Pengaruh Revolusi Industri 4.0 Di Dunia Pendidikan

Kemajuan di dunia pendidikan akan berdampak dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat. Teknologi Informamatika Komputer yang perkembangannya paling melesat sehingga kini dikenal dengan Revolusi Industri 4.0.

Pengaruh Revolusi Industri 4.0 di Dunia Pendidikan
Industri 4.0 yakni industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber. Ini merupakan tren otomatisasi dan pertukaran data dalam teknologi manufaktur. Ini termasuk sistem cyber-fisik, Internet of Things (IoT), komputasi awan dan komputasi kognitif.

Dampak dari revolusi industri 4.0 mengakibatkan terjadi distrupsi di segala lini bidang kehidupan. Seperti bidang bisnis, bidang transportasi, kodekteran, pemerintah dan pendidikan. Apa itu disrupsi? Dalam kamus besar bahasa Indonesia, disrupsi didefinisikan hal tercabut dari akarnya. Jika diartikan dalam kehidupan sehari-hari, disrupsi yakni sedang terjadi perubahan yang fundamental atau mendasar. Satu di antara yang membuat terjadi perubahan yang fundamental yakni evolusi teknologi yang menyasar sebuah celah kehidupan manusia. Digitalisasi yakni tanggapan dari evolusi teknologi (terutama informasi) yang mengubah hampir semua tatanan kehidupan, termasuk tatanan dalam berusaha.

Di dunia pendidikan, dengan berkembangnya teknologi informatika sangat mempengaruhi dunia pendidikan. Seperti elearning yang selama ini sudah dikembangkan. Dengan adanya teknologi para deplover elearning dan conten creator pendidikan berlomba-lomba menghasilkan sistem pendidikan yang sesuai dengan perkembangan sekarang.

Presiden Joko Widodo meluncurkan gerakan “Making Indonesia 4.0” yang merupakan kesepakatan pemerintah memasuki masa revolusi industri 4.0 ini. Beberapa pihak mengungkapkan bahwa dunia pendidikan di Indonesia perlu juga mempersiapkan diri memasuki revolusi 4.0 ini dengan melakukan beberapa perubahan dalam menerapkan metode pembelajaran di sekolah, pertama yang fundamental yakni merubah sifat dan rujukan pikir anak didik, kedua bisa mengasah dan mengembangkan bakat anak dan yang ketiga lembaga pendidikan harus bisa mengubah model berguru disesuaikan dengan kebutuhan jaman.

Menurut Mendikbud Muhadjir Effendy, bidang pendidikan perlu merevisi kurikulum dengan menambahkan lima kompetensi akseptor didik dalam memasuki masa revolusi 4.0 ini yaitu :
  • Memiliki kemampuan berpikir kritis
  • Memiliki kreatifitas dan kemampuan yang inovatif
  • Memiliki kemampuan dan keterampilan berkomunikasi
  • Bisa bekerjaama dan berkolaborasi
  • Memiliki kepercayaan diri

Selain itu supaya lulusan pendidikan nantinya bisa kompetitif maka kurikulum memerlukan orientasi baru tidak hanya cukup memahami literasi lama (membaca, menulis dan matematika) tetapi perlu memahami literasi masa revolusi industri 4.0 yaitu literasi data dengan kemampuan untuk membaca , menanalisis dan menggunakan info di dunia digital. Kedua literasi teknologi dengan cara memahami cara kerja mesin dan aplikasi teknologi dan yang ketiga literasi insan dimana harus sanggup memahami aspek humanities, komunikasi dan desain.

Belum ada Komentar untuk "Pengaruh Revolusi Industri 4.0 Di Dunia Pendidikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel