30+ Pengertian Seni Tari Berdasarkan Para Jago (Lengkap)

30+ Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli (Lengkap) - Macam macam seni mampu dibagi menjadi beberapa kategori ibarat seni tari, seni musik, seni teater dan sebagainya. Adapun salah satu seni yang cukup populer dikalangan masyarakat luas yakni seni tari. Pengertian seni tari secara umum adalah cabang seni yang berhubungan bersahabat dengan kebudayaan Nusantara. Seni tari tersebut ikut berkembang pesat ibarat halnya jenis seni lainnya. Meskipun zaman sekarang telah banyak berkembang seni seni tari modern. Seni tari tersebut memiliki ciri khas tertentu yang menjadi daya tarik tersendiri. Misalnya lisan wajah, gerakan kaki atau tangan, busana, lirikan mata dan hal hal yang ada kaitannya dengan keelokan.
 Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli  30+ Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli (Lengkap)
Seni Tari Nusantara
Seni tari pada dasarnya dilakukan dengan gerakan yang baik sehingga niat para penontonnya untuk ikut menari mampu dibangkitkan. Kesenian menari tersebut memang sangat menarik dan menciptakan semua orang penasaran akan apa yang terdapat didalamnya. Seni tari mampu diartikan berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yakni seni gerak gerik atau tari menari yang menggunakan irama. Adapula yang mengartikan seni tari sebagai gerak tubuh di waktu dan tempat tertentu yang berirama untuk menjelaskan pikiran, perasaan, maksud dan untuk kepentingan dalam bergaul. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan ihwal beberapa pengertian seni tari berdasarkan para hebat lengkap. Untuk lebih jelasnya mampu anda simak di bawah ini.

30+ Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli (Lengkap)

Pengertian dari seni tari tidak hanya secara umum saja, melainkan juga berdasarkan beberapa pendapat para ahli. Masing masing hebat seni tersebut mengutarakan arti seni tari yang berbeda beda. Adapun penjelasan lengkap mengenai pengertian seni tari berdasarkan para hebat yaitu sebagai berikut:
Baca juga : Pengertian Musik Ansambel, Jenis dan Contoh Lengkap
Aristoteles (384 - 322 SM)
Pengertian seni tari berdasarkan Aristoteles yaitu tindakan sebuah gerak ritmis yang menggambarkan aksara manusia. Aristoteles merupakan filsuf Yunani yang tertarik pada ilmu politik, fisika dan biologi. Ketertarikan Aristoteles tidak hanya itu saja, tetapi juga pada dunia seni ibarat musik, puisi maupun teater.

John Weaver (1673 - 1760)
Definisi seni tari berdasarkan John Weaver adalah gerak gerak elegan yang teratur dan dibentuk dari harmonisasi postur tubuh yang dilawan secara cantik serta dengan keelokan sikap. John Weaver sendiri yaitu bapak pantomin (menurut sejarah Inggris), master koreografis serta tari balet yang berasal dari Inggris.

Curt Sachs (1881 - 1959)
Pengertian seni tari berdasarkan curt sachs yaitu gerak berirama yang mengandung nilai estetika untuk mengungkapkan jiwa manusia. Curt Sachs merupakan pakar musik yang berasal dari Jerman. Bahkan sejak usia belia, Sachs telah mempelajari bidang musik. Pada tahun 1937, Sachs menerbitkan sebuah buku khusus seni tari yang judulnya "Word History of the Dance".

Judith Mackrell
Definisi seni tari berdasarkan Judith Mackrell adalah sebuah gerak gerik ritmis tubuh yang dilaksanakan dalam ruangan dan diiringi musik sehingga mampu menawarkan kesenangan semata, sarana lisan emosi atau ide, dan untuk melepaskan energi. Mackrell merupakan kritikus tari yang banyak menulis artikel mengenai seni gerak pada tubuh. Bahkan pada tahun 2017, terdapat salah satu artikel berjudul Dance pernah di unggah ke Media Online Britannica.com. 

Atik Soepandi (1944)
Pengertian seni tari berdasarkan Atik Soepandi yaitu gerak gerik ritmis yang menggunakan melodi indah untuk mengekspresikan jiwa manusia. Sejak tahun 1970 sampai 2000, Atik Soepandi aktif dalam bidang seni. Bahkan ia populer dengan daya tariknya terhadap bidang seni daerah ibarat musik tradisional.
Baca juga : Pengertian Kreativitas dan Ciri Ciri Hasil Kreativitas Seni
Corrie Hartong (1906 - 1991)
Definisi seni tari berdasarkan Corrie Hartong adalah gerak gerik tubuh yang dilakukan dalam sebuah ruangan dan ditambahkan dengan nuansa ritmis. Hartong merupakan pakar tari yang populer sebagai guru koreografer dan guru tari dari Belanda. Pada tahun 1931 ia mendirikan sekolah tari miliknya sendiri dengan nama Rotterdam School of Dance.

Yulianti Parani (1939)
Pengertian seni tari berdasarkan Yulianti Parani yaitu gerak ritmis seluruh atau sebagian tubuh yang menggunakan wangsit atau lisan tertentu untuk dilakukan dengan acuan kelompok atau individual. Parani yaitu sejarawan atau koreografer yang lahir pada tahun 1939 di Jakarta. Sejak usianya 11 tahun, Parani sudah mengenal ihwal tari balet dan ketika di Indonesia ia membuatkan tarian balet tersebut. Bahkan pada tahun 1957, Parani telah mendirikan sekolah baletnya sendiri dengan nama Nritya Sundara.

Bagong Kussudiarja (1928 - 2004)
Definisi seni tari berdasarkan Bagong Kussudiarja adalah sebuah seni untuk alat lisan insan melalui gerak gerak ritmis. Bagong Kussudiarja yaitu seorang pelukis sekaligus koreografer dari Indonesia. Sejak tahun 1954, Bagong telah terjun dalam dunia seni tari. Pada tahun 1958, ia juga mendirikan pusat latihan tari atau PLT.

Enoch Atmadibrata (1927 - 2011)
Pengertian seni tari berdasarkan Enoch Atmadibrata yaitu sikap tubuh yang disusun sesuai gerak dan irama dalam sebuah ruang. Atmadibrata merupakan pakar seni dari Garut yang populer dengan karya koreografinya. Bahkan pada tahun 2003, ia memperoleh penghargaan dari Presiden Republik Indonesia berupa penghargaan Satya Lencana Kebudayaan.

Drs. I Gede Ardika (1945)
Definisi seni tari berdasarkan Drs. I Gede Ardika adalah sesuatu yang digunakan untuk menyatukan banyak hal sehingga masing masing orang mampu menyelaraskan dan menyesuaikan dirinya dengan gerakan. Pada masa Kabinet Gotong Royong, ia merupakan Menteri Pariwisata dan Kebudayaan pada tahun 2000 - 2011. 

Walter Sorells
Pengertian seni tari berdasarkan walter sorells yaitu mengolengkan tubuh dengan iringan musik ataupun dengan irama tertentu. Sorells yaitu seorang penulis. Beliau aktif dalam menulis karya dalam bidang budaya dan tari sejak tahun 1950 sampai 1966.

Hawkins
Definisi seni tari berdasarkan hawkins adalah gerakan yang berasal dari imajinasi penciptanya untuk media lisan jiwa manusia.

Forrestine Paulay dan Irmgrad Bartenieff
Pengertian seni tari berdasarkan Forrestine Paulay dan Irmgrad Bartenieff yaitu penggambaran reaksi jiwa seseorang mengenai problem dan konfilik dunia modern yang berbentuk seni ekspresionostis. Kedua pakar seni ini sangat mencintai dunia seni tari. Sejak tahun 1965, Paulay dan Bartenieff bergabung ke Lomax.s Performance Style Project dan melakukan pertolongan pada tahun 1968 untuk mempublikasikan sebuah buku. 

Kealiinomohoku
Definisi seni tari berdasarkan Kealiinomohoku adalah seni pertunjukan lisan sesaat yang didigerakkan dalam ruang menggunakan gaya dan bentuk tertentu melalui tubuh manusia. Kealiinomohoku yaitu seorang hebat tari yang berperan dalam bidang antropologi.

Judith Lynne Hanna (1936)
Pengertian seni tari berdasarkan Judith Lynne Hanna yaitu seni plastis yang tampak sepintas melalui gerakan visual. Hanna merupakan hebat bidang antropologi dan banyak melakukan pertolongan dalam bidang seni. Bahkan ia pernah menerbitkan karyanya dalam bentuk buku di Kanada, Belanda, Bergia, Perancis dan sebagainya.

M. A. Theodora Retno Maruh (1947)
Definisi seni tari menurut M. A. Theodora Retno Maruh adalah karya seni yang tidak mampu memiliki sifat kontemporer sekalipun. Beliau merupakan koreografer sekaligus maestro tari Jawa Klasik yang menggunakan tarian bergaya Surakarta.

Waterman
Pengertian seni tari berdasarkan Waterman yaitu gerakan tubuh yang menggunakan distilasi dan acuan kultural secara artistic.

Kamala Devi Chattopadhyaya (1903-1988)
Definisi seni tari berdasarkan Kamala Devi Chattopadhyaya adalah sebuah desakan emosi atau insting untuk mendorong seseorang dalam melakukan gerakan ritmis untuk menemukan lisan dalam diri insan itu sendiri. Kamala cukup dikenal di India dan diseluruh dunia sebagai tokoh reformasi. Beliau memiliki keahlian dalam bidang seni dan aktif dalam bidang sosial. 

La Meri (1898 - 1988)
Pengertian seni tari berdasarkan La Meri yaitu lisan simbolis yang dimasukkan dalam bentuk nyata sehingga wujudnya mampu lebih tinggi. La Meri merupakan seorang hebat dalam bidang koreografi, guru dan tari etnis Amerika. Beliau mendalami seni tari ibarat tari balet sejak usia muda.
Baca juga : Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Berdasarkan Cara Memainkannya
M. Jazuli
Definisi seni tari berdasarkan M. Jazuli adalah gerakan tubuh yang diiringi dengan musik sehingga iramanya selaras sehingga mampu digunakan untuk menggambarkan tujuan dan maksud tertentu.

S. Humardani
Pengertian seni tari berdasarkan S. Humardani yaitu gerakan yang indah dan ritmis untuk sarana ekspresif.

Soedarsono (1933)
Definisi seni tari berdasarkan Soedarsono adalah gerak gerak yang ritmis dan indah untuk mengungkapkan ekspresif jiwa manusia. Beliau yaitu guru besar sejarah budaya dan seni di Universitas Gajah Mada dalam Fakultas Ilmu Budaya. Soedarsono yaitu seniman yang berasal dari Indonesia.

Andre Levinson (1887 - 1933)
Pengertian seni tari berdasarkan Andre Levinson yaitu gerak tubuh yang telah ditentukan menggunakan mekanisme dan ritme tertentu secara berkelanjutan melalui ruang. Levinson yaitu jurnalis tari yang berasal dari Perancis.

Soeryodiningrat
Definisi seni tari berdasarkan Soeryodiningrat adalah gerak anggota tubuh yang diiringi dengan irama gamelan atau bunyi tertentu sehingga tujuan dan maksud tarinya mampu selaras.

Margaret H'Doubler (1889 - 1982)
Pengertian seni tari berdasarkan Margaret H'Doubler yaitu lisan keadaan perasaan yang dibentuk dalam gerak ritmis bernilai estetis dan dirancang secara sadar dalam bentuk lambang gerakan sehingga menciptakan kepuasan dalam pengalaman ulang, komunikasi, penciptaan bentuk, ungkapan dan pelaksanaan.

Suadarsa Pringgo Broto
Definisi seni tari berdasarkan Suadarsa Pringgo Broto adalah bentuk gerakan tubuh yang sesuai dengan ketentuan ruang.

Suryo
Pengertian seni tari berdasarkan Suryo yaitu perwujudan lisan subjektif yang berbentuk obyektif.

Franz Boas (1858 - 1942)
Definisi seni tari berdasarkan Franz Boas adalah gerak gerak di kaki dan tungkai, lambaian lengan, gerak ritmis di setiap belahan tubuh, serta gerak dari kepala atau torso. Boas yaitu hebat bidang antropologi yang berasal dari blasteran Jerman dan Amerika. Boas juga aktif dalam pertolongan di dunia seni tari.

Susanne Langer (1895 - 1985)
Pengertian seni tari berdasarkan Susanne Langer yaitu gerakan tubuh insan untuk dinikmati dalam bentuk ekspresif. Langer yaitu penulis dan filsuf yang berasal dari Amerika.

Dr. J Verkuyl (1908 - 2001)
Definisi seni tari berdasarkan Dr. J Verkuyl adalah penyusunan gerak gerak anggota tubuh sampai berirama sampai sedemikian rupa.

John Martin (1893 - 1985)
Pengertian seni tari berdasarkan John Martin yaitu perwujudan gerakan sebagai awal dari pengalaman hidup manusia. Sejak tahun 1927, Martin mulai berkarir sebagai kritikus tari.

Sekian penjelasan mengenai beberapa pengertian seni tari berdasarkan para hebat lengkap. Seni tari secara umum mampu diartikan sebagai cabang seni yang berhubungan bersahabat dengan kebudayaan Nusantara dalam bentuk gerak gerik atau tari menari menggunakan irama. Semoga artikel ini mampu menambah wawasan anda dan terima kasih telah membaca.

Belum ada Komentar untuk "30+ Pengertian Seni Tari Berdasarkan Para Jago (Lengkap)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel