Seri Guru Kaya Karya 4: Sukses Dengan Rumus Smart

Kemarin saya sangat tertarik dengan video motivasi dari Deddy Corbuzier. Video dengan judul "Draw My Life?" Di Channel youtubenya membuat saya teringat sukses dengan "rumus SMART" untuk menulisnya ulang. Tulisan ini bukan isi dari videonya akan tetapi merupakan rangkuman isinya video itu, seide tapi redaksi gak sama. Makara mampu saja isinya banyak berbeda.

Sukses dengan Rumus Smart
Sumber: Dokumen Pribadi


Apa yang dimaksud dengan sukses dengan "rumus SMART"? SMART itu sendiri jikalau kita perinci mempunyai kata:
S = Spesifik
M = Mimpi
A = Aksi
R = Realistis
T = Tangguh

Mari kita bahas satu persatu cara menggapai sukses dengan "Rumus SMART"

Spesifik
Untuk menjadi orang sukses, pertama kali yang harus kita tentukan yaitu harapan yang spesifik. Spesifik dalam arti tujuan yang ingin dicapai harus jelas, terarah dan tertarget. Tentukan harapan secara spesifik. Seandainya ingin mempunyai uang 1 M di tahun 2019, ingin mempunyai follower 100K di tahun 2019 atau ingin kuliah jurusan informatika di ITB tahun 2020. Jelas.... bukan harapan yang mengawang-awang. Contoh harapan yang mengawang-awang, ingin jadi orang mempunyai kegunaan bagi nusa dan bangsa. Ini tidak spesifik. Karena dosen mempunyai kegunaan untuk nusa dan bangsa, polisi juga mempunyai kegunaan untuk nusa dan bangsa, petani mempunyai kegunaan bagi nusa dan bangsa, bahkan tukang sampah juga mempunyai kegunaan bagi nusa dan bangsa. Anda mau jadi apa? Harus spesifik

Mimpi
Yang gratis dan tidak perlu bayar yaitu mimpi. Jangan takut untuk mimpi setinggi-tingginya. Jangan takut dianggap ajaib sebab mimpi Anda. Karena mimpi yang tinggi jikalau terjatuh, terjatuh diantara bintang-bintang (Ir. Soekarno). Bermimpilah... tidak ada yang melarang. Jangan mengecilkan hati untuk mempunyai mimpi yang tinggi.

Aksi
Setelah mempunyai mimpi yang spesifik, tantangan orang yang mau sukses yaitu AKSI. se-Spesifik apapun cita-cita, setinggi apapun mimpi, tanpa aksi semua hancur, jadi omong kosong. Tidak ada yang berbekas. Tidak akan menggapai sebuah kesuksesan. Mimpi.... semua orang mampu bermimpi, tetapi AKSI yang akan membedakan mereka mampu mencapainya atau tidak. Anda mempunyai mimpi jadi youtuber, kini mulailah aksi membuat konten buat youtube. ada mimpi menjadi enterpreneur, mulailah aksi dari sekarang, atau Anda ingin naik haji bareng keluarga, menabunglah dari sekarang. Mulailah aksi untuk menggapai mimpi yang spesifik tadi.

Realistis
Setelah melakukan Aksi dengan maksimal, jangan lupa untuk dievaluasi. Dari penilaian tantangan dan halangan serta kekuatan dan pendukung untuk menggapai mimpi itu. Mulailah realistis dengan mimpi-mimpi Anda. Sesuaikan dengan pendukung dan kekuatan yang dimiliki. Jika belum memilikinya, belajar lagi, latihan lagi. Tidak ada yang tidak mungkin jikalau kita terus berusaha dan belajar untuk memecahkan dan mencari solusi dari tiap tantangan dan halangan yang kita hadapi.

Tangguh
Ini yang harus dimiliki oleh penjuang pengukir kesuksesan. Karena dalam perjalanan membuat kesuksesan pasti ada kegagalan. Jika gagal, bangkit lagi. Gagal lagi, bangkit lagi. terus gagal, bangkit terus.

Jangan sampai baru gagal sekali sudah menyerah, orang yang sukses yaitu orang-orang yang tangguh. Thomas Alfa Edison saja untuk menemukan lampu mengalami sampai 1000 kali kegagalan. Akan tetapi ia selalu bangkit untuk mencoba sampai lampu sukses ia buat.

Teman-teman itulah cara menggapai sukses dengan rumus smart. Semoga kalian termasuk orang-orang yang smart itu. Gapailah mimpi dan harapan Anda dengan Aksi-aksi yang realistis serta harus tangguh dalam menjalankannnya.

Salam Hangat,
Dari Bandung Barat



Salinan, S.Pd
Founder www.inankito.org

Belum ada Komentar untuk "Seri Guru Kaya Karya 4: Sukses Dengan Rumus Smart"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel