Cara Mencar Ilmu Kimia

Ilustrasi : tertidur sebab yaitu jenuh dengan berguru ataukah malas belajar?

Satu kata yang mungkin paling sering didengar para siswa (sebenarnya sih semua siswa juga tahu bahwa kewajiban utamanya) memang pada satu kata tersebut. Apalagi kalau bukan belajar, belajar, belajar. Namun tidak jarang kan apabila tahu bukan berarti mau melaksanakannya apalagi secara sadar tanpa harus terpaksa, sebab yaitu semoga efisien dan efektif berguru ternyata bisa disiasati dengan jurus dahsyat terutama untuk pelajaran kimia. Belajar dengan waktu yang lama belum tentu alhasil memuaskan jikalau berguru kita tidak efektif. Setelah berjam-jam membolak-balik buku tetapi tetap saja nggak ada yang nyangkut di otak. Itu berarti berguru kita tidak efektif. Cobalah beberapa tips dan triks berikut semoga kamu-kamu lebih bisa efektif.
  1. Bikin body se-fresh mungkin. Dengan begitu membuat pikiran kita juga lebih fresh. Mandi yaitu salah satu caranya.
  2. Cari suasana yang paling nyaman. Bisa di taman, di tempat sunyi (asal jangan di kuburan). Biasanya juga memutar musik yang ngebantu kita merasa betah dan nyaman tentunya bukan aliran hard rock dengan bass yang mengetarkan telinga. Bersihin dan rapiin kamar, ini membantu semoga lebih konsentrasi.
  3. Susunlah hubungan-hubungan yang terjadi dari catatan-catatan kecilmu. Buatlah semacam kerangka ukiran pena yang menjelaskan dari awal dan akhir. Ini membantu kita untuk mengerti pelajaran yang kau pelajari. Dengan demikian otak kau terlatih untuk menganalisis sebuah duduk masalah dan menemukan cara mengatasinya.
  4. Berbeda dengan sekadar menghafal, tanpa tahu apa yang sebenarnya kau pelajari. Hal ini bakal tidak berlangsung lama sebab yaitu sebelum kau tuntas menghafal seluruhnya, hafalan pertama sudah lupa. Hematlah penggunaan memori kamu, sebab yaitu memori kau bukan harddisk atau CD-RW atau USB Flash. Jadi sekali kau mengerti tidak praktis untuk lupa sebab yaitu yang diingat memorimu yaitu hasil pemahaman otak, bukan tulisan-tulisan di buku.
  5. Hindari SKS (Sistem Kebut Semalam). Hal ini akan membuat badanmu loyo, gontai, meriang, pegel-pegel, de-el-el. Ingat, otak manuia punya batas. Kagak bisa dipaksain untuk bekerja terus menerus dan sekaligus.
  6. Mengapa? Karena otak dirancang untuk bekerja efesien. Jika ada pemahaman baru, maka pemahaman lama akan dihapus dan diganti dengan pemahaman baru. Pemahaman yang kita peroleh bersifat bertahap yang semakin lama semakin baus. Inilah yang disebut kemampuan belajar. Misalnya kita berguru sembilan bab, kau harus memahami serpihan demi serpihan dengan bertahap sampai lengkap sampai sembilan serpihan sebagai satu kesatuan.
  7. 5. Otak kita butuh istirahat, kalau sudah jenuh. Istirahat dengan beberapa dikala untuk mengendurkan otot termasuk mata. Dengan demikian ngga terasa otak kita akan bertahan cukup lama untuk belajar.
  8. Buatlah kesimpulan pada setiap selesai belajar. Ini semoga kau mengetahui inti dari seluruh bahasan yang telah dipelajari. Buat cara jembatan keledai untuk jenis hafalan, menyerupai deret unsur Gol VIIIa/ gas mulia: Heboh Negara Argentina Karena Xenon Renang (He Ne Ar Kr Xe Rn) atau sistem kunci dan gembok berikut: pada reaksi elektrokimia berlaku KRAO (Katoda Reduksi Anoda Oksida). Untuk perhitungan kimia konsep Mol dan Hukum Dasar Kimia harus benar-benar terkuasai lebeh dulu sebab yaitu ini dasar perhitungan semua hitung terapan kimia, kuasailah cara teoritisnya dan cara penyelesaian dengan smart solution (cara cepat gitu).
  9. Anggaplah berguru suatu kebutuhan hidup kita. Seperti makan, minum, tidur, main, de-el-el. Hal ini akan melatih otak untuk berpikir kritis dan praktis mendapat hal-hal baru. Agar jadi amalan dunia akhirat. Jangan lupa berdoa sebelum dan sesudah belajar, bersyukurlah selalu pada pimpinan Tuhan yang Maha Kuasa yang memberi Rahmat dan Berkatnya. Selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mencar Ilmu Kimia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel