Laju Dan Orde Reaksi

Pendahuluan

Dalam fisika kita pernah menghitung kelajuan suatu benda. Misalnya ada kendaraan beroda empat dari kota A melaju dengan kecepatan a m/s dalam waktu t sekon menuju kota B, seperti ilustrasi berikut:

Sama seperti mobil tersebut, reaksi kimia memiliki titik awal yaitu reaktan dan tujuan yaitu produk. Dalam perjalanan reaktan ke produk dibutuhkan suatu waktu tertentu.

Jika yang dijadikan perubahan pada kendaraan beroda empat itu yakni jarak dari kota A ke kota B, apakah yang berubah selama reaksi berlangsung ? 

Sahabat, pada kesempatan ini kita akan mempelajari Laju dan Orde Reaksi. Sebelum teman mengeksplor lebih lanjut maka adapun tujuan yang ingin dicapai setelah mempelajri  materi laju dan orde reaksi ini yakni :
1.   Memahami teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan reaksi kimia.
2. Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dan menentukan orde reaksi berdasarkan data hasil percobaan

Oke teman selamat membaca dan mempelajari materi yang sudah saya siapkan berikut:

< height="480" src="https://drive.google.com/file/d/1uca_XMja7nd5n1e5mh3dYLS764tWq5Ka/preview" width="600">

Jika teman mau lebih mengeksplor materi ini lebih lanjut silakan simak penjelasan wacana konsep laju reaksi dan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi pada vide berikut :


< allowfullscreen="" class="YOUTUBE--video" data-thumbnail-src="https://i.ytimg.com/vi/tFx8Go6giNk/0.jpg" frameborder="0" height="400" src="https://www.youtube.com/embed/tFx8Go6giNk?feature=player_embedded" width="600">



< allowfullscreen="" class="YOUTUBE--video" data-thumbnail-src="https://i.ytimg.com/vi/wbuqdDLuEZ4/0.jpg" frameborder="0" height="400" src="https://www.youtube.com/embed/wbuqdDLuEZ4?feature=player_embedded" width="600">


Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi pada kesempatan berikutnya, jangan lupa yah like, share dan subscribe videonya biar bermanfaat bagi kita.

Belum ada Komentar untuk "Laju Dan Orde Reaksi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel