Ciri Ciri Masyarakat Nomaden Pada Zaman Prasejarah Lengkap

Ciri Ciri Masyarakat Nomaden Pada Zaman Prasejarah Lengkap - Pada zaman prasejarah terdapat masyarakat yang kehidupannya jauh berbeda menyerupai sekarang ini. Jaman dahulu kawasan tinggal mereka masih berpindah pindah, bahkan segala kebutuhan hidupnya sangat bergantung pada alam. Masyarakat tersebut menggunakan sistem nomaden untuk bertahan hidup. Kehidupan nomaden adalah cara mempertahankan hidup menggunakan sistem berpindah pindah dari satu kawasan menuju kawasan lain. Hal ini dilakukan demi menerima masakan sehari hari. Lalu bagaimana ciri ciri masyarakat nomaden pada zaman prasejarah?
Ciri Ciri Masyarakat Nomaden Pada Zaman Prasejarah Lengkap Ciri Ciri Masyarakat Nomaden Pada Zaman Prasejarah Lengkap
Kehidupaan masyarakat prasejarah menggantungkan hidupnya kepada alam. Pada zaman tersebut masyarakat belum mampu bercocok tanam. Hal inilah yang mendesak mereka untuk mencari masakan terus menerus. Apabila ditempat mereka tinggal sudah tidak memiliki makanan, maka mereka akan berpindah kawasan tinggal lagi untuk memperoleh makanan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa ciri ciri masyarakat nomaden pada zaman prasejarah. Untuk lebih jelasnya mampu anda simak di bawah ini.

Ciri Ciri Masyarakat Nomaden Pada Zaman Prasejarah Lengkap

Masyarakat prasejarah memiliki ciri khas tersendiri dalam mempertahankan hidupnya. Berikut ciri ciri masyarakat nomaden pada zaman prasejarah:
Baca juga : Ciri Ciri Candi Hindu dan Budha Beserta Perbedaannya
  1. Tempat tinggalnya berpindah pindah yaitu dari satu kawasan menuju kawasan lain apabila makanannya telah habis.
  2. Menggantungkan hidupnya kepada alam, terutama dari segi mencari makanan.
  3. Tidak mampu bercocok tanam.
  4. Tidak mampu mengolah materi materi makanan.
  5. Mereka berburu untuk mengumpulkan masakan sehari hari.
  6. Tempat tinggalnya tidak menetap.
  7. Menggunakan alat dari kayu dan kerikil untuk bertahan hidup dan mencari makanan.
Selain ciri diatas, adapula ciri ciri masyarakat nomaden pada zaman prasejarah lainnya menyerupai materi masakan yang diperoleh berupa dedaunan, buah buahan dan umbi umbian. Hal ini dikarenakan pada zaman tersebut masyarakat prasejarah belum mengenal cara bercocok tanam. Kemudian mereka juga makan masakan menyerupai daging, baik daging hewan maupun ikan. Pada dikala itu mereka juga belum mengenal sistem memelihara atau beternak hewan dan ikan. Maka dari itu daging yang diperoleh berasal dari perburuan. 
Baca juga : Sejarah Kejayaan dan Runtuhnya Kerajaan Kutai Beserta Peninggalan dan Rajanya
Ciri ciri masyarakat nomaden pada zaman prasejarah yang paling utama adalah sistem kawasan tinggal yang berpindah pindah. Sistem ini dilakukan untuk bertahan hidup, alasannya yaitu jikalau masakan ditempat tersebut habis maka mereka akan berpindah kawasan lagi yang sumber perburuan dan makanannya banyak. Tempat tinggal masyarakat nomaden berada di goa goa. Kehidupan mereka berkelompok dengan anggota sekitar 10 sampai 15 orang. Mereka saling bekerja sama dan menjaga satu sama lain untuk mampu bertahan hidup. Meski mereka hanya menggunakan alat dari kayu dan kerikil namun alat ini bermanfaat untuk mempertahankan diri dan mencari makanan. Dalam berburu dan mencari makanan, mereka lakukan secara bersama sama.

Demikianlah penjelasan mengenai ciri ciri masyarakat nomaden pada zaman prasejarah. Semoga artikel ini mampu bermanfaat. Terima kasih. 

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Masyarakat Nomaden Pada Zaman Prasejarah Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel