Panduan Pemula Mengenal Dasar-Dasar Teori Mencar Ilmu Gagne

 Teori yang dikemukakan oleh Gagne tergolong ke dalam psikologi tingkah laku atau psikolog Panduan Pemula Mengenal Dasar-Dasar Teori Belajar GagneSekarang marilah kita membahas objek-objek mencar ilmu matematika menurut Gagne. Teori yang dikemukakan oleh Gagne tergolong ke dalam psikologi tingkah laku atau psikologi stimulus respon.

Menurut Gagne (dalam Dahar, 1988), mencar ilmu merupakan proses yang memungkinkan manusia mengubah tingkah laku secara permanen, sedemikian sehingga perubahan yang sama tidak akan terjadi pada keadaan yang baru.

Selain itu, Gagne mengemukakan kematangan tidak diperoleh melalui belajar, sebab perubahan tingkah laku yang terjadi merupakan balasan dari pertumbuhan struktur pada diri manusia tersebut.

OBJEK BELAJAR MATEMATIKA

Gagne menggunakan matematika sebagai sarana untuk menyajikan dan mengaplikasi teori-teorinya wacana belajar. Menurut Gagne (dalam Ismail, 1998), objek mencar ilmu matematika terdiri dari objek pribadi dan objek tak langsung.

Objek pribadi ialah transfer belajar, kemampuan menyelidiki, kemampuan memecahkan masalah, disiplin pribadi dan apresiasi pada struktur matematika. Sedangkan objek pribadi belajar matematika ialah fakta, keterampilan, konsep dan prinsip.

  • Fakta (fact) ialah perjanjian-perjanjian dalam matematika seolah-olah simbol-simbol matematika, kaitan simbol “3” dengan kata “tiga” merupakan pola fakta.
    Contoh lainnya fakta : “+” ialah simbol dari operasi penjumlahan dan sinus ialah nama suatu fungsi khusus dalam trigonometri.
  • Keterampilan (skills) ialah kemampuan mengatakan balasan yang benar dan cepat. Misalnya pembagian cara singkat, penjumlahan pecahan dan perkalian pecahan.
  • Konsep (concept) ialah ilham absurd yang memungkinkan kita mengelompokkan objek ke dalam pola dan bukan contoh. Himpunan, segitiga, kubus, dan jari-jari ialah merupakan konsep dalam matematika.
  • Prinsip (principle) merupakan objek yang paling kompleks. Prinsip ialah sederetan konsep beserta dengan relasi diantara konsep-konsep tersebut.

Contoh prinsip ialah dua segitiga sama dan sebangun bila dua sisi yang seletak dan sudut apitnya kongruen.

Taksonomi Gagne

Selama ini kita merumuskan kompetensi dasar menurut taksonomi Bloom dengan tiga domainnya, yaitu : domain kognitif, domain afektif, dan domain psikomotor.

Padahal Gagne mengembangkan pula tujuan-tujuan mencar ilmu yang dikenal dengan taksonomi Gagne. Menurut Gagne tingkah laku manusia yang sangat bervariasi dan berbeda dihasilkan dari belajar. Kita sanggup mengklasifikasikan tingkah laku sedemikian rupa sehingga sanggup diambil implikasinya yang bermanfaat dalam proses belajar.

Gagne mengemukakan bahwa keterampilan-keterampilan yang sanggup diamati sebagai hasil-hasil mencar ilmu disebut kemampuan-kemampuan atau disebut juga kapabilitas. Kapabilitas merupakan kemampuan yang dimiliki manusia sebab ia belajar.

Kapabilitas sanggup diibaratkan sebagai tingkah laku selesai dan ditempatkan pada puncak membentuk suatu piramida. Misalnya seseorang tidak akan sanggup merampungkan tugasnya apabila tidak terlebih dahulu mengerjakan peran a dan b.

Piramida tersebut digambarkan sebagai berikut :
 Teori yang dikemukakan oleh Gagne tergolong ke dalam psikologi tingkah laku atau psikolog Panduan Pemula Mengenal Dasar-Dasar Teori Belajar Gagne

Akan tetapi untuk merampungkan peran a seseorang mesti merampungkan peran c dan d terlebih dahulu, sedangkan untuk peran b, seseorang itu harus merampungkan terlebih dahulu peran e, f, dan g. Agar lebih jelas, perhatikanlah gambar berikut:
 Teori yang dikemukakan oleh Gagne tergolong ke dalam psikologi tingkah laku atau psikolog Panduan Pemula Mengenal Dasar-Dasar Teori Belajar Gagne
Gagne mengemukakan 5 macam hasil mencar ilmu atau kapabilitas tiga bersifat kognitif, satu bersifat afektif dan satu bersifat psikomotor. Gagne membagi hasil mencar ilmu menjadi lima kategori kapabilitas sebagai berikut :

1. Informasi Verbal

Kapabilitas informasi verbal merupakan kemampuan untuk mengkomunikasikan secara lisan pengetahuannya wacana fakta-fakta. Informasi verbal diperoleh secara lisan, membaca buku dan sebagainya.

Informasi ini sanggup diklasifikasikan sebagai fakta, prinsip, nama generalisasi. Contoh, siswa sanggup menyebutkan dalil Phytagoras yang berbunyi, “pada segitiga siku-siku berlaku kuadrat sisi miring sama dengan jumlah kuadrat sisi-sisi siku-sikunya.

2. Keterampilan Intelektual

Kapabilitas keterampilan intelektual merupakan kemampuan untuk sanggup memperbedakan, menguasai konsep, aturan, dan memecahkan masalah. Kemampuan-kemampuan tersebut diperoleh melalui belajar.

Kapabilitas keterampilan intelektual menurut Gagne dikelompokkan dalam 8 tipe mencar ilmu yaitu, mencar ilmu isyarat, mencar ilmu stimulus respon, mencar ilmu rangkaian gerak, mencar ilmu rangkaian verbal, mencar ilmu memperbedakan, mencar ilmu pembentukan konsep, mencar ilmu pembentukan aturan, dan mencar ilmu pemecahan masalah.

Tipe mencar ilmu tersebut terurut kesukarannya dari yang paling sederhana (belajar isyarat) sampai kepada yang paling kompleks mencar ilmu pemecahan masalah.

a. Belajar Isyarat
Belajar arahan ialah mencar ilmu yang tidak diniati atau tanpa kesengajaan, timbul sebagai balasan suatu rangsangan (stimulus) sehingga menimbulkan suatu respon emosional pada individu yang bersangkutan.

Sebagai contoh, sikap guru yang sangat menyenangkan siswa, dan membuat siswa yang mengikuti pelajaran guru tersebut menyenangi pelajaran yang diajarkan oleh guru tersebut. Contoh yang lain, misal pada suatu kelas yang diberikan pelajaran geometri, seorang anak yang tak sanggup mengerjakan soal geometri tersebut dicemoohkan oleh guru. Karena cemoohan guru tersebut anak tidak sanggup menyenangi pelajaran matematika.

b. Belajar Stimulus Respon
Belajar stimulus respon ialah mencar ilmu untuk merespon suatu isyarat, berbeda dengan pada mencar ilmu arahan pada tipe mencar ilmu ini mencar ilmu yang dilakukan diniati atau sengaja dan dilakukan secara fisik.

Belajar stimulus respon menghendaki suatu stimulus yang datangnya dari luar sehingga menimbulkan terangsangnya otot-otot kemudian diiringi respon yang dikehendaki sehingga terjadi relasi pribadi yang terpadu antara stimulus dan respon. Misalnya siswa menirukan guru menyebutkan persegi setelah gurunya menyebutkan persegi; siswa mengumpulkan benda persegi setelah disuruh oleh gurunya.

c. Belajar Rangkaian gerak
Belajar rangkaian gerak merupakan perbuatan jasmaniah terurut dari dua acara atau lebih stimulus respon. Setiap stimulus respon dalam suatu rangkaian berhubungan dekat dengan stimulus respon yang lainnya yang masih dalam rangkaian yang sama.

Sebagai contoh, misalnya seorang anak akan menggambar sebuah bulat yang pusat dan panjang jari-jarinya diketahui. Untuk melakukan acara tersebut anak tadi melakukan beberapa langkah terurut yang saling berkaitan satu sama lain.

Kegiatan tersebut terdiri dari rangkaian stimulus respon, dengan langkah-langkah sebagai berikut : anak memegang sebuah jangka, meletakkan salah satu ujung jangka pada sebuah titik yang telah ditentukan menjadi pusat bulat tersebut, kemudian mengukur jarak dari titik tadi, setelah itu meletakkan ujung jangka lainnya sesuai dengan panjang jari-jari, kemudian memutar jangka tersebut.

d. Belajar rangkaian verbal
Kalau tadi pada mencar ilmu rangkaian gerak merupakan perbuatan jasmaniah, maka pada mencar ilmu rangkaian verbal merupakan perbuatan lisan. Jadi, mencar ilmu rangkaian verbal ialah perbuatan lisan terurut dari dua acara atau lebih stimulus respon. Setiap stimulus respon dalam satu rangkaian berkaitan dengan stimulus respon lainnya yang masih dalam rangkaian yang sama.

Contoh, ketika mengamati suatu benda terjadilah relasi stimulus respon yang kedua, yang memungkinkan anak tersebut menamai benda yang diamati tersebut.

Contoh dalam matematika, seorang anak mengamati sebuah segi empat tegak yang keempat sisi-sisinya sama panjang, maka nama segi tersebut ialah persegi.

e. Belajar Memperbedakan
Belajar memperbedakan ialah mencar ilmu membedakan relasi stimulus respon sehingga bisa memahami beragam objek fisik dan konsep, dalam merespon lingkungannya, anak membutuhkan keterampilan-keterampilan sederhana sehingga sanggup membedakan suatu objek dengan objek lainnya, dan membedakan satu simbol dengan simbol lainnya.

Terdapat dua macam mencar ilmu memperbedakan yaitu memperbedakan tunggal dan memperbedakan jamak.
Contoh memperbedakan tunggal. “siswa sanggup menyebutkan segitiga sebagai lingkungan tertutup sederhana yang terbentuk dari gabungan tiga buah ruas garis”.

Contoh memperbedakan jamak, siswa sanggup menyebutkan perbedaan dari dua jenis segitiga menurut besar sudut dan sisi-sisinya. Berdasarkan besar sudut yang paling besar ialah sudut siku-siku dan sisi terpanjang ialah sisi miringnya, sementara pada segitiga sama sisi besar sudut-sudutnya sama begitu pula dengan besar sisi-sisinya.

f. Belajar Pembentukan Konsep
Belajar Pembentukan Konsep ialah mencar ilmu mengenal sifat bersama dari benda-benda konkret, atau kejadian untuk mengelompokkan menjadi satu. Misalnya untuk memahami konsep persegipanjang anak mengamati daun pintu rumah (yang bentuknya persegi panjang), papan tulis, bingkai foto (yang bentuknya persegipanjang) dan sebagainya.

Untuk hal-hal tertentu mencar ilmu pembentukan konsep merupakan lawan dari mencar ilmu memperbedakan. Belajar memperbedakan menginginkan anak sanggup membedakan objek-objek menurut karakteristiknya yang berlainan, sedangkan mencar ilmu pembentukan konsep menginginkan biar anak sanggup mengklasifikasikan objek-objek ke dalam kelompok-kelompok yang memiliki karakteristik sama.

g. Belajar Pembentukan Aturan
Aturan terbentuk menurut konsep-konsep yang sudah dipelajari. Aturan merupakan pernyataan verbal, dalam matematika misalnya adalah: teorema, dalil, atau sifat-sifat.

Contoh aturan dalam segitiga siku-siku berlaku kuadrat sisi miring sama dengan jumlah kuadrat sisi-sisi siku-sikunya. Dalam mencar ilmu pembentukan aturan memungkinkan anak untuk sanggup menghubungkan dua konsep atau lebih. Sebagai contoh, terdapat sebuah segitiga dengan sisi siku-sikunya berturut-turut memiliki panjang 3 cm dan 4 cm.

Guru meminta anak untuk memilih panjang sisi miringnya. Untuk menghitung panjang sisi miringnya, anak memerlukan suatu aturan Pythagoras yang berbunyi “pada suatu segitiga siku-siku berlaku kuadrat sisi miring sama dengan jumlah kuadrat sisi siku-sikunya”. Dengan menggunakan aturan di atas diperoleh $ 3^{2}+4^{2}=25=5^{2} $, jadi panjang sisi miring yang ditanyakan ialah 5 cm.

h. Belajar Memecahkan Masalah (problem solving)
Belajar memecahkan duduk duduk masalah ialah tipe mencar ilmu yang lebih tinggi derajatnya dan lebih kompleks daripada tipe mencar ilmu aturan (rule learning). Pada tiap tipe belajar memecahkan masalah, aturan yang telah dipelajari terdahulu untuk membuat formulasi penyelesaian masalah.

Contoh mencar ilmu memecahkan masalah, mencari selisih kuadrat dua bilangan yang sudah diketahui jumlah dan selisihnya, yaitu: $ a+b=10,\ a-b=4,\ a^{2}-b^{2}=...$
Siswa diharapkan menggunakan aturan bahwa $ a^{2}-b^{2}=\left ( a-b \right )\left ( a+b \right ) $, sehingga tanpa mencari a dan b, siswa sanggup menemukan $ a^{2}-b^{2}=\left ( a-b \right )\left ( a+b \right )=\left ( 4 \right )\left ( 10 \right )=40$

3. Strategi Kognitif

Kapalilitas strategi kognitif ialah kemampuan untuk mengkoordinasikan serta mengembangkan proses berpikir dengan cara merekam, membuat analisis dan sintesis. Kapabilitas ini terorganisasikan secara internal sehingga memungkinkan perhatian, belajar, mengingat, dan berfikir anak terarah. Contoh tingkah laku balasan kapabilitas strategi kognitif, ialah menyusun langkah-langkah penyelesaian duduk duduk masalah matematika.

4. Sikap

Kapabilitas sikap ialah kecenderungan untuk merespon secara tepat terhadap stimulus atas dasar penilaian terhadap stimulus tersebut. Respon yang diberikan oleh seseorang terhadap suatu objek mungkin positif mungkin pula negatif, hal ini tergantung kepada penilaian terhadap objek yang dimaksud, apakah sebagai objek yang penting atau tidak.

Contoh, seseorang memasuki toko buku yang didalamnya tersedia aneka macam macam jenis buku, bila orang tersebut memiliki sikap positif terhadap matematika, tentunya sikap terhadap matematika yang dimiliki menghipnotis orang tersebut dalam memilih buku matematika atau buku yang lain selain buku matematika.

5. Keterampilan Motorik

Untuk mengetahui seseorang memiliki kapabilitas keterampilan motorik, kita sanggup melihatnya dari segi kecepatan, ketepatan, dan kelancaran gerakan otot-otot, serta anggota badan yang diperlihatkan orang tersebut.

Kemampuan dalam mendemonstrasikan alat-alat peraga matematika merupakan salah satu pola tingkah laku kapabilitas ini. Contoh lain yang lebih sederhana misalnya kemampuan menggunakan penggaris, jangka, sampai kemampuan menggunakan alat-alat tadi untuk membagi sama panjang suatu garis lurus.

Kembali kita tekankan, biar pemahaman wacana teori mencar ilmu Gagne ini lebih kita pahami coba untuk kita praktekkan maka kelebihan dan kekurangan dari teori mencar ilmu akan lebih banyak kita peroleh.

Contoh Proses Belajar Mengajar yang dianjurkan pada Kurikulum 2013, mungkin video berikut sanggup membantu kita dalam penerapan kuriulum 2013;
 Teori yang dikemukakan oleh Gagne tergolong ke dalam psikologi tingkah laku atau psikolog Panduan Pemula Mengenal Dasar-Dasar Teori Belajar Gagne

Belum ada Komentar untuk "Panduan Pemula Mengenal Dasar-Dasar Teori Mencar Ilmu Gagne"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel