Rpp Bahasa Indonesia Kd 3.2 Dan 4.2 Kelas 7 Kurtilas Revisi 2019
RPP BAHASA INDONESIA KD 3.2 DAN 4.2 KELAS 7 KURTILAS REVISI 2019
Kali ini blog akan menyebarkan bersama anda RPP BAHASA INDONESIA KD 3.2 DAN 4.2 KELAS 7 KURTILAS REVISI 2019. Banyak sekali bertebaran RPP yang berbunyi kurikulum 2013 namun kebanyakan dari rpp rpp itu adalah rpp kuikulum 2013 versi 2014 2015. RPP kurtilas telah mengalami pergantian atau dalam arti penyempurnaan bahkan mungkin setahu saya 4 kali ini. penyempurnaan itu mengakibatkan perubahan KD dan deskripsi KD juga berubah. Maka bila kita tak hati hati dan asal comot dari internet maka saya jamin anda akan sangat kecewa lantaran RPP yang anda cetak ternyata tak mampu anda gunakan lagi.
Silakan anda lihat viewnya dulu belahan bawah ini kemudian bila RPP ini dirasa cocok untuk anda dan sekolah tempat anda bekerja silakan saja anda download pada link sebagai berikut.
Begini tampak viewnya. periksa kelengkapannya apakah ada rubrik dan kisi kisi penilaiannya.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (2)
Sekolah | SMPN 4 Satu Atap Karangrayung |
Bahasa Indonesia | |
Kelas/Semester | VII/Ganjil |
Alokasi Waktu | 14 JP |
A. Kompetensi Inti :
- Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya.
- Menghargaidan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan bencana tampak mata.
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian |
3.2 Menelaah struktur dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca. | 1. Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi 2. Menentukan belahan identifikasi dan deskripsi belahan pada teks deskripsi yang disajikan 3. Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi 4. Menelaah belahan struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan 5. Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca |
4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah,tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan ekspresi dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan baik secara ekspresi dan tulis. | 1. Merencanakan penulisan teks deskripsi 2. Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan 3. Menyajikan secara ekspresi teks deskripsi dalam konteks pembawa jadwal televisi mendeskripsikan objek |
C. TujuanPembelajaran
Pengetahuan
Setelah mengikuti jadwal diskusi siswa dapat;
- Memerinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
- Menentukan belahan identifikasi dan deskripsi belahan pada teks deskripsi yang disajikan
- Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
- Menelaah belahan struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
- Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
Keterampilan
Setelah mengikuti jadwal pembelajaran siswa dapat;
- Merencanakan penulisan teks deskripsi dengan baik
- Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan dengan baik
- Menyajikan secara ekspresi teks deskripsi dalam konteks pembawa jadwal televisi mendeskripsikan objek dengan baik.
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
● Struktur teks deskripsi
● Karakteristik tiap belahan teks deskripsi
● Contoh cara melengkapi teks deskripsi
● Contoh penggunaan kata/ frasa benda, kata / frasa sifat, kata keterangan tempat, kalimat rincian
● Contoh sinonim dan hiponim pada teks deskripsi
● Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan baik yang salah maupun yang benar
Keterampilan
● Praktik menulis teks deskripsi dari objek sekitar yang diamati
● Praktik memperlihatkan narasi ekspresi untuk video/objek
● Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat
2. Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
● Struktur teks deskripsi
● Karakteristik tiap belahan teks deskripsi
● Contoh cara melengkapi teks deskripsi
● Contoh penggunaan kata/ frasa benda, kata / frasa sifat, kata keterangan tempat, kalimat rincian
● Contoh sinonim dan hiponim pada teks deskripsi
● Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan baik yang salah maupun yang benar
Keterampilan
● Praktik menulis teks deskripsi dari objek sekitar yang diamati
● Praktik memperlihatkan narasi ekspresi untuk video/objek
● Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat
3. Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
● Struktur teks deskripsi
● Karakteristik tiap belahan teks deskripsi
● Contoh cara melengkapi teks deskripsi
● Contoh penggunaan kata/ frasa benda, kata / frasa sifat, kata keterangan tempat, kalimat rincian
● Contoh sinonim dan hiponim pada teks deskripsi
● Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan baik yang salah maupun yang benar
Keterampilan
● Praktik menulis teks deskripsi dari objek sekitar yang diamati
● Praktik memperlihatkan narasi ekspresi untuk video/objek
● Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat
Sikap yang ditumbuhkan: Jujur berkarya, Tanggung jawab.
E. MetodePembelajaran
PendekatanSaitifik
1. mengamati
2. bertanya
3. mengumpulkan data
4. mengolah data
5. mengomunikasikan (mennyajikan)
F. Media danSumberBelajar
● Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 18 s.d 35.
● Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 39 s.d 42.
● http://kecilnyaaku.com Kategori: Jenis Teks, Kotak Info dan Tugas
G. Langkah-langkahPembelajaran
Pengatahuan
- Pendahuluan
● Mengucapkan salam, berdoa, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar, dan mengabsen siswa.
● Guru bertanya-jawab tentang bentuk teks deskripsi pada pembelajaran sebelumnya dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
● Dibuka dengan hal-hal yang berkaitan dengan materi yang mampu menggairahkan siswa untuk belajar.
● Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
● Bertanya jawab tentang manfaat pembelaaran yang akan dipelajari.
● Membangun konteks untuk menumbuhkan perilaku yang telah dirancang.
2. Kegiatan Inti
Pertemuan ke-1 (2 JP)
● Mengamati tabel struktur teks deskripsi
● Menggali informasi tentang karakteristik identifikasi, deskripsi bagian
● Menalar
● Mengidentifikasi struktur teks deskripsi
● Menukarkan hasil
Pertemuan ke-2 ( 2 JP)
● Mengamati teks yang belum lengkap
● Mempertanyakan cara melengkapi belahan struktur
● Menggali informasi cara
● Melengkapi dengan membaca lagi struktur dan variasi bagian-bagiannya
● Mendiskusikan
● Bagian yang tepat untuk melengkapi
● Menelaah hasil melengkapi teks dari segi ketepatan dan kelengkapan struktur
Pertemuan ke-3 (2 JP)
● Membaca dan mengamati pola penggunaan kata, kalimat, tanda baca/ ejaan
● Menanya
● Bagaimana prinsip penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan.
● Menggali informasi
● Membaca buku siswa dan sumber lain yang relevan tentang prinsip penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan.
● Bermain menelaah/ memperbaiki penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan
● Memajang hasil telaah dari segi penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan
3. Penutup
● Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
● Siswa bersama guru melakukan indentifikasi keunggulan dan kelemahan jadwal pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
● Siswa mendapat umpan balik tentang proses pembelajaran.
● Mewajibkan siswa untuk membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman asional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
● Siswa mendapat penyampaian tentang jadwal pembelajaran pertemuan berikutnya.
Keterampilan
- Pendahuluan
● Mengucapkan salam, berdoa, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar, dan mengabsen siswa.
● Guru bertanya-jawab tentang stuktur dan karakteristik teks deskripsi pada pembelajaran sebelumnya dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
● Dibuka dengan hal-hal yang berkaitan dengan materi yang mampu menggairahkan siswa untuk belajar.
● Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
● Bertanya jawab tentang manfaat pembelaran yang akan dipelajari.
● Membangun konteks untuk menumbuhkan perilaku yang telah dirancang.
2. Kegiatan Inti
Pertemun ke-1 ( 2 JP)
● Mengamati langkah dan pola judul, kerangka, cara mengembangkan teks
● Mempertanyakan langkah membuat teks deskripsi dengan mengamati objek
● Menggali informasi dari banyak sekali sumber langkah menulis teks deskripsi
● Latihan meranncang objek dan n kerangka teks deskripsi menurut objek yang ditentukan/ dipilih siswa dengan langkah yang ditemukan
Pertemuan ke-2 (2 JP)
● Mengamati objek yang akan dijadikan teks deskripsi
● Mempertanyakan informasi apa yang harus dikumpulkan
● Menggali informasi
● Mencari data dari objek yang dipilih
● Mendata kata kunci dari objek
● Menalar
● Merangkai kata-kata kunci menjadi paragraf
● Merangkai paragraf menjadi teks
● Mengomunikasikan
● Memajang hasil
Pertemuan ke-3 (2 JP)
● Mengamati pola kesalahan pengembangan
● Menanya
● Bagaimana cara menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat
● Menggali informasi
● Menemukan kesalahan dari teks yang ditulis
● Dipajang untuk mendapat masukan dari teman/ guru
● Memperbaiki dan memamerkan hasil akhir
3. Penutup
● Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
● Siswa bersama guru melakukan indentifikasi keunggulan dan kelemahan jadwal pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
● Siswa mendapat umpan balik tentang proses pembelajaran.
● Mewajibkan siswa untuk membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman asional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
● Siswa mendapat penyampaian tentang jadwal pembelajaran pertemuan berikutnya.
H. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
- Penilaian Pengetahuan
Teknik : Tes tulis dan penugasan.
Bentuk : Isian dan peran yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan teks dekripsi.
- Struktur teks tanggapan deskriptif mencakup….
- Identifikasi/ gambaran umum berisi ….
- Deskripsi belahan berisi….
- Sebutkan jenis pengembangan deskripsi bagian!
- Sebutkan penggunaan tanda koma (,) yang kamu ketahui!
- Sebutkan penggunaan aksara kapital yang kamu ketahui!
- Kata depan di berfungsi sebagai kata depan bila …. Sebagai kata depan di ditulis terpisah dengan kata yang mengikutinya (di pantai, di belakang, di atas, di belahan barat, di samping).
- Fonem k, p, t, s luluh bila setelah awalan meN- diikuti oleh kata dasar yang berawal dengan aksara k, p, t, s. tuliskan masing-masing satu contoh!
- Fonem k, p, t, s TIDAK luluh bila setelah awalan meN- diikuti oleh kata dasar yang diawali dengan kluster/ konsonan rangkap. Tuliskan contohnya!
- Gantilah kata-kata bercetak miring dengan kata yang bermakna sama
Sungguh elok pemandangan di Raja Ampat
Air laut di Pantai itu sungguh jernih.
Tak ketinggalan koral berbentuk jamur kuping dengan warna cokelat.
Koral itu ibarat jamur yang sesungguhnya
Pasir putih nan lembut berpadu dengan batas air.
Luar biasa pemandangan di pantai itu.
Bentuk koral di laut dangkal itu beragam.
Keindahan alami pulau itu sangat menakjubkan
Kunci jawaban
- Identifikasi, deskripsi bagian, simpulan.
- Nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya, makna nama, pernyataan umum tentang objek.
- Deskripsi belahan Berisi perincian belahan apa yang dilihat, apa yang didengar, apa yang dirasakan penulis dengan mengamati objek.
- Jenis Pengembangan Deskripsi Bagian: (1) Deskripsi belahan menurut ruang. (2) Deskripsi belahan menurut anggota bagian- belahan objek. (3) Deskripsi belahan menurut proses sesuatu berlangsung. (4) Deskripsi belahan berupa pemfokusan.
- Tanda koma (,) dipakai (1) di antara unsur-unsur dalam suatu peperincian atau pembilangan. (2) dipakai di belakang kata penghubung antarkalimat yang terdapat pada awal kalimat (jadi, dengan demikian)
- Huruf kapital dipakai sebagai aksara pertama nama diri atau nama diri geografi bila kata yang mendahuluinya menggambarkan kekhasan budaya gesekan Jepara, sarung Makasar Huruf pertama unsur-unsur nama geografi yang diikuti nama diri geografi (Selat Lombok, Teluk Benggala, Jalan Gajah Mada)
- Diikuti dengan kata keterangan tempat, arah, posisi/ letak.
- Misal: memengaruhi (meN- + pengaruh), memesona (meN- + pesona), mengarantina (meN- + karantina)
- Misal: memprakarsai, mengkriminalkan, mengklasifikasi.
3. Pembelajaran Remedial
Aktivitas jadwal pembelajaran remedial, yang mampu berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, berguru kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan jadwal pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
4. Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik siswa, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
2. Penilaian Keterampilan
1. Menjadi Reporter Acara Jalan-jalan
Carilah tayangan video/gambar wisata di sebuah daerah. Tayangkan dan jadilah reporter jadwal jalan-jalan untuk mendeskripsikan keindahan wisata tersebut.
Lakukan bergantian di depan kelas!
Perhatikan kesesuaian gambar dengan deskripsi. Intonasi dan gerak-gerik juga perlu diperhatikan!
Menulis Teks Deskripsi
Setelah menyajikan lisan, sekarang kamu menulis teks deskripsi. Deskripsikan satu di antara tempat-tempat yang disebutkan di bawah ini. Deskripsi yang kamu buat harus berisi tentang ukuran, lokasi, dan tipe kota atau desa yang kamu pilih. Sebutkan juga hal-hal yang menjadi ciri khas. Uraikan juga perasaanmu terhadap tempat tinggalmu (alasan mengapa merasa betah atau sebaliknya).
2. Menyunting Teks Deskripsi
Telaahlah kembali teks yang Anda tulis dengan menggunakan rubrik yang disediakan.
3. Pembelajaran Remedial
Aktivitas jadwal pembelajaran remedial mampu berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, berguru kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan jadwal pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
4. Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik siswa, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Rubrikpenilaianpengetahuan
No. | Uraian | Skor |
1. | Jawabanbenar | 1-2 |
2. | Jawabanbenar | 1-5 |
3. | Jabanbenar | 1-5 |
4. | Jawabanbenar | 1-5 |
5. | Jabanbenar | 1-5 |
6. | Jawabanbenar | 1-4 |
7. | Jawabanbenar | 1-5 |
8. | Jabanbenar | 1-4 |
9. | Jawabanbenar | 1-5 |
| Jumlahskor | |
Nilai= ∑skor X 100
40
RubrikPenilaianKeterampilan
Nilaiunjukkerja Menjadi Reporter Acara Jalan-jalan | ||
No. | Uraian | Skor |
1. | Kesesuaianisidengangambarvidio | 1-8 |
| Intonasi | 1-7 |
| Gesture | 1-8 |
| Volume suara | 1-7 |
| Jumlahskor | 30 |
Nilai= ∑skor X 100
30
NilaiProyekmenulisteksdeskripsi | ||
No. | Uraian | Skor |
2. | Kesesuaianisidengandengantempat | 1-8 |
| Ketepatanpilihan kata | 1-7 |
| Keterpaduanhubunganantarkalimat | 1-8 |
| Ketepatanmenggunakanejaan | 1-7 |
| Jumlahskor | 30 |
Nilai= ∑skor X 100
30
NilaiUnjukkerjamenyuntingteksdeskripsi | ||
No. | Uraian | Skor |
3. | Memperbaikikeslahanisiteks | 1-8 |
| Memperbaikikesalahanhubunganantarkalimat | 1-7 |
| Memperbaikikesalahanpilihan kata | 1-8 |
| Memperbaikikesalahanejaan | 1-7 |
| Jumlahskor | 30 |
| Nilai= ∑ skor X 100 30 | |
Mengetahui, ............, Juli 2018
Kepala SMP Negeri 1 Websiteedukasi.com Guru Mata Pelajaran
.......................................... ...........................................
NIP.................................... NIP. ..................................
Lampiran
Materi
Struktur teks tanggapan deskriptif mencakup: identifikasi, deskripsi bagian, simpulan. Untuk lebih jelasnya mampu dilihat pada bagan berikut.
Struktur Teks Tanggapan Deskriptif
1. identifikasi
2. deskripsi belahan
3. simpulan/ kesan
Identifikasi/ gambaran umum Berisi nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya, makna nama, pernyataan umum tentang objek.
Deskripsi belahan Berisi perincian belahan objek tetapi diperinci menurut tanggapan subjektif penulis. Perincian mampu berisi apa yang dilihat (bagian-bagiannya, komposisi warna, ibarat apa objek yang dilihat menurut kesan penulis). Perincian juga mampu berisi perincian apa yang didengar (mendengar bunyi apa saja, ibarat apa suara-suara itu/penulis membandingkan dengan apa). Perincian juga mampu berisi apa yang dirasakan penulis dengan mengamati objek.
Jenis Pengembangan Deskripsi Bagian
Deskripsi belahan menurut ruang Berisi perincian bagian-bagian ruang objek yang dideskripsikan. Misalnya, penulis mendeskripsikan belahan pintu masuk, belahan tengah, belahan belakang). Perincian ruang juga mampu menyebut nama ruangruang dan ciri-cirinya.
Deskripsi belahan menurut anggota bagian- belahan objek Berisi perincian bagian-bagian yang dideskripsikan (pantai digambarkan bawah lautnya, bibir pantai, ombak dan pasirnya, pemandangan tanaman dan hewan pantai).
Deskripsi belahan berdasarkan proses sesuatu berlangsung. Berisi perincian belahan awal, mulai meningkat, puncak (inti), penutup. Misalnya, penulis mendeskripsikan awal pementasan, puncak adegan, mulai meluruh, dan penutup.
Deskripsi bagian berupa pementingan Berisi belahan yang paling disukai dari belahan yang dideskripsikan. Contoh: Bagian yang paling saya sukai dari perpustakaan ini adalah ruang bacanya. Desain unik dengan cat cerah memperlihatkan kenyamanan yang luar biasa pada pengunjung.
2.6 Penggunaan Kata Khusu
Kata umum adalah kata yang luas ruang lingkupnya dan mampu meliputi banyak hal. Kata – kata yang termasuk dalam kata umum disebut dengan hipernim. Kata khusus adalah kata yang ruang lingkup dan cakupan maknanya lebih sempit. Kata – kata yang termasuk dalam kata umum disebut dengan hipernim. Kata umum dan kata khusus bekerjsama sinonim tetapi dengan makna yang lebih khusus. ( Buku Siswa halaman 25)
Demikian artikel
RPP BAHASA INDONESIA KD 3.2 DAN 4.2 KELAS 7 KURTILAS REVISI 2019 semoga bermanfaat
Belum ada Komentar untuk "Rpp Bahasa Indonesia Kd 3.2 Dan 4.2 Kelas 7 Kurtilas Revisi 2019"
Posting Komentar