Materi proses dan produk teknologi ramah lingkungan adalah di ajarkan pada jenjang SMP kelas 9 semester 2. Materi ini banyak menggunakan hafalan sehingga terkadang anak anak didik kita merasa bosan pada pelajaran IPa Biologi untuk karena itu mari kita sebagai pendidik profesional alangkah baiknya menyusun strategi pembelajaran yang bisa mengaktifkan siswa. silakan anda review Rpp Proses produk teknologi ramah lingkungan Kurikulum 2013 edisi revisi 2019 terbaru.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran :IPA
Kelas /Semester : IX/ Genap
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi : Proses dan Produk Teknologi Ramah Lingkungan
Alokasi Waktu : 10JP (4Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
No | Kompetensi Inti |
1 | Menghargai dan menghayati anutan agama yang dianutnya |
2 | Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
3 | Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
4 | Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah absurd (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. |
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
No | Kompetensi Dasar (KD) | Kompetensi Dasar (KD) |
1 | 3.10 Menganalisisproses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan | 4.10 Menyajikankarya tentangproses dan produk teknologi sederhanayang ramah lingkungan |
2 | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3 | 3 3.1 3.2 3.3 3.4 3.5 3.6 3.7 3.8 3.9 3.10 3.10.1 Menjelaskan wacana teknologi ramah lingkungan. 3.10.2 Mendeskripsikan wacana produk-produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan. 3.10.3 Mengamati produk dan fungsi teknologi ramah lingkungan | 4 4.1 4.2 4.3 4.4 4 4.6 4.7 4.8 4.9 4.10.1 Mengumpulkan informasi mengenai proses dan produk teknologi ramah lingkungan yang ramah lingkungan. 4.10.2 Membuat laporan hasil karya wacana proses dan produk teknologi sederhana yang ramah lingkungan dan mendiskusikanya dengan teman. |
C. Tujuan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø Memahami pengertian teknologi ramah lingkungan
Ø Menjelaskan prinsip teknologi ramah lingkungan
2. PertemuanKedua
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø Memahami aplikasi teknologi ramh lingkungan
Ø Menyebutkan bidang-bidang teknologi ramah lingkungan
3. PertemuanKetiga
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø Menerapak sikap ekonomis energi dalam kehidupan sehari-hari
4. PertemuanKeempat
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø Mengetahui jenis-jenis teknologi yang todak ramah lingkungan
Ø Menyebutkan teknologi yang todak ramah lingkungan
Fokus nilai-nilai sikap
1. Tanggung jawab
2. Kedisiplinan
3. Kreatif
D. Materi Pembelajaran Reguler
1. Sifat bahan
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Diskusi, penugasan
F. Media Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet,
5. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 40menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali acara pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Ø Pada pertemuan sebelumnya v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Ø Pengertian teknologi ramah lingkungan Ø Prinsip teknologi ramah lingkungan v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. v Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit |
Kegiatan Inti Orientasi peserta didik kepada masalah | Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini v Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Ø Pengertian teknologi ramah lingkungan Ø Prinsip teknologi ramah lingkungan v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Ø Pengertian teknologi ramah lingkungan Ø Prinsip teknologi ramah lingkungan v Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai : Ø Pengertian teknologi ramah lingkungan Ø Prinsip teknologi ramah lingkungan untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan peserta didik | Menanya Guru memperlihatkan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya : v Mengajukan pertanyaan wacana : Ø Pengertian teknologi ramah lingkungan Ø Prinsip teknologi ramah lingkungan yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk menerima informasi embel-embel wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya: Ø ? | Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | Mengumpulkan informasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Membaca sumber lain selain buku teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel wacana Ø Pengertian teknologi ramah lingkungan Ø Prinsip teknologi ramah lingkungan v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau acara lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Ø Pengertian teknologi ramah lingkungan Ø Prinsip teknologi ramah lingkungan v Saling tukar informasi tentang : Ø Pengertian teknologi ramah lingkungan Ø Prinsip teknologi ramah lingkungan dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana : Ø Pengertian teknologi ramah lingkungan Ø Prinsip teknologi ramah lingkungan v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana Ø Pengertian teknologi ramah lingkungan Ø Prinsip teknologi ramah lingkungan v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, akhir dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: …… v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan santunan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Ø Pengertian teknologi ramah lingkungan Ø Prinsip teknologi ramah lingkungan v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan : Ø Pengertian tanah Ø Sifat fisika tanah Ø Sifat kimia tanah | | 90 menit |
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap acara yang sudah dilaksanakan.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan acara tindak lanjut dalam bentuk peran kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
| 15 menit |
2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali acara pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Ø Pengertian teknologi ramah lingkungan Ø Prinsip teknologi ramah lingkungan v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Ø Aplikasi teknologi ramah lingkungan v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. v Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 10 menit |
Kegiatan Inti Orientasi peserta didik kepada masalah | Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini v Mengamati lembar kerja, dukungan contoh-contoh materi/soal untuk sanggup dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan materi v Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Ø Aplikasi teknologi ramah lingkungan v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Ø Aplikasi teknologi ramah lingkungan v Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai : Ø Aplikasi teknologi ramah lingkungan untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan peserta didik | Menanya Guru memperlihatkan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya : v Mengajukan pertanyaan wacana : Ø Aplikasi teknologi ramah lingkungan yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk menerima informasi embel-embel wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya: Ø ? | Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | Mengumpulkan informasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Membaca sumber lain selain buku teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel wacana Ø Aplikasi teknologi ramah lingkungan v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau acara lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Ø Aplikasi teknologi ramah lingkungan v Saling tukar informasi tentang : Ø Aplikasi teknologi ramah lingkungan dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana : Ø Aplikasi teknologi ramah lingkungan v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana Ø Aplikasi teknologi ramah lingkungan v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, akhir dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: …… v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan santunan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Ø Aplikasi teknologi ramah lingkungan v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan : Ø Aplikasi teknologi ramah lingkungan | | 60 menit |
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap acara yang sudah dilaksanakan.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan acara tindak lanjut dalam bentuk peran kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
| 10 menit |
3. Pertemuan Ke-3 ( 3 x 40menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali acara pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Ø Aplikasi teknologi ramah lingkungan v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Ø Perilaku ekonomis energi dalam keseharian v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. v Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit |
Kegiatan Inti Orientasi peserta didik kepada masalah | Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini v Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Ø Perilaku ekonomis energi dalam keseharian v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Ø Perilaku ekonomis energi dalam keseharian v Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai : Ø Perilaku ekonomis energi dalam keseharian untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan peserta didik | Menanya Guru memperlihatkan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya : v Mengajukan pertanyaan wacana : Ø Perilaku ekonomis energi dalam keseharian yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk menerima informasi embel-embel wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya: Ø ? | Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | Mengumpulkan informasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Membaca sumber lain selain buku teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel wacana Ø Perilaku ekonomis energi dalam keseharian v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau acara lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Ø Perilaku ekonomis energi dalam keseharian v Saling tukar informasi tentang : Ø Perilaku ekonomis energi dalam keseharian dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana : Ø Perilaku ekonomis energi dalam keseharian v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana Ø Perilaku ekonomis energi dalam keseharian v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, akhir dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: …… v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan santunan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Ø Perilaku ekonomis energi dalam keseharian v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan : Ø Perilaku ekonomis energi dalam keseharian | | 90 menit |
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap acara yang sudah dilaksanakan.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan acara tindak lanjut dalam bentuk peran kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
| 15 menit |
4. Pertemuan Ke-4 ( 2 x 40menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali acara pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Ø Perilaku ekonomis energi dalam keseharian v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan gambaran wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan sanggup menjelaskan tentang: Ø Teknologi tidak ramah lingkungan v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. v Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 10 menit |
Kegiatan Inti Orientasi peserta didik kepada masalah | Mengamati Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik dengan cara : v Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Ø Teknologi tidak ramah lingkungan v Mendengar pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan Ø Teknologi tidak ramah lingkungan v Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai : Ø Teknologi tidak ramah lingkungan untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan peserta didik | Menanya Guru memperlihatkan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya : v Mengajukan pertanyaan wacana : Ø Teknologi tidak ramah lingkungan yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk menerima informasi embel-embel wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya: Ø ? | Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | Mengumpulkan informasi Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Membaca sumber lain selain buku teks, mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel wacana Ø Teknologi tidak ramah lingkungan v Mengumpulkan informasi Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau acara lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu Ø Teknologi tidak ramah lingkungan v Saling tukar informasi tentang : Ø Teknologi tidak ramah lingkungan dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Mengkomunikasikan Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana : Ø Teknologi tidak ramah lingkungan v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana Ø Teknologi tidak ramah lingkungan v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | Mengasosiasikan Peserta didik menganalisa masukan, akhir dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: …… v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan santunan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai Ø Teknologi tidak ramah lingkungan v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan : Ø Teknologi tidak ramah lingkungan | | 60 menit |
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap acara yang sudah dilaksanakan.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan acara tindak lanjut dalam bentuk peran kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya
| 10 menit |
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Ø Mempelajari buku teks dan sumber lain wacana materi pokok
Ø Menyimak tayangan/demo wacana materi pokok
Ø Menyelesaikan peran yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Ø Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
1. Pertemuan Pertama (Terlampir)
2. Pertemuan Kedua (Terlampir)
3. Pertemuan Ketiga (Terlampir)
4. Pertemuan Keempat (Terlampir)
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
v Remedial sanggup diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua pecahan : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memperlihatkan peran bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
Ø Mencara informasi mengenai aneka macam teknologi ramah lingkungan serta aplikasinya
b. Pengayaan
v Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
Ø Menyelidiki dampak teknologi tidak ramah lingkungan terhadap lingkungan alam,
……………, Januari 2019
Mengetahui
Kepala SMPN/S Guru Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Catatan Kepala Sekolah
...................................................................................................................................................................
link download
demikian artikel tentang Rpp Proses produk teknologi ramah lingkungan KK2013 semoga bermanfaat.
Belum ada Komentar untuk "Rpp Proses Produk Teknologi Ramah Lingkungan Kk2013"
Posting Komentar