Rumus Momentum, Impuls Dan Tumbukan Dalam Fisika

Rumus Momentum, Impuls dan Tumbukan Dalam Fisika - Dalam pelajaran Fisika terdapat materi mengenai momentum, impuls dan tumbukan. Lalu apa pengertian momentum? Apa pengertian impuls? Apa pengertian tumbukan? Bagaimana rumus momentum dan Bagaimana rumus impuls ? Bagaimana rumus tumbukan? Bagaimana cara mengerjakan tumpuan soal momentum? Bagaimana cara mengerjakan tumpuan soal impuls? Bagaimana cara mengerjakan tumpuan soal tumbukan? Ketiga materi Fisika tersebut pada dasarnya mampu dihubungkan satu sama lain. Hal ini dikarenakan rumus rumusnya juga saling berhubungan.
 Dalam pelajaran Fisika terdapat materi mengenai momentum Rumus Momentum, Impuls dan Tumbukan Dalam Fisika
Momentum, Impuls, dan Tumbukan Fisika
Rumus pada momentum dan impuls mampu dikaitkan satu sama lain menggunakan rumus aturan newton. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan wacana rumus momentum, rumus impuls, dan rumus tumbukan dalam Fisika. Saya juga akan menyertakan pengertian momentum, pengertian impuls, pengertian tumbukan, tumpuan soal momentum, tumpuan soal impuls, dan tumpuan soal tumbukan. Untuk lebih jelasnya mampu anda simak di bawah ini.

Rumus Momentum, Impuls dan Tumbukan Dalam Fisika

Dalam pembahasan kali ini saya akan membaginya menjadi tiga cuilan yaitu momentum, impuls, dan tumbuhkan. Setiap cuilan berisi wacana pengertian, rumus dan tumpuan soal. Adapun penjelasan mengenai pengertian momentum, pengertian impuls, pengertian tumbukan, rumus momentum, rumus impuls, rumus tumbukan, tumpuan soal momentum, tumpuan soal impuls, dan tumpuan soal tumbukan yaitu sebagai berikut:
Baca juga : Rumus Momentum Sudut, Linier, Gaya dan Dimensi

Momentum

Pengertian momentum adalah perkalian antara kecepatan suatu benda dengan massa bendanya. Momentum termasuk pada besaran turunan dari waktu, massa dan panjang. Adapula yang memberikan momentum sebagai besaran turunan yang tercipta dari benda bergerak yang memiliki massa. Momentum dalam Fisika memiliki lambang abjad "P". Adapun rumus momentumnya yaitu:

Rumus Momentum
P = m x V
Keterangan :
P =  Momentum (kg m/s)
m = Massa Benda (kg)
V = Kecepatan Benda (m/s)

Berdasarkan rumus momentum di atas, kita mampu menyimpulkan bahwa sebuah benda akan memiliki momentum yang semakin besar apabila semakin besar pula kecepatan dan massa bendanya. Jika besar kecepaan dan massanya kecil maka momentumnya akan bernilai kecil juga. Momentum dalam Fisika tersebut mengenal adanya aturan kekekalan momentum. Adapun bunyi aturan kekekalan momentumnya yaitu:

"Besar Momentum akan selalu sama, baik sebelum tumbukan maupun sehabis tumbukan."
 Dalam pelajaran Fisika terdapat materi mengenai momentum Rumus Momentum, Impuls dan Tumbukan Dalam Fisika
Ilustrasi Hukum Kekekalan Momentum
Contohnya dua benda yang memiliki kecepatan dan massa masing masing saling bertumbukan. Kemudian sehabis melakukan tumbukan, kedua benda tadi memiliki besar kecepatan yang tidak sama. Selain rumus momentum, adapula rumus aturan kekekalan momentum yaitu sebagai berikut:
 Dalam pelajaran Fisika terdapat materi mengenai momentum Rumus Momentum, Impuls dan Tumbukan Dalam Fisika
Rumus Hukum Kekekalan Momentum
Selain rumus momentum dan rumus aturan kekekalan momentum di atas. Saya akan membagikan tumpuan soal terkait rumus tersebut agar anda lebih memahami wacana momentum. Berikut tumpuan soal momentumnya:
Baca juga : Hukum Kekekalan Momentum Beserta Contoh Soal
Contoh Soal Momentum
Berapakah besar momentum benda jikalau kecepatannya 36 km/jam dan berat bendanya 80 kg?

Pembahasan
Diketahui : V = 36 km/jam = 36.000 m/3.600 s = 10 m/s; m = 80 kg
Ditanyakan : P = ?
Jawab :
P = m x V
   = 80 x 10
   = 800 kg m/s
Jadi besar momentum pada benda tersebut adalah 800 kg m/s.

Impuls

Pengertian impuls adalah gaya yang bekerja pada sebuah benda dengan waktu tertentu. Contohnya suatu bola ditendang dengan gaya tertentu. Gaya tersebut akan bekerja pada bola dalam waktu yang singkat. Impuls mampu diartikan sebagai hasil kali antara gaya (F) dengan waktu (t) tertentu. Materi Fisika ini memiliki rumus mirip halnya rumus momentum di atas. Adapun rumus impuls yaitu sebagai berikut:

Rumus Impuls
I = F Δt
Keterangan :
I = Impuls (Nt)
F = Gaya (N)
t = Waktu (s)

Selanjutnya saya akan membagikan tumpuan soal terkait rumus impuls mirip halnya pada rumus momentum. Adapun tumpuan soal impulsnya yaitu sebagai berikut:

Contoh Soal Impuls
Joni melakukan tendangan di area pinalti lawan. Jika kaki dan bola bersentuhan dalam waktu 0,10 sekon dan besar gaya tendangannya 250 N. Berapakah besar impulsnya?

Pembahasan
Diketahui : Δt = 0,10 s; F = 250 N
Ditanyakan : I = ?
Jawab :
I = F x Δt
  = 250 x 0,10
  = 25 Nt

Hubungan Momentum dan Impuls
Rumus momentum dan rumus impuls mampu dikaitkan satu sama lain. Hubungan antara momentum dan impuls tersebut mampu dibuktikan menggunakan rumus aturan Newton. Dalam aturan ini terdapat pernyataan yakni sebuah benda yang memiliki gaya sebanding dengan hasil kali antara massa dengan percepatan. Jika dinyatakan dalam bentuk rumus matematis akan menjadi mirip di bawah ini:
F = m x a
Kemudian masukkan rumus aturan newton di atas ke dalam rumus impuls. Maka hasilnya akan menjadi rumus momentum. Berikut pembuktiannya yaitu:
I = F x Δt
I = m x a (t2 - t1)
I = m x (v/t) x (t2 - t1)
I = m v1 - m v2
Berdasarkan kekerabatan rumus momentum dan impuls di atas, mampu kita tarik kesimpulan bahwa:
Baca juga : Rumus Gelombang Elektromagnetik Beserta Contoh Soal
"Impuls yang bekerja pada sebuah benda memiliki besar yang sama dengan benda yang mengalami perubahan momentum."


Tumbukan

Selain rumus momentum dan rumus impuls di atas. Selanjutya saya akan menjelaskan wacana rumus tumbukan. Pengertian tumbukan adalah kejadian kedua benda yang bergerak dan saling bertemu. Kejadian tumbukan tersebut berkaitan dengan aturan kekekalan momentum, namun belum tentu berkaitan dengan aturan kekekalan energi kinetik. Kemungkinan pada saat terjadi tumbukan, energi kinetiknya berkembang menjadi energi panas. Tumbukan dalam Fisika tersebut mampu dibagi menjadi beberapa jenis. Adapun jenis jenis tumbukan Fisika yaitu sebagai berikut:

Tumbukan Lenting Sempurna
Jenis tumbukan dalam Fisika yang pertama adalah tumbukan lenting sempurna. Jenis tumbukan ini mampu terjadi pada dua benda dengan tepat jikalau saat terjadi tumbukan, keduanya tidak kehilangan energi kinetiknya. Sebelum dan sehabis tumbukan akan membuat besar energi kinetiknya sama mirip halnya pada sistem rumus momentum. Apabila dibentuk persamaan maka rumus tumbukan lenting tepat akan menjadi mirip berikut:
V1 + V1' = V2 + V2'
Tumbukan Lenting Sebagian
Jenis tumbukan selanjutnya adalah tumbukan lenting sebagian. Jenis tumbukan ini mampu terjadi pada dua benda dengan sebagian jikalau sehabis tumbukan, terdapat benda yang sebagian kehilangan energi kinetiknya. Masing masing benda akan terlihat kecepatannya sehabis dan sebelum tumbukan menggunakan rumus mirip rumus momentum. Apabila dibentuk persamaan maka rumus tumbukan lenting sebagian akan menjadi mirip berikut:
eV1 + V1 = eV2 + V2
Dalam persamaan di atas, e merupakan koefisien restitusi yang bergerak dengan nilai sekitar 0 - 1. Kita mampu menjumpai tumbukan lenting sebagian dalam kejadian memantulnya bola bekel secara berulang sampai pada jadinya berhenti. Nilai e tersebut mensugesti besar tinggi pantulan yang lebih rendah dibandingkan tinggi awal. Apabila dinyatakan dalam bentuk persamaan akan menjadi rumus tinggi pantulan n tumbukan yaitu:
hn = ho.e²ⁿ
Saya akan membagikan tumpuan soal tumbukan lenting sebagian terkait rumus di atas mirip halnya pada tumpuan soal rumus momentum. Adapun tumpuan soal terkait rumus tumbukan lenting sebagian yaitu sebagai berikut:

Contoh Soal Tumbukan
Bola bekel dijatuhkan dalam ketinggian 2 meter. Kemudian bola tersebut memantul secara berulang kali. Jika besar koefisien restitusinya 0,5. Berapakah tinggi bola bekel sehabis memantul yang ke 4?

Pembahasan
Diketahui : ho = 2 m; e = 0,5; n = 4
Ditanyakan : h4 = ?
Jawab :
hn = ho.e²ⁿ
h4 = 2 x 0,5⁸
h4 = 0,0078 m
Jadi tinggi bola bekel sehabis memantul yang ke 4 adalah 0,0078 meter.

Tumbukan Tidak Lenting Sama Sekali
Jenis tumbukan selanjutnya adalah tumbukan tidak lenting sama sekali. Jenis tumbukan ini mampu terjadi pada dua benda dengan tidak sama sekali jikalau kedua benda saling menyatu dan memiliki besar kecepatan yang sama. Maka dari itu besar momentum sehabis dan sebelum tumbukan memiliki nilai yang sama mirip pada rumus momentumnya. Apabila dibentuk persamaan maka rumus tumbukan tidak lenting sama sekali akan menjadi mirip berikut:
m1 V1 + m2 V2 =(m1 + m2)V'
Sekian penjelasan mengenai rumus momentum, rumus impuls, dan rumus tumbukan dalam fisika. Saya juga menyertakan penjelasan wacana pengertian momentum, pengertian impuls, pengertian tumbukan, tumpuan soal momentum, tumpuan soal impuls, dan tumpuan soal tumbukan Fisika. Semoga artikel ini mampu bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Rumus Momentum, Impuls Dan Tumbukan Dalam Fisika"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel