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | Mengumpulkan informasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Membaca sumber lain selain buku teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel perihal Ø Bagian-bagian atom ion dan molekul Ø Sifat-sifat atom, ion dan molekul v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau program lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Ø Bagian-bagian atom ion dan molekul Ø Sifat-sifat atom, ion dan molekul v Berdidkusi Ø Peserta didik melakukan diskusi kelas mengenai bagia-bagian dan sifat atom, kemudian mengatakan hasilnya v Saling tukar informasi tentang : Ø Bagian-bagian atom ion dan molekul Ø Sifat-sifat atom, ion dan molekul dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal : Ø Bagian-bagian atom ion dan molekul Ø Sifat-sifat atom, ion dan molekul v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam program pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal Ø Bagian-bagian atom ion dan molekul Ø Sifat-sifat atom, ion dan molekul v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, balasan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: …… v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari program mengamati dan program mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan santunan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Ø Bagian-bagian atom ion dan molekul Ø Sifat-sifat atom, ion dan molekul v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Ø Bagian-bagian atom ion dan molekul Ø Sifat-sifat atom, ion dan molekul | | 60 menit |
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam program pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap program yang sudah dilaksanakan.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan program tindak lanjut dalam bentuk peran kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
| 10 menit |
3. Pertemuan Ke-3 ( 3 x 40menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali program pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Ø Bagian-bagian atom ion dan molekul Ø Sifat-sifat atom, ion dan molekul v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Ø Model materi serat Ø Macam-macam materi serat v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit |
Kegiatan Inti Orientasi peserta didik kepada masalah | Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini v Membaca (dilakukan di rumah sebelum program pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Ø Model materi serat Ø Macam-macam materi serat v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Ø Model materi serat Ø Macam-macam materi serat v Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai : Ø Model materi serat Ø Macam-macam materi serat untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan peserta didik | Menanya Guru mengatakan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui program belajar, misalnya : v Mengajukan pertanyaan perihal : Ø Model materi serat Ø Macam-macam materi serat yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk menerima informasi pemanis perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya: Ø ? | Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | Mengumpulkan informasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Membaca sumber lain selain buku teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel perihal Ø Model materi serat Ø Macam-macam materi serat v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau program lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Ø Model materi serat Ø Macam-macam materi serat v Aktivitas Ø Peserta didik diminta untuk mencari aneka macam macam materi serat, kemudian analisa berbedaan dari aneka macam materi serat yang diperoleh tersebut v Saling tukar informasi tentang : Ø Model materi serat Ø Macam-macam materi serat dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal : Ø Model materi serat Ø Macam-macam materi serat v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam program pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal Ø Model materi serat Ø Macam-macam materi serat v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, balasan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: …… v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari program mengamati dan program mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan santunan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Ø Model materi serat Ø Macam-macam materi serat v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Ø Model materi serat Ø Macam-macam materi serat | | 90 menit |
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam program pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap program yang sudah dilaksanakan.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan program tindak lanjut dalam bentuk peran kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
| 15 menit |
4. Pertemuan Ke-4 ( 2 x 40menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali program pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Ø Model materi serat Ø Macam-macam materi serat v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Ø Bagian-bagian materi serat Ø Sifat-sifat materi serat v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 10 menit |
Kegiatan Inti Orientasi peserta didik kepada masalah | Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik dengan cara : v Membaca (dilakukan di rumah sebelum program pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Ø Bagian-bagian materi serat Ø Sifat-sifat materi serat v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Ø Bagian-bagian materi serat Ø Sifat-sifat materi serat v Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai : Ø Bagian-bagian materi serat Ø Sifat-sifat materi serat untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan peserta didik | Menanya Guru mengatakan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui program belajar, misalnya : v Mengajukan pertanyaan perihal : Ø Bagian-bagian materi serat Ø Sifat-sifat materi serat yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk menerima informasi pemanis perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya: Ø ? | Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | Mengumpulkan informasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Membaca sumber lain selain buku teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel perihal Ø Bagian-bagian materi serat Ø Sifat-sifat materi serat v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau program lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Ø Bagian-bagian materi serat Ø Sifat-sifat materi serat v Berdiskusi Ø Peserta didik diminta untuk mendiskusikan dampak penerapan bioteknologi bagi sosial dan ekonomsifat-sifat fisik materi serat v Saling tukar informasi tentang : Ø Bagian-bagian materi serat Ø Sifat-sifat materi serat dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal : Ø Bagian-bagian materi serat Ø Sifat-sifat materi serat v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam program pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal Ø Bagian-bagian materi serat Ø Sifat-sifat materi serat v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, balasan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: …… v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari program mengamati dan program mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan santunan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Ø Bagian-bagian materi serat Ø Sifat-sifat materi serat v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Ø Bagian-bagian materi serat Ø Sifat-sifat materi serat | | 60 menit |
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam program pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap program yang sudah dilaksanakan.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan program tindak lanjut dalam bentuk peran kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
| 10 menit |
5. Pertemuan Ke-5 ( 3 x 40menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali program pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Ø Bagian-bagian materi serat Ø Sifat-sifat materi serat v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Ø Pemanfaatan materi dalam kehidupan sehari-hari v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit |
Kegiatan Inti Orientasi peserta didik kepada masalah | Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini v Membaca (dilakukan di rumah sebelum program pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Ø Pemanfaatan materi dalam kehidupan sehari-hari v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Ø Pemanfaatan materi dalam kehidupan sehari-hari v Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai : Ø Pemanfaatan materi dalam kehidupan sehari-hari untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan peserta didik | Menanya Guru mengatakan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui program belajar, misalnya : v Mengajukan pertanyaan perihal : Ø Pemanfaatan materi dalam kehidupan sehari-hari yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk menerima informasi pemanis perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya: Ø ? | Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | Mengumpulkan informasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Membaca sumber lain selain buku teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel perihal Ø Pemanfaatan materi dalam kehidupan sehari-hari v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau program lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Ø Pemanfaatan materi dalam kehidupan sehari-hari v Berdikusi Ø Peserta didik diminta untuk mendiskusikan materi dalam kehidupan sehari-hari v Saling tukar informasi tentang : Ø Pemanfaatan materi dalam kehidupan sehari-hari dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal : Ø Pemanfaatan materi dalam kehidupan sehari-hari v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam program pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal Ø Pemanfaatan materi dalam kehidupan sehari-hari v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, balasan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: …… v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari program mengamati dan program mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan santunan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Ø Pemanfaatan materi dalam kehidupan sehari-hari v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Ø Pemanfaatan materi dalam kehidupan sehari-hari | | 90 menit |
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam program pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap program yang sudah dilaksanakan.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan program tindak lanjut dalam bentuk peran kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
| 15 menit |
6. Pertemuan Ke-6 ( 2 x 40menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali program pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Ø Pemanfaatan materi dalam kehidupan sehari-hari v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Ø Pengaruh materi berbahaya terhadap kesehatan v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 10 menit |
Kegiatan Inti Orientasi peserta didik kepada masalah | Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik dengan cara : v Membaca (dilakukan di rumah sebelum program pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Ø Pengaruh materi berbahaya terhadap kesehatan v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Ø Pengaruh materi berbahaya terhadap kesehatan v Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai : Ø Pengaruh materi berbahaya terhadap kesehatan untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan peserta didik | Menanya Guru mengatakan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui program belajar, misalnya : v Mengajukan pertanyaan perihal : Ø Pengaruh materi berbahaya terhadap kesehatan yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk menerima informasi pemanis perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya: Ø ? | Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | Mengumpulkan informasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Membaca sumber lain selain buku teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel perihal Ø Pengaruh materi berbahaya terhadap kesehatan v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau program lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Ø Pengaruh materi berbahaya terhadap kesehatan v Diskusi Ø Peserta didk diminta untuk melakukan dikusi kelompk mengenai dampak materi berbahaya terhadap kesehatan v Saling tukar informasi tentang : Ø Pengaruh materi berbahaya terhadap kesehatan dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal : Ø Pengaruh materi berbahaya terhadap kesehatan v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam program pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal Ø Pengaruh materi berbahaya terhadap kesehatan v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, balasan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: …… v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari program mengamati dan program mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan santunan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Ø Pengaruh materi berbahaya terhadap kesehatan v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Ø Pengaruh materi berbahaya terhadap kesehatan | | 60 menit |
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam program pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap program yang sudah dilaksanakan.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan program tindak lanjut dalam bentuk peran kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
| 10 menit |
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Ø Mempelajari buku teks dan sumber lain perihal materi pokok
Ø Menyimak tayangan/demo perihal materi pokok
Ø Menyelesaikan peran yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Ø Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
1. Pertemuan Pertama (Terlampir)
2. Pertemuan Kedua (Terlampir)
3. Pertemuan Ketiga (Terlampir)
4. Pertemuan Keempat (Terlampir)
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
v Remedial sanggup diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua cuilan : remedial alasannya ialah yaitu belum mencapai KKM dan remedial alasannya ialah yaitu belum mencapai Kompetensi Dasar
v Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan mengatakan peran bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
Ø Membuat karya dari materi serat
b. Pengayaan
v Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai komitmen dengan peserta didik.
v Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
Ø Menyelidiki bagian-bagian ato,
……………, Januari 2019
Mengetahui
Kepala SMPN/S Guru Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Catatan Kepala Sekolah
link download
demikian artikel singkat tentang RPP sifat materi atom ion dan molekul kurikulum 2013 semoga bermanfaat
Belum ada Komentar untuk "Rpp Sifat Materi Atom,Ion Dan Molekul Kurikulum 2013"
Posting Komentar