Ada Guru Honorer Dengan Honor 80 Juta/Bulan, Gue Kaget

Sebuah negara akan menjadi negara maju jikalau memiliki sistem pendidikan yang bagus. Finlandia dan Singapore contohnya, mereka menjadi negara maju sebab ialah sistem pendidikan yang mereka miliki sangat baik. Untuk memiliki sistem pendidikan yang baik tentu harus memiliki orang yang sangat paham tentang pendidikan untuk sebagai pengambilan kebijakan dan memiliki guru yang berkualitas yang baik.
Ilustrasi Ada Guru Honorer dengan Gaji 80 Juta/Bulan, Gue Kaget
Sumber: Dokumen Pribadi
Negara kita, Indonesia. Sampai saat ini belum mampu mencapai sistem pendidikan yang ideal. Kurikulum sering berganti, kualitas dan penyebaran guru tidak merata, infrastruktur yang tidak memadai, hingga minimnya gaji guru masih jadi permasalahan klasik di negeri ini.

Setiap menjelang masa pemilu, akad akan meningkatkan kesejahteraan guru terus digaungkan oleh calon pemimpin. Akan tetapi untuk merealisasikan akad sungguh sangat sulit.

Akan tetapi tadi malam saya kaget, saya bertemu dengan seorang guru muda, cantik, ceria, dan sangat ramah, serta status beliau Jomblo Fisabilillah. Namanya saya lupa untuk menanyakannya.

Singkat cerita, saat saya lagi ngopi di sebuah Cafe daerah timur Kota Bandung. Saya bertemu dengan beliau dan kita bercerita tentang GURU SUKSES KAYA KARYA. Yang merupakan tema buku yang sedang saya garap saat ini. (Tunggu tanggal lauchingnya ya ... hehehe)

Beliau memperlihatkan kepada saya, saat ini beliau memiliki gaji 80 juta/bulan (dengan beban kerja 20 hari/bulan). Mendengar hal ini, saya teringat dengan gosip yang lagi vital itu. Ya tentang "80 juta". Maka untuk menghilangkan ingin tau saya bertanya, akan tetapi lidah ini susah berkata takut beliau tersinggung. Kaprikornus lisan saya terbuka, tetapi tidak ada kata yang keluar.

Melihat kejadian ini, beliau mungkin tahu apa yang di dalam pikiran saya. "Lu gak usah berpikir yang macam-macam pak Inan, saya gak kayak yang sedang viral itu kok". Kata beliau dengan senyum.

Saya jadi salah tingkat dan tambah penasaran. "Bisnis apa yang Ibu jalankan hingga mampu memiliki penghasilan 80 juta/bulan?" Tanya saya.

"Gak punya bisnis apa-apa" jawabnya singkat.

"Punya Karya?". Tanyaku penasaran

"Gak". Jawabnya singkat dan dilanjutkan dengan menyeruput capucino panas dari gelas.

"Terus.... apa belakang layar ibu mampu bisa penghasilan sebanyak itu?" Tanyaku yang sangat penasaran.

"Cuma jadi guru honorer saja". Jawabnya santai.

Mendengar kata-kata itu saya serasa mimpi. Ada seorang guru di Indonesia memiliki penghasilan sebesar itu. Luar biasa....

"Ibu ngajar di sekolah Negeri atau Swasta?" Tanyaku penasaran.

"Di sekolah negeri, di SD". Jawabnya singkat

Duh.... benar ini saya merasa mimpi. Ada seorang guru SD di sekolah negeri memiliki penghasilan sebesar ini.

Untuk menghilangkan rasa ingin tau saya, saya mencoba untuk mencubit pipi ibu bagus ini. Baru tangan saya mendekat pipinya, dengan sangat cepat tangan ibu ini meluncur di pipi saya duluan, hingga mengeluarkan suara. Plaaaaaak......

Duh kaget saya..... hingga saya terbangun, melihat istri disamping tempat tidurku. "Cepat bangun, shalat subuh". Perintahnya.

Salam santai, dari rintikan hujan malam senin.


Salinan, S.Pd.
Founder www.inankito.org

Belum ada Komentar untuk "Ada Guru Honorer Dengan Honor 80 Juta/Bulan, Gue Kaget"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel