Jenis Jenis Maritim Menurut Kedalaman Dan Letaknya

Jenis Jenis Laut Berdasarkan Kedalaman dan Letaknya - Indonesia dikelilingi oleh lautan yang luas dengan banyak sekali kandungan dan ukuran. Laut maritim Indonesia tersebut juga berpontensi untuk banyak sekali hal dikalangan negara dunia, baik potensi keindahan ataupun potensi adanya ikan. Tidak heran jika Indonesia dikatakan sebagai negara dunia air alasannya ialah yakni daratannya dikelilingi oleh lautan, banyaknya danau maupun sungai. Jenis maritim Indonesia dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan kedalaman maritim dan letak lautnya. Lalu apa saja jenis jenis maritim berdasarkan kedalamannya? Apa saja jenis jenis maritim berdasarkan letaknya?

Indonesia memiliki maritim dengan garis sepanjang pantainya sejauh 81.000 km dan luasnya sekitar 5,6 juta km². Meskipun memiliki lautan yang luas tetapi pemanfaatannya belum maksimal. Hal ini terlihat dari tingkat kemakmuran rakyat yang kurang signifikan. Lautan yang luas ini juga mengakibatkan adanya pencurian ikan diberbagai negara gila bahkan perbatasan maritim negara Indonesia dipergunakan dengan seenaknya oleh negara asing. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan ihwal jenis jenis maritim berdasarkan kedalamannya dan jenis jenis maritim berdasarkan letaknya. Untuk lebih jelasnya mampu anda simak di bawah ini.

Jenis Jenis Laut Berdasarkan Kedalaman dan Letaknya

Bumi dikelilingi dengan lautan yang terbagi menjadi beberapa samudera. Masing masing samudera tersebut saling terhubung satu sama lain. Samudera ini kemudian dibatasi oleh adanya pulau dan benua. Sedangkan luasnya lautan terbagi menjadi beberapa wilayah dan zona tertentu berdasarkan kondisinya. Jenis jenis maritim berdasarkan kedalamannya terbagi menjadi beberapa zona yaitu zona batial, zona lithoral, zona neritik dan zona abisal. Sedangkan jenis jenis maritim berdasarkan letaknya mampu dibagi menjadi beberapa kategori yaitu maritim tepi, maritim pertengahan dan maritim pedalaman. Berikut penjelasan selengkapnya:
Baca juga : Pengertian Sistem Informasi Geografis Beserta Komponennya

Berdasarkan Kedalaman Laut

Jenis Jenis Laut Berdasarkan Kedalaman dan Letaknya Jenis Jenis Laut Berdasarkan Kedalaman dan Letaknya
Hal pertama yang akan saya bahas ialah jenis jenis maritim berdasarkan kedalamannya. Adapun beberapa jenis lautnya yaitu diantaranya:

Zona Lithoral
Jenis maritim berdasarkan kedalamannya yang pertama ialah zona lithoral. Zona lithoral sering disebut zona maritim pasang surut. Zona maritim tersebut memiliki radius yang terdapat pada wilayah pasang dan wilayah surut.

Zona Neritik
Jenis maritim berdasarkan kedalaman selanjutnya ialah zona neritik. Zona neritik sering disebut zona maritim dangkal alasannya ialah yakni kedalamannya kurang dari 200 meter. Zona maritim tersebut berguna sebagai tempat ikan ikan berkumpul dengan bermacam macam keindahan terumbu karang. Maka dari itu zona neritik sering menjadi primadona dalam laut.
Baca juga : Pengertian Gempa Tektonik, Vulkanik dan Runtuhan Lengkap
Zona Batial
Jenis maritim berdasarkan kedalaman selanjutnya yakni maritim dengan kategori zona batial. Zona batial sering disebut sebagai zona maritim dalam. Zona ini memiliki kedalaman antara 200 - 2.000 meter atau 2 km. Zona batial digunakan sebagai tempat tinggal ikan ikan yang besar. Di indonesia zona maritim batial terletak hampir mengelilingi negara.

Zona Abisal
Jenis maritim berdasarkan kedalaman selanjutnya ialah zona abisal. Zona abisal mampu disebut zona maritim sangat dalam. Zona tersebut memiliki kedalaman 2.000 meter lebih. Zona maritim abisal memang minim adanya sinar matahari alasannya ialah yakni sangat dalam, bahkan dilaut tersebut suhunya sangat rendah. Zona ini tidak ditemukan adanya flora alasannya ialah yakni minimnya oksigen. Selain itu binatang binatang yang berada di zona abisal juga cukup sedikit. Contohnya saja jenis ikan angler fish.

Berdasarkan Letak Laut

Jenis Jenis Laut Berdasarkan Kedalaman dan Letaknya Jenis Jenis Laut Berdasarkan Kedalaman dan Letaknya
Selanjutnya saya akan membahas ihwal jenis jenis maritim berdasarkan letaknya. Adapun jenis jenis lautnya yaitu diantaranya:
Baca juga : Bentuk Bentuk Muka Bumi Daratan Dan Perairan
Laut Pedalaman
Jenis maritim berdasarkan letaknya yang pertama ialah maritim pedalaman. Laut pedalaman ialah jenis maritim yang letaknya berada di tengah benua. Contohnya Laut Kaspia yang termasuk dalam danau paling besar di dunia.

Laut Tengah
Jenis maritim berdasarkan letak selanjutnya ialah maritim tengah. Laut tengah ialah jenis maritim yang letaknya berada diantara benua benua. Contohnya Laut Mediteran.

Laut Tepi
Jenis maritim berdasarkan letak selanjutnya ialah maritim tepi. Laut tepi ialah jenis maritim yang letaknya di tepian benua. Contohnya Laut Cina Selatan.

Sekian penjelasan mengenai jenis jenis maritim berdasarkan kedalamannya dan jenis jenis maritim berdasarkan letaknya. Semoga artikel ini mampu menambah wawasan anda. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Jenis Jenis Maritim Menurut Kedalaman Dan Letaknya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel