Daftar Uin Di Indonesia

Pusing memilih mau kuliah dimana? takut pergaulannya tidak terjaga dikala sudah menjadi mahasiswa? mau kuliah dibidang umum namun tetap ingin menerima ilmu agama? yaapp.... kuliah di UIN ialah jawaban yang tepat. Berikut contoh daftar UIN atau Universitas Islam Negeri di seluruh Indonesia dikala ini berjumlah 11 universitas. Rata-rata, UIN tersebut merupakan peningkatan status dari IAIN (Institut Agama Islam Negeri). Universitas Islam Negeri pertama adalah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang terletak di Tangerang, Banten yang mengalami perubahanan dari IAIN menjadi UIN pada tahun 2002 silam.

UIN sendiri ialah salah satu bentuk Perguruan Tinggi Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia. Sebagaimana diketahui, di Indonesia terdapat tiga jenis PTKIN yaitu Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

UIN, sebagaimana PTKIN lainnya, dikelola secara fungsional oleh Kementerian Agama. Sedangkan secara teknis akademik, pembinaannya dilakukan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) layaknya universitas lainnya.

Daftar Lengkap UIN di Indonesia

Daftar lengkap UIN di Indonesia ini disusun sebagai contoh bagi siswa-siswi Madrasah Aliyah (dan SMA lainnya), khususnya kelas XI dan XII dalam memilih jenjang perguruan tinggi.

Berikut ini ialah daftar ke-11 Universitas Islam Negeri yang ada di Indonesia, lengkap dengan lokasi kampus, logo UIN, fakultas yang dimiliki, dan situs webnya.

Belum ada Komentar untuk "Daftar Uin Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel