Rpp Persamaan Garis Lurus Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2019
Rpp Persamaan Garis lurus kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2019
Persamaan garis lurus adalah materi pelajaran matematika yang di ajarkan atau termuat pada kurikulum 2013 edisi revisi 2019 pada kelas 8 semester 1. Untuk mengatakan pembelajaran yang menarik dan mampu diterapkan dengan baik maka perlu di buat planning pelaksanaan pembelajaran yang baik pula. Untuk memfasilitasi bapak ibu dalam kaitan dengan pembuatan perencanaan pembelajaran tersebut kali ini akan kami bagikan Rpp Persamaan Garis lurus kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2019.
Rpp Persamaan Garis lurus kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2019 ini adalah hasil karya dari rekan rekan musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kabupaten Grobogan. Tampilan cuplikan dari RPP ini adalah sebagai berikut.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMPN 4 Satu Atap Karangrayung
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII / Ganjil
Materi Pokok : Persamaan Garis Lurus
Alokasi Waktu : 3 Minggu x 5 Jam Pelajaran @40 Menit
A. Kompetensi Inti
· KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
· KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
· KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
|
B. Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
· Memahami cara membuat tabel persamaan garis lurus
· Menentukan titik potong terhadap sumbu x dan sumbu y
· Memahami cara membuat pasangan berurutan
· Menggambar Persamaan Garis Lurus
· Memahami definisi kemiringan garis lurus
· Memahami definisi kemiringan persamaan garis lurus
· Menjelaskan cara mengambar grafik melalui titik-titik koordinat.
· Menjelaskan cara mengambar grafik melalui titik potong sumbu
· Menyajikan hasil pembelajaran persamaan garis lurus
· Menyelesaikan masalah yang terkait dengan persamaan garis lurus
D. Materi Pembelajaran
Persamaan Garis Lurus
• Kemiringan
• Persamaan garis lurus
• Titik potong garis
• Kedudukan dua garis
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model : Discovery Based Learning
3. Metode : Demonstrasi
F. Media Pembelajaran
1. Laptop
2. LCD
3. Power Point
4. Internet
G. Sumber Belajar
1. As’ari, Abdur Rahman, dkk.. (2017). Matematika Jilid I untuk SMP Kelas VIII. Edisi Revisi 2017.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Internet
|
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama (2 x 40 Menit) | |||
| | Pemberian materi Tokoh Persamaan Garis Lurus oleh guru. v Menyimak Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi : Ø Tokoh Persamaan Garis Lurus untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. | |
Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : v Mengajukan pertanyaan tentang materi : Ø Tokoh Persamaan Garis Lurus yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. | ||
Data collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian Mengamati dengan seksama materi Tokoh Persamaan Garis Lurus yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. v Membaca sumber lain selain buku teks Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Tokoh Persamaan Garis Lurus yang sedang dipelajari. v Aktivitas Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Tokoh Persamaan Garis Lurus yang sedang dipelajari. v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Tokoh Persamaan Garis Lurus yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: v Mendiskusikan Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Tokoh Persamaan Garis Lurus . v Mengumpulkan informasi Mencatat semua informasi tentang materi Tokoh Persamaan Garis Lurus yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. v Mempresentasikan ulang Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Tokoh Persamaan Garis Lurus sesuai dengan pemahamannya. v Saling tukar informasi tentang materi : Ø Tokoh Persamaan Garis Lurus dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. | ||
Data processing | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
1 . Pertemuan Pertama (2 x 40 Menit) | |||
| (pengolahan Data) | Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : v Berdiskusi tentang data dari Materi : Ø Tokoh Persamaan Garis Lurus v Mengolah informasi dari materi Tokoh Persamaan Garis Lurus yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Tokoh Persamaan Garis Lurus . | |
Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : Ø Tokoh Persamaan Garis Lurus antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. | ||
Generalization (menarik kesimpulan) | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Tokoh Persamaan Garis Lurus berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Ø Tokoh Persamaan Garis Lurus v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Tokoh Persamaan Garis Lurus dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. v Bertanya atas presentasi tentang materi Tokoh Persamaan Garis Lurus yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. CREATIVITY (KREATIVITAS) v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : Ø Tokoh Persamaan Garis Lurus v Menjawab pertanyaan tentang materi Tokoh Persamaan Garis Lurus yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Tokoh Persamaan Garis Lurus yang akan selesai dipelajari v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Tokoh Persamaan Garis Lurus yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. | ||
Catatan : Selama pembelajaran Tokoh Persamaan Garis Lurus berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | |||
Kegiatan Penutup (15 Menit) | |||
Peserta didik : v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Tokoh Persamaan Garis Lurus yang baru dilakukan. v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Tokoh Persamaan Garis Lurus yang baru diselesaikan. v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Tokoh Persamaan |
Bapak ibu kami hanya mengatakan cuplikan artinya hanya sedikit belahan yang kami berikan namun biar anda mampu membaca versi lengkapnya sesudah download file pada link sebagai berikut.
Demikian artikel tentang Rpp Persamaan Garis lurus kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2019 biar bisa bermanfaat untuk kepentingan peningkatan pembelajaran.
Belum ada Komentar untuk "Rpp Persamaan Garis Lurus Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2019"
Posting Komentar