Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri, Dan Teladan Paragraf Persuasi

Pengertian, Jenis, Ciri-ciri, dan Contoh Paragraf Persuasi - Paragraf persuasif atau persuasi merupakan sebuah paragraf yang memiliki isi memberi bujukan dan seruan untuk pembacanya semoga memiliki anutan yang sama, mengikuti dan melakukan apa yang sudah dituliskan oleh penulis didalam paragraf persuasi. Dengan kata lain paragraf ini memiliki arti tersirat bahwa setiap asumsi dan pemahaman manusia ihwal pendapat, pandangan dan manusia sewaktu-waktu mampu berubah dikarenakan faktor tertentu.

Pada dasarnya pengertian paragraf persuasi menurut para andal adalah sama mengarah menuju pengetian umum yakni paragraf persuasi adalah paragraf yang bersifat mengajak dan mempengaruhi pembacanya lewat kalimat-kalimat seruan dan propaganda. Sedangkan rujukan paragraf persuasi sendiri mampu dengan simpel anda temukan dalam kehidupan sehari-hari menyerupai di media masa, koran televisi hingga internet sekalipun kerap memunculkan rujukan paragraf persuasi tanpa kita sadari.
 atau persuasi merupakan sebuah paragraf yang memiliki isi memberi bujukan dan seruan untu  Pengertian, Jenis, Ciri-ciri, dan Contoh Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi memiliki tujuan utnuk mepengaruhi dengan cara mengatakan bujukan pada pembacanya semoga setiap orang yang membaca mempercayai dan melakukan apa yang disampaikan oleh sang penulis didalam paragraf tersebut. Untuk mempengaruhi pembacanya, paragraf ini dilengkapi dengan fakta, data-data yang bersifat berpengaruh dan bukti-bukti. Didalam paragraf persuasi anda akan sering menjumpai kata yang bersifat mengajak atau sekedar memberi saran rekomendasi menyerupai "Ayo", "Lakukanlah", "Sebaiknya", "Mari" dan lain sebagainya. Maka dari itu paragraf persuasi sangat cocok untuk dijadikan sebagai paragraf penyusun teks iklan yang bersifat propaganda atau memberi himbauan.

Pengertian, Jenis, Ciri-ciri, dan Contoh Paragraf Persuasi

Untuk mengidentifikasi paragraf ini sangat simpel dilakukan dengan melihan struktur dan maksud dari teks atau paragraf itu sendiri. Jika paragraf tersebut bersifat mengajak maka mampu dipastikan itu merupakan paragraf persuasi. Contoh paragraf ini pada dasarnya mampu anda temukan dalam kehidupan sehari-hari menyerupai saat anda sedang melihat jalan masuk televisi dan terdapat iklan maka itulah yang dinamakan persuasif.

Pengertian Paragaraf Persuasi
Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa paragraf persuasi adalah jenis paragraf yang bersifat mengajak, menghimbau, dan mempengaruhi dengan mencantumkan fakta, bukti, dan kalimat ajakan.

Ciri-ciri paragraf persuasi
Dari pernyataan yang sudah saya jelaskan di atas mampu disumpulkan bahwa ciri-ciri paragraf persuasi adalah sebagai berikut:

  1. Paragraf ini disertai alasan yang kuat, fakta, dan bukti untuk memperkuat bujukan.
  2. Memiliki kalimat yang bersifat mengajak pembacanya untuk melakukan apa yang sudah dituliskan dalam paragraf.
  3. Terdapat kata-kata menyerupai ayo, marilah, sebaiknya, dan lain sebagainya untuk mempengaruhi pembaca.
  4. Paragraf persuasi umumnya akan menghindari kemungkinan adanya konflik semoga pembacanya merasa dimanjakan.

Karena memiliki ciri-ciri tersebut, Paragraf persuasi banyak dijadikan dan diterapkan sebagai teks iklan dalam media masa baik itu online maupun media cetak dengan impian orang yang membaca dan mendengar paragraf ini mampu berpikiran sama dengan penulis.

Contoh paragraf persuasi:
Makanan merupakan kebutuhan primer manusia yang tidak akan pernah mampu digantikan hingga kapanpun. Makanan membantu manusia untuk tumbuh dan berkembang, Makanan yang mengandung banyak nutrisi dan gizi menyerupai Roti Baker merupakan jenis masakan yang sesuai untuk dijadikan sarapan sehari-hari anda. Roti Baker memiliki terbuat dari gandum yang kaya akan karbohidrat sebagai sumber tenaga anda untuk melakukan program sehari-hari. Ayo belilah Roti Baker ditoko roti terdekat dan rasakan kenikmatan sarapan tiada duanya.

Jenis-jenis  paragraf persuasi
Paragraf persuasi mampu dibedakan menjadi 4 jenis menurut fungsi dan peranannya yakni pendidikan, politik, advertising (periklanan) dan propaganda.

Paragraf Persuasi Pendidikan
Paragraf persuasi jenis ini umum digunakan untuk kepentingan pendidikan menyerupai instansi, lembaga universitas dan lain sebagainya. Umumnya paragraf ini berisi himbauan, motivasi, dan seruan untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya hingga jenjang perguruan tinggi tinggi. Tidak jarang juga guru menggunakan kalimat persuasif jenis pendidikan untuk memotivasi muridnya semoga giat belajar.

Contoh Paragraf Persuasi Pendidikan:
Pendidikan merupakan hal penting yang harus dirasakan oleh anak cucu kita. Hal ini dikarenakan pendidikan juga menjadi faktor penentu suksesnya seseorang di masa depan. Pendidikan mampu bersifat formal yakni dilakukan disekolah dan universitas atau bersifat non-formal yang umumnya dilakukan di lembaga keterampilan atau kursus-kursus setempat. Dengan giat berguru dan memanfaatkan kemudahan pendidikan gratis yang diberikan pemerintah kita mampu mengeyam pendidikan tanpa harus takut mengeluarkan biaya lebih. Maka dari itu marilah kita tingkatkan tingkat dan kualitas pendidikan yang kita miliki semoga di masa depan kita memiliki kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya.

Paragraf Persuasi Politik
Paragraf ini memiliki tujuan yakni untuk mempengaruhi sekaligus mengajak pembacanya untuk berpikiran sama atau masuk kedalam dunia politik. Paragraf persuasi jenis ini kerap kali digunakan oleh politikus pada saat pemilihan anggota pemerintahan yang bertujuan untuk kepentingan partai politik tertentu.

Contoh Paragraf Persuasi Politik
Tidak lama lagi kita akan menginjak tanggal diadakannya pesta pemilihan wakil rakyat. Ayo kita gunakan hak pilih yang kita memiliki untuk membangun indonesia yang lebih baik dan lebih maju. Jangan hingga hak pilih yang anda miliki terbuang sia-sia bahkan dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk kepentingan lain. Oleh alasannya adalah itu teman-teman, saudara sebangsa dan setanah air saya mengajak untuk menggunakan hak pilih kita untuk memilih presiden yang benar.

Paragraf Persuasi Advertising (Periklanan)
Paragraf persuasi yang satu ini digunakan untuk tujuan yang bersifat komersil yakni sebagai media iklan yang dibuat oleh produsen tertentu. Teks dan paragraf ini biasanya digunakan untuk mempromosikan produk produk baru atau untuk meningkatkan rating suatu produk. Persuasi advertising bertujuan untuk memikat pendengar semoga membeli produk yang diiklankan. Bahasa yang digunakan juga terkesan lugas dan mengajak secara halus. Sehingga tidak sedikit pula yang terpengaruh oleh paragraf persuasi jenis ini.

Contoh Paragraf Persuasi Advertising:
Susu merupakan penyumbang kalsium tertinggi untuk tubuh kita. Untuk mencapai masa pertumbuhan yang maksimal kita harus meminum susu yang kaya akan kalsium. Susu Sehat merupakan susu tinggi kalsium dan rendah lemak pertama di Indonesia yang telah diproduksi sejak tahun 1990. Ayo penuhi kebutuhan kalsium anda dan milikilah bentuk tubuh impian anda. Tingga enggak harus gendut.

Paragraf Persuasi Propaganda
Paragraf jenis ini memiliki tujuan yang sederhana yakni merubah rujukan pikir pembacanya semoga percaya dan satu memikiran dengan apa yang disampaika oleh penulis. Paragraf ini sangat simpel ditemui dalam novel maupun majalah yang umumnya mengatakan informasi.

Contoh:
Manusa merupakan makhuk sosial yang tidak mampu hidup tanpa manusia lain. Maksud dari kalimat tersebut adalah setiap manusia hidup saling memiliki rasa ketergantungan dan membutuhkan manusia lain dalam kehidupannya. Maka dari itu sebagai manusia sekaligus makhuk sosial kita harus saling menghormati dan menghargai perbedaan antar agama, ras, dan suku. Pada dasarnya kita adalah sama yakni anak bangsa, bangsa Indonesia. Mari kita pundak membahu dan hidup dalam kesinambungan semoga tercipta Indonesia yang damai dan aman.

Itulah artikel tentang Pengertian, Jenis, Ciri-ciri, dan Contoh Paragraf Persuasi yang mampu saya sampaikan saat ini. Pada artikel selanjutnya kita akan membahas lebih dalam ihwal rujukan paragraf persuasi secara mendalam. Hal yang harus anda ingat adalah bahwa pengertian paragaraf persuasi adalah paragraf yang memberi seruan dan bujukan, sedangkan rujukan paragaraf persuasi mampu anda temukan dala teks iklan maupun sosialisasi yang bersifat mengajak.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri, Dan Teladan Paragraf Persuasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel