Pengertian Sistem Aturan Modern Dan Ciri Cirinya

Pengertian Sistem Hukum Modern dan Ciri Cirinya - Sebuah negara yang telah melalui evolusi dan menjelma negara modern tentunya juga akan mengalami perubahan sistem aturan yang modern. Perkembangan sistem aturan yang menjadi lebih modern tersebut tetap berdasar pada sistem aturan sebelumnya, namun diperbaiki lagi menjadi lebih maju. Dengan begitu masyarakatnya akan lebih maju dan juga makmur.

Negara modern pada dasarnya mampu diartikan sebagai sebuah lembaga yang melakukan pembangunan struktur penataan dengan arsitektur rasional. Dengan pembangunan tersebut, pada masa pra negara modern sudah tidak ada lagi komunitas komunitas lokal ataupun otonomi. Itu semua didukung dengan adanya sistem aturan yang berlaku. Lantas apa pengertian sistem aturan modern itu? Apa saja ciri ciri sistem aturan yang modern?
Pengertian Sistem Hukum Modern dan Ciri Cirinya Pengertian Sistem Hukum Modern dan Ciri Cirinya
Makna Sistem Hukum yang Modern
Perkembangan sebuah negara disertai dengan kedaulatan negara sehingga bermunculan sikap untuk tidak toleran terhadap komunitas asli lokal. Hal ini dikarenakan negara tersebut memiliki kedaulatan yang tidak membiarkan wilayahnya sendiri dikuasai oleh komunitas lain. Dari sinilah sebuah lembaga publik berkaitan dengan kepala negara. Sejak tanggal 17 Agustus 1945 atau hari Kemerdekaan Indonesia, negara ini telah dinyatakan sebagai negara hukum.

Hal ini tertuang dalam isi pembukaan Undang Undang Dasar 1945 bahwa Indonesia merupakan negara aturan modern. Sejak ketika itulah sistem hukumnya menjelma lebih modern dengan kebijakan kebijakan didalamnya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan wacana pengertian sistem aturan modern dan ciri cirinya. Untuk lebih jelasnya mampu anda simak di bawah ini.

Pengertian Sistem Hukum Modern dan Ciri Cirinya

Pengertian sistem menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yaitu susunan berbagai unsur yang saling berhubungan dan teratur sehingga kesatuan pengertian atau sebuah totalitas mampu terbentuk. Kemudian pengertian sistem aturan modern yaitu sistem aturan yang menggambarkan rasa keadilan untuk masyarakat, dibentuk sesuai dengan ketentukan prosedur yang berlaku dan menurut keadaan dari masyarakat yang diaturnya. Dengan begitu, sistem aturan yang modern tersebut mampu dipahami oleh masyarakat itu sendiri.
Baca juga : Faktor Faktor yang Mempengaruhi Upaya Penegakan Hukum
Di bawah ini terdapat ciri ciri sistem aturan modern secara umum yaitu meliputi:
  • Produktif, tepat waktuu, orientasi terhadap masa depan, jujur, dan efisiensi.
  • Tersusun oleh keberagaman pelaksanaan dan isi dari aturannya.
  • Dalam sebuah perjanjian yang mengandung sistem aturan kewajiban, transaksional dan hak didalamnya biasanya tidak memandang jenis kelamin, usia, agama dan kelas sosialnya.
  • Pelaksanaannya secara umum dan memiliki sifat yang Universal.
  • Memiliki ketegasan hierarkis.
  • Hukum dilakukan sesuai dengan prosedur yang ada.
  • Bersifat rasional.
  • Dijalankan oleh orang yang memiliki pengalaman.
  • Setiap bagiannya saling terhubung dan bersifat spesialisasi.
  • Sesuai dengan perkembangan masyarakat mengakibatnya aturan mampu berubah dengan mudah.
  • Memiliki lembaga kenegaraan yang terdiri dari lembaga pelaksana aturan dan penegak hukum.
  • Setiap lembaga negara (yudikatif, eksekutif dan legislatif) memiliki perbedaan yang tegas.
Selain ciri ciri sistem aturan yang modern di atas, adapula pengertian sistem aturan menurut Paul Scholten. Pengertian sistem aturan modern menurut Paul Scholten yaitu seluruh peraturan yang saling berkaitan, namun salah satunya ditentukan oleh pihak lainnya. Susunan dari peraturan tersebut dilakukan secara rasional dan sifat dari uang yakni khusus sehingga memiliki aturan umumnya sendiri. Dengan begitu sampai mendasar mampu dicarikan asas asasnya. Sistem aturan yang modern memiliki beberapa komponen didalamnya seperti:
Baca juga : Sejarah Hak Asasi Manusia (HAM) di Dunia dan Indonesia Terlengkap
Unsur Struktural
Komponen sistem aturan yang modern pertama yaitu unsur struktural. Pengertian unsur struktural yaitu unsur unsur dalam sistem aturan yang dilakukan dalam prosedur tertentu.

Unsur Substansi
Komponen sistem aturan modern selanjutnya yaitu unsur substansi. Definisi unsur substansi yaitu sistem aturan yang memiliki hasil terbitan yang nyata seperti:
  • Hukum Inconcreto yakni kaidah aturan yang bersifat insividual. Misalnya pengadilan yang menawarkan sanksi kepada terpidana.
  • Hukum Abstracto yakni kaidah aturan yang bersifat umum. Misalnya kitab undang-undang aturan pidana mengenai pencurian.

Unsur Budaya
Komponen sistem aturan yang modern selanjutnya yaitu unsur budaya. Pengertian unsur budaya yaitu tindakan sikap dan nilai nilai yang dianut oleh masarakat, tindakan sikap yang berpengaruh terhadap aturan dan ikatan nilai sosial yang berhubungan dengan hukum.

Sekian penjelasan mengenai pengertian sistem aturan modern dan ciri cirinya. Definisi dari sistem aturan yang modern yaitu sistem hukum  yang menggambarkan rasa keadilan untuk masyarakat, dibentuk sesuai dengan ketentukan prosedur yang berlaku dan menurut keadaan dari masyarakat yang diaturnya. Semoga artikel ini mampu menambah wawasan anda dan terima kasih telah membaca materi sistem aturan di atas.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Sistem Aturan Modern Dan Ciri Cirinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel