Sifat Bayangan Cermin Datar, Cermin Cekung, Dan Cermin Cembung

Sifat Bayangan Cermin Datar, Cermin Cekung, dan Cermin Cembung - Cermin yaitu sesuatu yang memiliki permukaan licin dan menghasilkan pantulan bayangan benda yang sempurna. Cermin sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari bahkan cermin juga banyak dicari dalam kalangan masyarakat. Ketika kita dibangku sekolah tentunya sudah diajarkan mengenai cermin dan pembentukan bayangannya. Cermin tersebut mampu dibagi menjadi tiga jenis yaitu cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung. Sifat bayangan cermin datar berbeda dengan sifat bayangan cermin cekung dan sifat bayangan cermin cembung.

Ketiga jenis cermin ini memiliki sifat bayangan masing masing lantaran yaitu memiliki permukaan yang berbeda beda. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas wacana sifat bayangan cermin datar, sifat bayangan cermin cekung dan sifat bayangan cermin cembung. Untuk lebih jelasnya mampu anda simak di bawah ini.

Sifat Bayangan Cermin Datar, Cermin Cekung, dan Cermin Cembung

Dibawah ini terdapat sifat bayangan cermin datar, sifat bayangan cermin cekung dan sifat bayangan cermin cembung. Berikut ulasan selengkapnya:
Baca juga : Rumus Pemantulan Bunyi Beserta Contoh Soalnya

Cermin Datar

Cermin datar yaitu jenis cermin yang memiliki permukaan yang datar dan berbentuk garis lurus. Pada cermin datar terdapat bayangan benda yang panjang dan lebarnya sama persis dengan benda aslinya. Jarak antara benda dengan cermin juga sama dengan jarak cermin dengan bayangannya. Kita mampu menjumpai cermin datar dikehidupan sehari hari misalnya cermin rias. 
Cermin yaitu sesuatu yang memiliki permukaan licin dan menghasilkan pantulan bayangan ben Sifat Bayangan Cermin Datar, Cermin Cekung, dan Cermin Cembung
Sifat Bayangan Cermin Datar
Berikut sifat bayangan cermin datar yang meliputi :
  1. Bayangannya maya.
  2. Tinggi bayangan sama dengan tinggi objek.
  3. Ukuran bayangan sama dengan ukuran objek.
  4. Bersifat tegak.
  5. Sifat bayangan terbalik.
  6. Jarak benda dan jarak bayangannya sama.

Cermin Cekung

Cermin cekung yaitu jenis cermin yang memiliki permukaan berbentuk lengkungan kedalam atau cekung. Jarak tengah cermin akan terlihat lebih jauh dari pada pecahan tepi cermin. Cermin cekung juga memiliki titik imajiner yang jaraknya sama dengan setiap titik pada permukaan cermin cekung. Kita mampu menjumpai acuan cermin cekung dikehidupan sehari hari menyerupai pemantulan lampu kendaraan, senter, dan lampu sorot tipe tertentu. 
Cermin yaitu sesuatu yang memiliki permukaan licin dan menghasilkan pantulan bayangan ben Sifat Bayangan Cermin Datar, Cermin Cekung, dan Cermin Cembung
Sifat Bayangan Cermin Cekung
Baca juga : Rumus Gelombang Transversal Beserta Contoh Soalnya
Berikut sifat bayangan cermin cekung yaitu :
  1. Bayangannya bersifat tegak, nyata, terbalik dan diperkecil jikalau peletakan objek lebih besar dibandingkan titik fokus cermin cekung.
  2. Bayangannya bersifat tegak, nyata, terbalik dan diperbesar jikalau peletakan objek diantara titik  fokus cermin cekung.

Cermin Cembung

Cermin cembung yaitu jenis cermin yang memiliki permukaan berbentuk lengkungan keluar atau cembung. Jarak tengah cermin akan terlihat lebih dekat dari pada pecahan tepi cermin. Cermin cembung juga memiliki titik imajiner yang jaraknya sama dengan setiap titik pada permukaan cermin dan menjadi pusat kelengkungan cermin. Contoh penggunaan cermin cembung yaitu terdapat pada kaca spion kendaraan.
Cermin yaitu sesuatu yang memiliki permukaan licin dan menghasilkan pantulan bayangan ben Sifat Bayangan Cermin Datar, Cermin Cekung, dan Cermin Cembung
Sifat Bayangan Cermin Cembung
Berikut sifat bayangan cermin cembung yang meliputi:
  1. Bayangannya bersifat maya.
  2. Bersifat tegak.
  3. Bayangan bersifat diperkecil.
Demikianlah penjelasan mengenai sifat bayangan cermin datar, sifat bayangan cermin cekung dan sifat bayangan cermin cembung. Semoga artikel ini mampu bermanfaat. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Sifat Bayangan Cermin Datar, Cermin Cekung, Dan Cermin Cembung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel