12 Teladan Teks Anekdot Singkat Lucu Terbaru

12 Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu Terbaru - Apa itu teks anekdot? Beberapa orang mungkin pernah mendengar tentang teks ini tetapi belum tahu artinya. Teks anekdot ini merupakan jenis teks yang mengandung kata kata lucu dan menyindir. Dalam pembuatan referensi teks anekdot singkat terdapat beberapapa hal yang harus diperhatikan yaitu ciri ciri teks anekdot, struktur teks anekdot dan kaidah kebahasaan teks anekdot. Untuk serpihan ciri ciri teksnya digunakan untuk membedakan jenis teks ini dengan jenis teks Bahasa Indonesia lainnya. Sedangkan untuk serpihan struktur dan kaidah kebahasaannya digunakan untuk membuat referensi anekdot yang baik dan benar.
 Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu Terbaru 12 Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu Terbaru
Kumpulan Teks Anekdot
Untuk mengetahui apakah jenis teks tersebut yakni teks anekdot, kita tinggal memperhatikan ciri ciri teksnya. Kemudian untuk membuat cerita anekdot, kita hanya tinggal menggunakan struktur dan kaidah kebahasaan teks yang sudah tersedia. Mudah bukan? Selain itu adapula hal yang dilarang terlupakan yaitu kata kata yang digunakan harus bersifat lucu. Tetapi adapula yang menggunakan teks anekdot untuk menyindir. Meski sifatnya menyindir, namun kata kata yang digunakan tetap lucu. Kali ini saya akan membagikan beberapa kumpulan referensi teks anekdot singkat dan lucu. Untuk lebih jelasnya mampu anda simak di bawah ini.

12 Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu Terbaru

Teks anekdot yakni jenis teks Bahasa Indonesia yang berisi cerita pendek lucu namun memiliki maksud untuk menyindir ataupun mengkritik. Teks anekdot yang sifatnya mengkritik biasanya digunakan untuk menyindir layanan publik dalam bidang politik, sosial, lingkungan dan hukum. Teks ini berisi cerita singkat yang menyindir dan lucu yang diambil dari pengalaman hidup seseorang.:
Baca juga : 6 Contoh Teks Anekdot Lucu Terbaru
Namun dibalik kelucuannya, ternyata referensi teks anekdot tentang politik, pendidikan ataupun budaya yang beredar memiliki pesan susila yang bersifat tersirat. Pesan susila inilah yang jadinya menjadi patokan kualitas dari sebuah teks anekdot. Langsung saja, kita amati referensi teks anekdot yang sudah saya siapkan dibawah ini:

Contoh Teks Anekdot Singkat

Mencuri sendal yakni sebuah perbuatan tercela, namun apa jadinya jika perbuatan tersebut dibalut dengan kelucuan didalam referensi teks anekdot singkat? Berikut yakni referensi cerita anekdot yang berjudul Mencuri Sandal.

Abstraksi
Di suatu siang, Tono pergi ke warung Soto untuk membeli makan siang. Setelah itu Tono kembali pulang setelah kenyang.

Orientasi
Di perjalanan Tono mengalami kecelakaan. Ia disrempet oleh sepeda motor yang ugal ugalan. Akibat kecelakaan tersebut sandal Tono malah rusak. Akhirnya Tono pulang kerumah tidak menggunakan sandal. Tono berniat ingin membeli sendal ditoko terdekat, namun ia mengurungkannya alasannya yakni uangnya tidak cukup.
Baca juga: 12 Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu Terbaru
Teks anekdot yakni jenis teks Bahasa Indonesia yang berisi cerita pendek lucu namun memiliki maksud untuk menyindir ataupun mengkritik. Teks anekdot yang sifatnya mengkritik biasanya digunakan untuk menyindir layanan publik dalam bidang politik, sosial, lingkungan dan hukum. Teks ini berisi cerita singkat yang menyindir dan lucu yang diambil dari pengalaman hidup seseorang.:
Baca juga : Teks Anekdot : Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, Tujuan, Dan Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot
Krisis
Akibat uangnya tidak cukup untuk membeli sandal, jadinya Tono berniat mencuri sandal di masjid. Kebetulan masjid tersebut terletak di erat toko sandal tadi. Sandal yang ingin ia curi yakni sandal yang terbagus. Setiap orang yang ingin masuk ke masjid selalu di perhatikan oleh Tono sambil duduk di teras masjid. Ia bermaksud ingin mengambil sandal sesegera mungkin jika targetnya sibuk beribadah.
Catatan : Dalam referensi teks anekdot terdapat beberapa struktur teks di dalamnya. Adapun struktur teks anekdot yaitu abstraksi, orientasi, event, krisis, reaksi, koda, dan reorientasi. Meski dalam referensi anekdot tidak semua struktur serpihan dimasukkan. Namun tetap mengandung beberapa serpihan struktur teks yang tersedia.
Tono melangsungkan aksinya dengan lancar. Ia berhasil mengambil sandal paling anggun di masjid dan warna sandalnya hitam. Aksi Tono dalam mencuri sandal malah diketahui oleh pemilik sandal tersebut. Pemilik sandal tadi mengejar Tono sambil berteriak. Hari itu Tono sangat apes, ia bahkan tidak mampu berlari kencang alasannya yakni perutnya yang buncit. Pada jadinya Tono di bawa menuju kantor polisi. Beberapa saat kemudian diadakan penyelidikan terkait insiden pencurian sandal ini. Tono pun memperoleh vonis dalam pasal pencurian dan seminggu kemudian kasusnya akan disidangkan. Masalah sepele menyerupai ini malah membuat Tono terseret ke meja hijau.

Reaksi
Hari persidanganpun tiba, Tono hanya menunduk dan duduk di kursi tersangka.
Hakim : "Tono, 25 tahun, terbukti mencuri sandal di masjid dengan harga 50.000 rupiah. Dengan ini menyatakan bahwa Tono akan dihukum 5 tahun penjara."
Tono : "Apa! Ini tidak adil pak! Mengapa hukuman saya lebih berat daripada hukuman koruptor?

Koda
Setelah itu Tono diberikan penjelasan oleh hakim. Tono mencuri sendal seharga 50.000 rupiah hanya merugikan satu orang saja. Sedangkan para koruptor mengambil uang 2 Miliar dan merugikan rakyat Indonesia sejumlah 200 juta orang. Dengan kata lain koruptor merugikan setiap orang sebanyak 10 rupiah saja. Maka dari itu tindakan yang dilakukan Tono lebih berat dibandingkan tindakan para koruptor.

Contoh Teks Anekdot Lucu

Siapa yang tak kenal sakit gigi, hampir setiap orang pernah merasakan sensasi penyakit ini. Namun bagi orang yang tidak mengalaminya dan melihat orang lain sakit gigi tentu akan sangat lucu. Berikut yakni referensi cerita anekdot yang berjudul obat sakit gigi.

Abstraksi
Disebuah desa terdapat seorang kakek yang hanya tinggal bersama cucunya. Waktu itu sedang dalam keadaan bulan puasa. Sang kakek dan cucunya sedang asik menonton televisi.
Baca juga : 12 Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu Terbaru
Teks anekdot yakni jenis teks Bahasa Indonesia yang berisi cerita pendek lucu namun memiliki maksud untuk menyindir ataupun mengkritik. Teks anekdot yang sifatnya mengkritik biasanya digunakan untuk menyindir layanan publik dalam bidang politik, sosial, lingkungan dan hukum. Teks ini berisi cerita singkat yang menyindir dan lucu yang diambil dari pengalaman hidup seseorang.:
Baca juga : 16 Contoh Cerita Fantasi Singkat (Cerita Fiksi) Beserta Strukturnya
Orientasi
Kakek selalu menontoh sinetron kesukaannya yaitu "Tukang Ojek Pengkolan". Di setiap dua puluh menit terdapat iklan dalam sinetron tersebut. Salah satu iklan yang muncul ialah iklan obat sakit gigi. Iklan obat sakit gigi ini memaparkan bahwa obat mampu diminum kapan saja.

Krisis
Kebetulan pada saat itu kakek sedang sakit gigi. Akhirnya kakek memanggil cucunya yang sedang cuci piring di dapur. Ia bermaksud untuk menyuruh cucunya agar membelikan obat sakit gigi. Cucunya pun segera membelikan obat yang diminta oleh kakek. Kemudian kakek pribadi meminum obat tersebut.

Reaksi
Melihat insiden tersebut, sang cucuk bertanya kepada kakek, "Loh kakek kan sedang puasa, mengapa obatnya diminum?"

Koda
Kakekpun menjada tanpa perasaan berdosa, "Itulah keunggulan obat ini cu, mampu diminum kapan saja."

Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya

Contoh cerita anekdot yang terakhir yakni anekdot yang didalamnya memuat kelucuan dari sebuah brosur asap rokok. Seperti apa cerita lucu dalam brosur tersebut? silahkan simak referensi teks dibawah ini.

Abstraksi
Adi sedang menunggu angkot di waktu siang yang terik.

Orientasi
Disamping Adi terdapat mahasiswa yang sedang menunggu angkot juga Ia kemudian berbincang dengan mahasiswa tersebut terkait asap kendaraan yang lewat kemudian lalang di jalanan.
Adi : Kotor sekali ya asapnya?
Mahasiswa : Iya mas, kotor dan tebal.
Catatan : Pembuatan referensi teks anekdot singkat dan lucu tidak terlepas dari kiprah ciri ciri teksnya. Adapun ciri ciri teks anekdot yaitu meliputi mengandung sosok figur manusia, bersifat menghibur dan menyindir, mendekati perumpaan menyerupai dongeng, berkaitan dengan realitas dan ditujukan untuk orang orang penting.
Krisis
Angkot yang ditunggu tunggu jadinya datang. Andi dan mahasiswa itu naik angkot dan didalamnya terdapat satu penumpang yang sedang merokok. Mereka pun kembali berbincang bincang.

Adi : Yang kotor bukan hanya asap kendaraan, tetapi juga asap rokok.
Mahasiswa : Apa yang akan anda lakukan melihat orang merokok?
Adi : Aku akan tampar dia.

Kemudian Adi mendekati perokok itu dan menamparnya dengan brosur.

Reaksi
Perokok tersebut kaget dan menatap Adi dengan sangat marah. Kemudian ia mengambil brosur dan melihatnya.

Koda
Brosur yang ditamparkan Adi berisi ukiran pena bahwa "Asap Rokok Sangat Berbahaya Melebihi Mesin Diesel Karena Mengandung 10X Polutan".

Demikianlah kumpulan referensi teks anekdot singkat dan lucu yang mampu saya bagikan. Teks anekdot yakni jenis teks Bahasa Indonesia yang berisi cerita pendek lucu namun memiliki maksud untuk menyindir ataupun mengkritik. Teks ini dibuat dengan berdasarkan ciri ciri, struktur dan kaidah kebahasaan yang berlaku didalamnya. Terima kasih telah membaca referensi anekdot ini.

Belum ada Komentar untuk "12 Teladan Teks Anekdot Singkat Lucu Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel