Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Biologi berasal dari kata BIOS dan LOGOS, Yang artinya BIOS = Mahluk Hidup dan LOGOS = Ilmu tentang. Jadi Biologi yaitu Ilmu perihal Mahluk hidup dan hal-hal yang bersangkutan dengan kehidupannya.

Apa yang menjadi ciri-ciri dari Mahluk hidup? Mahluk Hidup mempunyai ciri-ciri bernapas, bergerak, Peka terhadap rangsang (Iritabilitas), Memerlukan Makan (nutrisi), Mengeluarkan zat sisa (Ekskresi), Tumbuh dan berkembang, Berkembang biak (reproduksi).

Mari Kita Bahas satu per satu:

1. Bernapas
Hewan darat umumnya bernapas dengan paru-paru, sedangkan hewan air dengan insang (kecuali Paus dan lumba-lumba). Tumbuhan bernapas melalui lentisel yang terdapat pada akar, barang, ranting sedangkan jikalau di daun disebut stomata (mulut daun).

Bernapas pada umumnya menyerap Oksigen dan mengeluarkan Karbon dioksida. Oksigen yang diserap dibutuhkan oleh tubuh untuk membakar sari-sari kuliner sehingga menjadi energi.

2. Bergerak
Setiap mahluk hidup pasti bergerak. Bergerak pada mahluk hidup dibagi menjadi 2 macam yaitu gerak aktif dan gerak pasif.

  • Gerak aktif yaitu gerak yang dilakukan mahluk hidup untuk berpindah tempat. Contoh: gerak burung terbang dari satu pohon ke pohon lain.
  • Gerak pasif yaitu gerak yang dilakukan tanpa harus berpindah tempat. Contoh akar tanaman bertambah panjang, Bunga mekar dan menutupnya daun bermacam-macam pada putri malu.

3. Peka terhadap rangsang (Iritabilitas)

Peka Terhadap Rangsang
Iritabilitas yaitu kepekaan makhluk hidup terhadap rangsangan dan kemampuan makhluk hidup untuk mengatakan tanggapan terhadap rangsangan tersebut. Contoh rangsangan dari luar yaitu air, cahaya, suhu dan zat kimia.


4. Memerlukan Nutrisi (makanan)

Membutuhkan Nutrisi
Mahluk hidup memerlukan nutrisi untuk melakukan aktifitas tubuhnya. Berdasarkan cara memperoleh nutrisi mahluk hidup dibagi menjadi 2 yaitu:
  • Autotrof : sanggup membuat kuliner sendiri dengan fotosintesis. Contohnya Tumbuhan Hijau
  • Heterotrof : Tidak sanggup membuat kuliner sendiri, memperoleh kuliner dengan cara memakan mahluk hidup lain. Contoh Hewan dan manusia

5. Mengeluarkan Zat Sisa (ekskresi)

Mengeluarkan Zat Sisa

Zat sisa metabolisme harus dibuang keluar tubuh tanaman karena bersifat beracun bagi tubuh. Alat ekskresi pada insan adalah
  • Ginjal yang dikeluarkan Urin
  • Paru-paru yang dikeluarkan Karbon dioksida dan uap air
  • hati yang dikeluarkan cairan empedu
  • kulit yang dikeluarkan keringat

6. Tumbuh dan berkembang
Tumbuh yaitu proses penambahan ukuran dan volume tubuh sebagai selesai dari bertambahnya jumlah sel. Sifat dari pertumbuhan yaitu Dapat diukur (kuantitatif) dengan menggunakan alat bantu ukuran ibarat penggaris, Meteran dan auksonometer. Selain itu pertumbuhan bersifat tidak sanggup kembali lagi ke ukuran semula (irrevesible).

Sedangkan yang dimaksud dengan perkembangan yaitu proses menuju kedewasaan secara fisik maupun emosional disebabkan oleh diferensiasinya sel-sel tubuh sehingga organ tubuh menjadi lebih komplek dan tidak sanggup diukur dengan alat ukur (kualitatif).


7. Berkembang biak (reproduksi)

Reproduksi

Berkembangbiak bertujuan untuk melestarikan keturunannya dari kepunahan. Berkembangbiak dibagi menjadi 2 yaitu secara:
  • Generatif / seksual / kawin : mempunyai ciri Membutuhkan 2 induk, ada proses peleburan sperma dan ovum (fertilisasi), sifat anak campuran dari kedua induk
  • Vegetatif / aseksual / tidak kawin : mempunyai cri membutuhkan 1 induk saja, tidak ada proses fertilisasi, sifat anak identik dengan induknya.

Belum ada Komentar untuk "Ciri-Ciri Makhluk Hidup"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel