Soal Dan Pembahasan Osn 2019 Tingkat Kabupaten Matematika Smp

 untuk tingkat kabupaten yang diperlombakan ada tiga bidang study Soal dan Pembahasan OSN 2019 Tingkat Kabupaten Matematika SMPOlimpiade Sains Nasional (OSN) untuk tingkat kabupaten yang diperlombakan ada tiga bidang study, yaitu Matematika, IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Kegiatan seleksi peserta OSN tahun 2019 untuk tingkat kabupaten (OSK) telah selesai dilaksanakan dengan baik pada hari ini.

Seperti apa soal OSN tingkat kabupaten bidang study matematika pada tahun 2019 ini, mari kita coba diskusikan. Setidaknya ini akan menjadi catatan atau sebagai materi persiapan menghadapi OSK tahun 2020.

Sebelumnya kita sudah pernah diskusikan beberapa soal latihan terkait OSK Matematika diantaranya:
  • Soal dan pembahasan Pra OSK matematika tahun 2019 lihat disini
  • Soal dan pembahasan OSK matematika tahun 2018 Type 1 lihat disini
  • Soal dan pembahasan OSK matematika tahun 2018 Type 2 lihat disini
  • Soal dan pembahasan OSK matematika tahun 2018 Type 3 lihat disini
  • Soal dan pembahasan OSK matematika tahun 2018 Type 4 lihat disini
  • Soal dan pembahasan OSK matematika tahun 2017 lihat disini
  • Soal dan pembahasan OSK matematika tahun 2016 lihat disini

Berikut mari kita diskusikan soal dan pembahasan OSN 2019 tingkat kabupaten mata pelajaran matematika untuk tingkat SMP😉
(1). Diketahui $A= \left \{ 0,1,2,3,4 \right \}$; $a,b,c$ ialah tiga anggota yang berbeda dari $A$, dan $\left( a^{b} \right)^{c}=n$. Nilai maksimum dari $n$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 4096 \\
(B)\ & 6561 \\
(C)\ & 9561 \\
(D)\ & 9651
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk menerima nilai $n$ maksimum dari bentuk bilangan berpangkat $\left( a^{b} \right)^{c}=n$, kita coba mulai dari $a^{b}$ yang terbesar yaitu $3^{4}$. Sehingga selanjutnya kita tinggal memilih dari angka $0,1,2$ untuk menjadi pangkat, dan kita pilih juga bilangan terbesar yaitu $2$

Nilai $n=\left( a^{b} \right)^{c}$ maksimum ialah $\left( 3^{4} \right)^{2}=81^{2}=6561$

$ \therefore $ Pilihan yang sesuai ialah $(B)\ 6561$

(2). Dua akuarium $A$ dan $B$ diisi air sehingga volumnya sama yaitu $64.000\ cm^{3}$. Anto memiliki $30$ kelereng kecil dan $20$ kelereng besar yang akan dimasukkan ke dalam akuarium tersebut. Ke dalam akuarium $A$ dimasukkan $7$ kelereng kecil dan $7$ kelereng besar sehingga volum akuarium yang terisi menjadi $64821\dfrac{1}{3}\ cm^{3}$. Sedangkan, ke dalam akuarium $B$ dimasukkan $21$ kelereng kecil dan $7$ kelereng besar sehingga volum akuarium yang terisi menjadi $64880\ cm^{3}$. Volum seluruh kelereng Anto yang tidak dimasukkan ke akuarium adalah...$cm^{3}$.
$\begin{align}
(A)\ & 113\dfrac{3}{21} \\
(B)\ & 226\dfrac{6}{21} \\
(C)\ & 251\dfrac{9}{21} \\
(D)\ & 687\dfrac{5}{21}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dua akuarium yang masing-masing volumnya sama yaitu $64.000$
Pada akuarium $A$ dimasukkan $7k+7b \equiv 64821\dfrac{1}{3}$ dan pada akuarium $B$ dimasukkan $21k+7b \equiv 64880$.

Dari kedua keadaan akuarium, volume kelereng yang ditambahkan mampu kita ketahui dengan mengurangkan dengan volume akuarium mula-mula, sehingga kita peroleh;

$\begin{array}{c|c|cc}
7k+7b = 821\dfrac{1}{3} & \\
21k+7b = 880 & (-) \\
\hline
14k = 58\dfrac{2}{3} & 21k+7b = 880 \\
14k =\dfrac{176}{3} & 21 \left( \dfrac{88}{21} \right) +7b = 880 \\
k = \dfrac{176}{42} & 7b = 880-88 \\
k = \dfrac{88}{21} & b = \dfrac{792}{7}
\end{array} $

Kelereng yang sisa ialah $2$ kereng kecil $(k)$ dan $6$ kelereng besar $(b)$, total volume kelereng yang sisa adalah;
$\begin{align}
& 2 \times \dfrac{88}{21} + 6 \times \dfrac{792}{7} \\
& = \dfrac{176}{21} + \dfrac{4752}{7} \\
& = \dfrac{176}{21} + \dfrac{14256}{21} \\
& = \dfrac{14432}{21} \\
& = 687\dfrac{5}{21}
\end{align}$

$ \therefore $ Pilihan yang sesuai ialah $(D)\ 687\dfrac{5}{21}$

(3). Hasil Ikan Tangkapan (HIT) seorang nelayan selama bulan januari 2019 turun $25\%$ dibanding bulan sebelumnya HIT selama bulan Februari 2019 turun $20\%$ dibanding bulan sebelumnya. HIT selama bulan maret 2019 turun $10\%$ dibanding bulan sebelumnya sehingga menjadi $108\ kg$. Pernyataan berikut yang benar adalah...
$(A)\ $ HIT bulan Desember 2018 sebanyak 200 kg.
$(B)\ $ HIT bulan Januari 2019 sebanyak 120 kg.
$(C)\ $ HIT bulan Februari 2019 sebanyak 130 kg.
$(D)\ $ HIT bulan Februari 2019 sebanyak 150 kg.
Alternatif Pembahasan:

Data-data yang disampaikan pada soal jikalau kita jabarkan kurang lebih mirip berikut;

  • HIT Maret turun $10\%$ dibanding Februari menjadi $108\ kg$ atau dengan kata lain $108=90\% \times F$
  • Berdasarkan data di Maret, HIT Februari ialah $F=108 \times \dfrac{100}{90}=120$. HIT Februari turun $20\%$ dibanding Januari sehingga $120=80\% \times F$
  • Berdasarkan data di Februari, HIT Januari ialah $J=120 \times \dfrac{100}{80}=150$. HIT Januari turun $20\%$ dibanding Desember sehingga $150=75\% \times D$
  • Berdasarkan data di Januari, HIT Desember ialah $D=150 \times \dfrac{100}{75}=200$

$ \therefore $ Pilihan yang sesuai ialah $(A)\ $ HIT bulan Desember 2018 sebanyak 200 kg

(4). Jika $x=2p-4q$ dan $y=-p+2q$, maka nilai $\dfrac{2x^{2}-3xy+y^{2}}{x^{2}-y^{2}}$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & \dfrac{1}{5} \\
(B)\ & \dfrac{1}{3} \\
(C)\ & 3 \\
(D)\ & 5
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk $x=2p-4q$ dan $y=-p+2q$, maka $x+y=p-2q$ dan $x-y=3p-6q$
$\begin{align}
& \dfrac{2x^{2}-3xy+y^{2}}{x^{2}-y^{2}} \\
& = \dfrac{x^{2}+x^{2}+y^{2}-3xy}{(x+y)(x-y)} \\
& = \dfrac{(x+y)^{2}-2xy+x^{2}-3xy}{(x+y)(x-y)} \\
& = \dfrac{(x+y)^{2}+x^{2}-5xy}{(x+y)(x-y)} \\
& = \dfrac{(x+y)^{2}+x(x-5y)}{(x+y)(x-y)} \\
& = \dfrac{(p-2q)^{2}+(2p-4q)(2p-4q-5(-p+2q))}{(p-2q)(3p-6q)} \\
& = \dfrac{(p-2q)^{2}+(2p-4q)(7p-14q)}{(p-2q)(3p-6q)} \\
& = \dfrac{p^{2}-4pq+4q^{2}+14p^{2}-56pq+56q^{2}}{3p^2-12pq+12q^{2}} \\
& = \dfrac{15p^{2}-60pq+60q^{2}}{3p^2-12pq+12q^{2}} \\
& = \dfrac{5 \left(3p^{2}-12pq+12q^{2} \right)}{3p^2-12pq+12q^{2}} \\
& = 5
\end{align}$

$ \therefore $ Pilihan yang sesuai ialah $(D)\ 5$


(5). Diketahui $xy+2x+y=10$ dengan $x$ dan $y$ bilangan bulat positif. Nilai minimum dari $x+y$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 4 \\
(B)\ & 5 \\
(C)\ & 8 \\
(D)\ & 10
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk $xy+2x+y=10$ dengan $x$ dan $y$ bilangan bulat positif, maka nilai minimum dari $x+y$ terjadi untuk $x$ atau $y$ bilangan bulat terkecil.

Untuk $x=1$ maka:
$\begin{align}
xy+2x+y & = 10 \\
y+2 +y & = 10 \\
y & = 4 \\
x+y & = 5
\end{align}$

Untuk $y=1$ maka:
$\begin{align}
xy+2x+y & = 10 \\
x+2x +1 & = 10 \\
x & = 3 \\
x+y & = 4
\end{align}$

$ \therefore $ Pilihan yang sesuai ialah $(A)\ 4$

(6). Akar-akar dari $x^{2}-5bx+b=0$ ialah kuadrat kebalikan akar-akar persamaan $x^{2}-ax+a-1=0$. Nilai terbesar yang mungkin dari hasil perkalian $a$ dan $b$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & \dfrac{1}{4} \\
(B)\ & \dfrac{3}{4} \\
(C)\ & \dfrac{4}{3} \\
(D)\ & \dfrac{8}{3}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Jika akar-akar persamaan kuadrat $x^{2}-ax+a-1=0$ ialah $\alpha$ dan $\beta$ maka $\alpha + \beta =a$ dan $\alpha \cdot \beta=a-1$.

Karena akar-akarnya berhubungan, maka akar-akar persamaan kuadrat $x^{2}-5bx+b=0$ ialah $\dfrac{1}{\alpha^{2}}$ dan $\dfrac{1}{\beta^{2}}$ maka $\dfrac{1}{\alpha^{2}}+\dfrac{1}{\beta^{2}}=5b$ dan $\dfrac{1}{\alpha^{2}} \cdot \dfrac{1}{\beta^{2}}=b$ atau $\dfrac{1}{\left( \alpha \beta \right)^{2}}=b$.

Dari beberapa data yang kita peroleh di atas, mampu kita simpulkan:
$\begin{align}
\dfrac{1}{\alpha^{2}}+\dfrac{1}{\beta^{2}} & = 5b \\
\dfrac{\alpha^{2}+\beta^{2}}{\left( \alpha \beta \right)^{2}} & = 5b \\
\left(\alpha^{2}+\beta^{2} \right) \dfrac{1}{\left( \alpha \beta \right)^{2}} & = 5b \\
\left( \left(\alpha +\beta \right)^{2}-2\alpha \beta \right) b & = 5b \\
a^{2}-2(a-1) & = 5 \\
a^{2}-2a+2-5 & = 0 \\
a^{2}-2a-3 & = 0 \\
(a-3)(a+1) & = 0 \\
a = 3\ \text{atau} \ a = -1
\end{align}$

$\begin{array}{c|c|cc}
\text{untuk}\ a=3 & \text{untuk}\ a=-1 \\
b = \dfrac{1}{\left( \alpha \beta \right)^{2}} & b = \dfrac{1}{\left( \alpha \beta \right)^{2}} \\
b = \dfrac{1}{\left( a-1 \right)^{2}} & b = \dfrac{1}{\left( a-1 \right)^{2}} \\
b = \dfrac{1}{\left( 3-1 \right)^{2}} & b = \dfrac{1}{\left( -1-1 \right)^{2}} \\
b = \dfrac{1}{4} & b = \dfrac{1}{4} \\
ab =\dfrac{3}{4} & ab = -\dfrac{1}{4}
\end{array} $

$ \therefore $ Pilihan yang sesuai ialah $(B)\ \dfrac{3}{4}$

(7). Didefenisikan $\left \lfloor a \right \rfloor =$ bilangan bulat terbesar yang lebih kecil atau sama dengan $a$. Sebagai teladan $\left \lfloor 2 \right \rfloor=2$; $\left \lfloor \dfrac{3}{4} \right \rfloor=0$; $\left \lfloor \dfrac{5}{4} \right \rfloor=1$. Jika $x=7$ maka nilai $\left \lfloor \dfrac{3x+1}{4-x} \right \rfloor$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 8 \\
(B)\ & 7 \\
(C)\ & -7 \\
(D)\ & -8
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk $x=7$ maka
$\begin{align}
\left \lfloor \dfrac{3x+1}{4-x} \right \rfloor & = \left \lfloor \dfrac{3(7)+1}{4-7} \right \rfloor \\
& = \left \lfloor \dfrac{21+1}{-3} \right \rfloor \\
& = \left \lfloor \dfrac{22}{-3} \right \rfloor \\
& = \left \lfloor -7\dfrac{1}{3} \right \rfloor \\
& = -8
\end{align}$

$ \therefore $ Pilihan yang sesuai ialah $(D)\ -8$

(8). Disediakan empat bilangan $2,3,4,-2$ yang akan ditempatkan pada empat persegi paling bawah, sehingga tidak ada bilangan yang tersisa. Untuk enam persegi yang lain dibuat aturan sebagai berikut. Nilai persegi yang bertuliskan huruf $K$ ialah hasil perkalian dari nilai dua persegi yang tepat berada di bawahnya dan Nilai persegi yang bertuliskan huruf $J$ ialah hasil penjumlahan dari nilai dua persegi yang tepat berada di bawahnya (lihat gambar di bawah). Nilai paling besar yang mungkin diperoleh pada persegi paling atas adalah...
 untuk tingkat kabupaten yang diperlombakan ada tiga bidang study Soal dan Pembahasan OSN 2019 Tingkat Kabupaten Matematika SMP
$\begin{align}
(A)\ & 400 \\
(B)\ & 74 \\
(C)\ & 61 \\
(D)\ & 57
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk menerima nilai maskismum pada persegi $J$ terakhir kita usahakan angka yang paling besar yaitu $3$ dan $4$ harus kita kalikan dan $4$ kita gunakan lebih sering dari $3$.

 untuk tingkat kabupaten yang diperlombakan ada tiga bidang study Soal dan Pembahasan OSN 2019 Tingkat Kabupaten Matematika SMP
$ \therefore $ Pilihan yang sesuai ialah $(B)\ 74$

(9). Jika $f[n]$ menyatakan banyak faktor positif dari bilangan bulat $n$ yang lebih dari $\sqrt{n}$, selisih nilai dari $f\left[ \left(3^{4} \cdot 4^{3} \right)^{2} \right]$ dan $f\left[ \left(3^{3} \cdot 4^{2} \right)^{2} \right]$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 0 \\
(B)\ & 24 \\
(C)\ & 27 \\
(D)\ & 54
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk $f\left[ \left(3^{4} \cdot 4^{3} \right)^{2} \right]$
$n=\left(3^{4} \cdot 4^{3} \right)^{2}$
$n= 3^{8} \cdot 4^{6} $
$n= 3^{8} \cdot 2^{12} $
Banyak faktor positif dari $n$ ialah $(8+1)(12+1)=117$
Banyak faktor positif dari bilangan bulat $n$ yang lebih dari $\sqrt{n}$ ialah
$f[n]=\left \lfloor \frac{117}{2} \right \rfloor=58$

Untuk $f\left[ \left(3^{3} \cdot 4^{2} \right)^{2} \right]$
$n=\left(3^{3} \cdot 4^{2} \right)^{2}$
$n= 3^{6} \cdot 4^{4} $
$n= 3^{6} \cdot 2^{8} $
Banyak faktor positif dari $n$ ialah $(6+1)(8+1)=63$
Banyak faktor positif dari bilangan bulat $n$ yang lebih dari $\sqrt{n}$ ialah
$f[n]=\left \lfloor \frac{63}{2} \right \rfloor=31$

Selisih nilai dari $f\left[ \left(3^{4} \cdot 4^{3} \right)^{2} \right]$ dan $f\left[ \left(3^{3} \cdot 4^{2} \right)^{2} \right]$ ialah $58-31=27$

$ \therefore $ Pilihan yang sesuai ialah $(C)\ 27$

(10). Bilangan tadutima ialah bilangan bulat positif yang bukan kelipatan $2,3, \text{atau}\ 5$. Banyak bilangan bulat positif kurang dari $1001$ yang merupakan bilangan tadutima adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 333 \\
(B)\ & 266 \\
(C)\ & 233 \\
(D)\ & 167
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Total banyak bilangan bulat positif kurang dari $1001$ ialah $1000$

  • Banyak bilangan kelipatan $2 \times \left(1,\ 2,\ 3,\ \cdots ,\ 500 \right)$ ada sebanyak 500 bilangan
  • Banyak bilangan kelipatan $3 \times \left(1,\ 2,\ 3,\ \cdots ,\ 333 \right)$ ada sebanyak 333 bilangan
  • Banyak bilangan kelipatan $5 \times \left(1,\ 2,\ 3,\ \cdots ,\ 200 \right)$ ada sebanyak 200 bilangan
Pada bilangan di atas juga sudah termasuk kelipatan $2 \times 3=6$, $2 \times 5=10$, dan $3 \times 5=15$ dimana banyak bilangan tersebut;
  • Banyak bilangan kelipatan $6 \times \left(1,\ 2,\ 3,\ \cdots ,\ 166 \right)$ ada sebanyak 166 bilangan
  • Banyak bilangan kelipatan $10 \times \left(1,\ 2,\ 3,\ \cdots ,\ 100 \right)$ ada sebanyak 100 bilangan
  • Banyak bilangan kelipatan $15 \times \left(1,\ 2,\ 3,\ \cdots ,\ 66 \right)$ ada sebanyak 66 bilangan
Pada bilangan di atas juga sudah termasuk kelipatan $2 \times 3 \times 5=30$ dimana banyak bilangan tersebut;
  • Banyak bilangan kelipatan $30 \times \left(1,\ 2,\ 3,\ \cdots ,\ 33 \right)$ ada sebanyak 33 bilangan

Banyak bilangan bulat positif kurang dari $1001$ yang merupakan bilangan tadutima ialah $1000-(500+333+200)+(166+100+66)-33$ ialah $266$

Perhitungan terakhir di atas untuk menerima $266$ mampu juga pakai konsep himpunan yaitu $n\left ( A\cup B\cup C \right )$$=n(A)+n(B)+n(C)$$-n(A\cap B)-n(A\cap C)-n(B\cap C)$$+n(A\cap B\cap C)$

$ \therefore $ Pilihan yang sesuai ialah $(B)\ 266$


(11). Di antara bilangan bulat berikut, yang bernilai ganjil untuk setiap bilangan bulat $n$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 2019-3n \\
(B)\ & 2019+n \\
(C)\ & 2019+2n \\
(D)\ & 2019+n^{2}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari keempat pilihan di atas untuk setiap bilangan bulat $n$ maka kesimpulan yang mampu kita ambil adalah.

  • $2019-3n$, mampu bernilai genap saat $n$ ganjil
  • $2019+n$ mampu bernilai genap saat $n$ ganjil
  • $2019+2n$ selalu bernilai ganjil untuk $n$ bilangan bulat
  • $2019+n^{2}$ mampu bernilai genap saat $n$ ganjil

$ \therefore $ Pilihan yang sesuai ialah $(C)\ 2019+2n$


(12). Diketahui $A$ ialah himpunan yang memiliki tepat tiga anggota. Hasil penjumlahan setiap dua bilangan anggota $A$ ialah $1209, 1690$ dan $2019$. Selisih bilangan terbesar dan terkecil dari anggota $A$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 329 \\
(B)\ & 481 \\
(C)\ & 769 \\
(D)\ & 810
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Kita misalkan $A=\{a,b,c\}$ sehingga
$\begin{array}{c|c|cc}
a+b = 1209 & \\
a+c = 1690 & \\
b+c = 2019 & (+) \\
\hline
2a+2b+2c = 4918 & \\
a+b+c = 2459
\end{array} $
Dari yang kta peroleh di atas mampu kita simpulkan;

  • $c=2459-1209=1250$
  • $b=2459-1690=769$
  • $a=2459-2019=440$
Selisih bilangan terbesar dan terkecil ialah $1250-440=810$

$ \therefore $ Pilihan yang sesuai ialah $(D)\ 810$

(13). Perhatikan gambar. Jika $\angle ABE+\angle ACE+\angle ADE=96^{\circ}$ maka besar $AOE$ adalah...
 untuk tingkat kabupaten yang diperlombakan ada tiga bidang study Soal dan Pembahasan OSN 2019 Tingkat Kabupaten Matematika SMP
$\begin{align}
(A)\ & 32^{\circ} \\
(B)\ & 48^{\circ} \\
(C)\ & 64^{\circ} \\
(D)\ & 84^{\circ}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Sudut $\angle ABE$, $\angle ACE$ dan $\angle ADE$ merupakan sudut sudut keliling pada dengan sudut pusat $\angle AOE$ sehingga besar sudut $\angle ABE=\angle ACE=\angle ADE$ yaitu $\dfrac{96}{3}=32^{\circ}$.

Besar sudut $AOE$ ialah $2 times 32^{\circ}=64^{\circ}$

$ \therefore $ Pilihan yang sesuai ialah $(C)\ 64^{\circ}$

(14). Perhatikan gambar di bawah. Gambar tersebt ialah gambar kap lampu yang tidak memiliki alas dan tutup. Alas dan tutup kap lampu berbentuk lingkaran. Luas materi untuk membuat kap lampu tersebut adalah...$cm^{2}\ (\pi=3,14)$
 untuk tingkat kabupaten yang diperlombakan ada tiga bidang study Soal dan Pembahasan OSN 2019 Tingkat Kabupaten Matematika SMP
$\begin{align}
(A)\ & 1130,4 \\
(B)\ & 1120 \\
(C)\ & 565,2 \\
(D)\ & 560,2
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Jika kap lampu kita panjangkan akan membentuk sebuah kerucut mirip gambar di bawah ini;

 untuk tingkat kabupaten yang diperlombakan ada tiga bidang study Soal dan Pembahasan OSN 2019 Tingkat Kabupaten Matematika SMP
Dari kerucut di atas kita peroleh;
$\begin{align}
\dfrac{BD}{AE} &= \dfrac{CD}{CE} \\
\dfrac{6}{12} &= \dfrac{CD}{8+CD} \\
\dfrac{1}{2} &= \dfrac{CD}{8+CD} \\
CD &= 8
\end{align}$
Luas kap lampu ialah luas selimut kerucut besar dikurang luas selimut kerucut kecil, dimana panjang garis pelukis $(s)$ untuk kerucut kecil $s_{k}=\sqrt{6^{2}+8^{2}}=10$ sedangkan kerucut besar $s_{b}=\sqrt{12^{2}+16^{2}}=20$.
$\begin{align}
\text{Luas kap lampu} &= \pi \cdot r_{b} \cdot s_{b} -\pi \cdot r_{k} \cdot s_{k} \\
&= \pi \cdot 12 \cdot 20 -\pi \cdot 6 \cdot 10 \\
&= \pi \left(240 - 60 \right) \\
&= 180 \pi \\
&= 180 \cdot 3,14 =565,2
\end{align}$

$ \therefore $ Pilihan yang sesuai ialah $(C)\ 565,2$


(15). Parabola $y=ax^{2}+bx+c$ memiliki titik puncak di $(p,p)$ dan titik potong dengan sumbu $Y$ di $(0,-p)$. Jika $p\neq 0$, maka nilai $b$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 1 \\
(B)\ & 2 \\
(C)\ & 4 \\
(D)\ & 8
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Titik potong dengan sumbu $Y$ ialah di $(0,-p)$ maka parabola $y=ax^{2}+bx+c$ ialah $y=ax^{2}+bx-p$
Puncak $(p,p)$, sehingga
$\begin{align}
x_{p} &= -\dfrac{b}{2a} \\
p &= -\dfrac{b}{2a} \\
-2ap &= b \\
y_{p} &= -\dfrac{b^{2}-4ac}{2a} \\
p &= -\dfrac{b^{2}+4ap}{4a} \\
-4ap &= b^{2}+4ap \\
b^{2} + 8ap &= 0 \\
b^{2} -4b &= 0 \\
b(b -4) &= 0 \\
b=0\ \text{atau}\ b=4
\end{align}$

$ \therefore $ Pilihan yang sesuai ialah $(C)\ 4$

(16). $ABCD$ ialah jajargenjang. $E$ ialah titik tengah $AB$. Ruas garis $DE$ memotong $AC$ di titik $P$. Perbandingan luas jajar genjang $ABCD$ dengan luas segitiga $AEP$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 12:1 \\
(B)\ & 8:1 \\
(C)\ & 6:1 \\
(D)\ & 4:1
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Jika kita gambarkan, ilustrasi gambar mirip apa yang disampaikan pada soal kurang lebih mirip berikut ini;

 untuk tingkat kabupaten yang diperlombakan ada tiga bidang study Soal dan Pembahasan OSN 2019 Tingkat Kabupaten Matematika SMP
Dari gambar di atas, kita peroleh $\bigtriangleup ADE \sim \bigtriangleup APE$, sehingga:
$\begin{align}
\dfrac{t_{1}}{t_{2}} &= \dfrac{AE}{CD} \\
\dfrac{t_{1}}{t_{2}} &= \dfrac{\dfrac{1}{2} CD}{CD} \\
\dfrac{t_{1}}{t_{2}} &= \dfrac{2}{1} \\
t_{1} &= 2t_{2} \\
t &= t_{1}+t_{2}=3t_{1}
\end{align}$
Perbandingan luas jajar genjang $ABCD$ dengan luas segitiga $AEP$ adalah:
$\begin{align}
\dfrac{[ABCD]}{[AEP]} &= \dfrac{AB \cdot t}{\dfrac{1}{2} \cdot AE \cdot t_{1}} \\
&= \dfrac{AB \cdot 3t_{1}}{\dfrac{1}{2} \cdot \dfrac{1}{2} \cdot AB \cdot t_{1}} \\
&= \dfrac{3}{\dfrac{1}{4}} \\
&= \dfrac{12}{1}
\end{align}$

$ \therefore $ Pilihan yang sesuai ialah $(A)\ 12:1$

(17). Dalam segitiga sama sisi $ABC$ titik $D,E.$ dan $F$ pada sisi $BC,CA,$ dan $AB$ sehingga $\angle AFE=\angle BFD;$ $\angle BDF=\angle CBE;$ dan $\angle CED=\angle AEf;$. Jika panjang sisi segitiga $ABC$ ialah $8\ cm$ maka luas segitiga $DEF$ adalah...$cm^{2}$
$\begin{align}
(A)\ & 2\sqrt{3} \\
(B)\ & 4\sqrt{3} \\
(C)\ & 6\sqrt{3} \\
(D)\ & 8\sqrt{3}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Jika kita gambarkan, ilustrasi gambar mirip apa yang disampaikan pada soal kurang lebih mirip berikut ini;

 untuk tingkat kabupaten yang diperlombakan ada tiga bidang study Soal dan Pembahasan OSN 2019 Tingkat Kabupaten Matematika SMP
Dari gambar di atas, mampu kita hitung luas $[ABC]$ yaitu:
$\begin{align}
[ABC] &= \dfrac{1}{2} \cdot AB \cdot AC \cdot sin\ 60^{\circ} \\
&= \dfrac{1}{2} \cdot 8 \cdot 8 \cdot \dfrac{1}{2} \sqrt{3} \\
&= 16 \sqrt{3}
\end{align}$

Jika kita perhatikan $\bigtriangleup DEF$, mampu kita simpulkan besar-besar sudutnya yaitu;
$\begin{align}
180-2\alpha+180-2\beta+180-2\theta &= 180 \\
2\alpha+ 2\beta+2\theta &= 360 \\
\alpha+ \beta+ \theta &= 180
\end{align}$

Jika kita perhatikan dari salah satu segitiga, misal $\bigtriangleup AEF$, mampu kita simpulkan besar-besar sudutnya yaitu;
$\begin{align}
60+ \alpha+\theta &= 180 \\
\alpha+\theta &= 120 \\
\alpha+ \beta+ \theta &= 180 \\
\hline
\beta &= 60 \\
\end{align}$
Dengan cara yang sama mirip di atas kita peroleh $\alpha = 60$ dan $\theta = 60$ sehingga $\bigtriangleup DEF$ merupakan segitiga sama sisi.
Luas $[ DEF ]=\dfrac{1}{4}[ABC]=4 \sqrt{3}$

$ \therefore $ Pilihan yang sesuai ialah $(B)\ 4 \sqrt{3}$

(18). Perhatikan gambar berikut.
 untuk tingkat kabupaten yang diperlombakan ada tiga bidang study Soal dan Pembahasan OSN 2019 Tingkat Kabupaten Matematika SMP
Jika panjang $AB=11\ cm$, $BC=15\ cm$, dan $EF=20\ cm$, maka luas berdiri $ABCDEF$ adalah...$cm^{2}$
$\begin{align}
(A)\ & 302 \\
(B)\ & 336 \\
(C)\ & 402 \\
(D)\ & 426
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Jika kita gambarkan kembali, dengan menambahkan garis $BG$ dan titik $O$, mirip berikut ini;

 untuk tingkat kabupaten yang diperlombakan ada tiga bidang study Soal dan Pembahasan OSN 2019 Tingkat Kabupaten Matematika SMP
Dari gambar di atas dengan menggunakan teorema pythagoras, mampu kita hitung $BG$ atao $OE$ yaitu:
$\begin{align}
OE &= \sqrt{BE^{2}-OB^{2}} \\
&= \sqrt{15^{2}-9^{2}} \\
&= \sqrt{225-81}=\sqrt{144}=12
\end{align}$

Luas $ABCDEF$ mampu kita hitung dengan menjumlahkan $[AOEF]$ dan $3[OED]$;
$\begin{align}
[ABCDEF] &= [AOEF]+3[OED] \\
&= 20 \times 12 + 3 \left( \dfrac{1}{2} \times 9 \times 12 \right) \\
&= 240 + 162 =402
\end{align}$

$ \therefore $ Pilihan yang sesuai ialah $(C)\ 402$


(19). Terdapat empat kotak yang dinomori $1$ hingga $4$. Setiap kotak mampu diisi maksimum $5$ koin dengan syarat kotak yang bernomor lebih besar tidak boleh berisi koin lebih banyak dari kotak yang bernomor kecil. Jika tidak boleh ada kotak yang kosong, banyak cara pengisian koin yang meungkin ke dalam keempat kotak tersebut adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 25 \\
(B)\ & 70 \\
(C)\ & 252 \\
(D)\ & 625
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Misal urutan kotak kita tuliskan $[I] [II] [III] [IV]$

Kemungkinan I, kotak $I$ berisi $1$ koin

  • Kotak $II$ berisi 1 koin, banyak kemungkinannya adalah:
    $[1] [1] [1] (5)$ - $[1] [1] [2] (4) $ - $[1] [1] [3] (3) $ - $[1] [1] [4] (2) $ - $[1] [1] [5] (1) $
    banyak kemungkinan ialah $5+4+3+2+1=15$
  • Kotak $II$ berisi 2 koin, banyak kemungkinannya adalah:
    $[1] [2] [2] (4) $ - $[1] [2] [3] (3) $ - $[1] [2] [4] (2) $ - $[1] [2] [5] (1) $
    banyak kemungkinan ialah $4+3+2+1=10$
  • Kotak $II$ berisi 3 koin, banyak kemungkinannya adalah:
    $[1] [3] [3] (3) $ - $[1] [3] [4] (2) $ - $[1] [3] [5] (1) $
    banyak kemungkinan ialah $3+2+1=6$
  • Kotak $II$ berisi 4 koin, banyak kemungkinannya adalah:
    $[1] [4] [4] (2) $ - $[1] [4] [5] (1) $
    banyak kemungkinan ialah $2+1=3$
  • Kotak $II$ berisi 5 koin, banyak kemungkinannya adalah:
    $[1] [5] [5] (1) $
    banyak kemungkinan ialah $1$
  • Total banyak kemungkinan pada saat kotak $I$ berisi $1$ koin ialah $15+10+6+3+1=35$
Kemungkinan II, kotak $I$ berisi $2$ koin
  • Kotak $II$ berisi 2 koin, banyak kemungkinannya adalah:
    $[2] [2] [2] (4)$ - $[2] [2] [3] (3)$ - $[2] [2] [4] (2)$ - $[2] [2] [5] (1)$
    banyak kemungkinan ialah $ 4+3+2+1=10$
  • Kotak $II$ berisi 3 koin, banyak kemungkinannya adalah:
    $[2] [3] [3] (3)$ - $[2] [3] [4] (2)$ - $[2] [3] [5] (1)$
    banyak kemungkinan ialah $ 3+2+1=6$
  • Kotak $II$ berisi 4 koin, banyak kemungkinannya adalah:
    $[2] [4] [4] (2) $ - $[2] [4] [5] (1) $
    banyak kemungkinan ialah $ 2+1=3$
  • Kotak $II$ berisi 5 koin, banyak kemungkinannya adalah:
    $[2] [5] [5] (1)$
    banyak kemungkinan ialah $1=1$
  • Total banyak kemungkinan pada saat kotak $I$ berisi $2$ koin ialah $10+6+3+1=20$
Kemungkinan III, kotak $I$ berisi $3$ koin
  • Kotak $II$ berisi 3 koin, banyak kemungkinannya adalah:
    $[3] [3] [3] (3)$ - $[3] [3] [4] (2)$ - $[3] [3] [5] (1)$
    banyak kemungkinan ialah $ 3+2+1=6$
  • Kotak $II$ berisi 4 koin, banyak kemungkinannya adalah:
    $[3] [4] [4] (2)$ - $[3] [4] [5] (1)$
    banyak kemungkinan ialah $ 2+1=3$
  • Kotak $II$ berisi 5 koin, banyak kemungkinannya adalah:
    $[3] [5] [5] (1)$
    banyak kemungkinan ialah $1=1$
  • Total banyak kemungkinan pada saat kotak $I$ berisi $3$ koin ialah $6+3+1=10$
Kemungkinan IV, kotak $I$ berisi $4$ koin
  • Kotak $II$ berisi 4 koin, banyak kemungkinannya adalah:
    $[4] [4] [4] (2)$ - $[4] [4] [5] (1)$
    banyak kemungkinan ialah $ 2+1=3$
  • Kotak $II$ berisi 5 koin, banyak kemungkinannya adalah:
    $[4] [5] [5] (1)$
    banyak kemungkinan ialah $ 3+1=4$
  • Total banyak kemungkinan pada saat kotak $I$ berisi $4$ koin ialah $3+1=4$
Kemungkinan V, kotak $I$ berisi $5$ koin
$[5] [5] [5] (1)$ banyak kemungkinan ialah $1$

Total banyak kemungkinan cara pengisian koin ialah $35+20+10+4+1=70$

$ \therefore $ Pilihan yang sesuai ialah $(B)\ 70$

(20). Soal kedua untuk setiap buku gres yang datang, seorang pustakawan bertugas untuk menempel label nomor di serpihan samping buku dan menyampul buku tersebut dengan plastik transparan. Proses menempel label dan menyampul ini disebut pengerjaan. Agar label nomor tidak cepat rusak, proses penyampulan suatu buku harus dilakukan setelah menempel label nomornya. Jika ada tiga buku gres berbeda yang harus dikerjakan, banyak kemungkinan urutan pengerjaan yang mampu dilakukan oleh pustakawan tersebut adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 8 \\
(B)\ & 48 \\
(C)\ & 90 \\
(D)\ & 720
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Urutan pengerjaan ialah menempel label kemudian menyampul buku.

Label (L) dan Sampul (S)
Urutan 1 Urutan 2 Urutan 3 Urutan 4
(L) (2L), (3S) (L), (S) (S)
3 5 2 3
Jadi total banyak kemungkinan urutan pengerjaan ialah $3 \times 5 \times 2 \times 3=90$

$ \therefore $ Pilihan yang sesuai ialah $(C)\ 90$

(21). Password akun media sosial Ahmad terdiri dari enam karakter berbeda penyusun kata "NKRIgo". Ahmad memintamu untuk menebak password-nya dengan mengatakan dua informasi, yaitu "g" tidak bersebelahan dengan "o", dan "R" bersebelahan dengan "I". Jika kamu menggunakan seluruh isu tersebut dengan baik, peluangmu untuk mampu langsung menebak dengan benar adalah...
$\begin{align}
(A)\ & \dfrac{1}{36} \\
(B)\ & \dfrac{1}{72} \\
(C)\ & \dfrac{1}{144} \\
(D)\ & \dfrac{1}{720}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan Teori Peluang, peluang sebuah kejadian $E$ ialah $P(E)\ = \dfrac{n(E)}{n(S)}$.

Susunan yang diperlukan "g" tidak bersebelahan dengan "o", dan "R" bersebelahan dengan "I".
Untuk menerima susunan mirip yang diharapak di atas, kita coba dari:

  • banyak susunan "R" bersebelahan dengan "I" yaitu $5! \times 2 =240$
  • banyak susunan "g" bersebelahan dengan "o", dan "R" bersebelahan dengan "I" yaitu $4! \times 2 \times 2=96$
  • banyak susunan "g" tidak bersebelahan dengan "o", dan "R" bersebelahan dengan "I" ialah $240-96=144$, sehingga $n(S) = 144$

Peluang berhasil menebak dengan benar
$P(E) = \dfrac{n(E)}{n(S)}$
$P(E) = \dfrac{1}{144}$

$ \therefore $ Pilihan yang sesuai ialah $(C)\ \dfrac{1}{144}$

(22). Misalkan terdapat $n$ nilai ulangan memiliki rata-rata $75$. Jika ada suplemen sebanyak $m$ nilai ulangan yang masing-masing $100$, maka rata-ratanya sekarang menjadi lebih dari $80$. Nilai $\dfrac{m}{n}$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & \dfrac{4}{11} \\
(B)\ & \dfrac{4}{17} \\
(C)\ & \dfrac{2}{9} \\
(D)\ & \dfrac{5}{24}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan pengertian rata-rata yaitu jumlah data dibagikan dengan banyak data, yang disimbolkan:
$\bar{x} =\dfrac{x_{1}+x_{2}+x_{3}+ \cdots + x_{n} }{n}$

Untuk $n$ bilangan rata-ratanya ialah $75$, sehingga mampu kita tuliskan:
$75 =\dfrac{x_{1}+x_{2}+x_{3}+ \cdots + x_{n} }{n}$
$75n = x_{1}+x_{2}+X_{3}+ \cdots + x_{n} $

Ada suplemen sebanyak $m$ nilai ulangan yang masing-masing $100$, maka rata-ratanya sekarang menjadi lebih dari $80$;
$\begin{align}
\dfrac{x_{1}+x_{2}+x_{3}+ \cdots + x_{n} }{n} &= \bar{x} \\
\dfrac{x_{1}+x_{2}+x_{3}+ \cdots + x_{n}+100m }{n+m} & \gt 80 \\
x_{1}+x_{2}+X_{3}+ \cdots + x_{n}+100m & \gt 80m+80n \\
75n+100m & \gt 80m+80n \\
100m-80m & \gt 80n-75n \\
20m & \gt 5n \\
\dfrac{m}{n} & \gt \dfrac{5}{20}=\dfrac{1}{4}
\end{align}$
Pilihan yang $\gt \dfrac{1}{4}$ ialah $\dfrac{4}{11}$

$ \therefore $ Pilihan yang sesuai ialah $(A)\ \dfrac{4}{11} $


(23). Diketahui lima buah bilangan bulat positif yang sudah terurut, yaitu $n+1,$ $n+2,$ $2m-4,$ $2m-2,$ $m+4$. Rata-rata lima bilangan tersebut sama dengan jangkauannya dan sama pula dengan mediannya, Nilai $m+n$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 5 \\
(B)\ & 7 \\
(C)\ & 10 \\
(D)\ & 12
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan pengertian rata-rata yaitu jumlah data dibagikan dengan banyak data, yang disimbolkan:
$\bar{x} =\dfrac{x_{1}+x_{2}+x_{3}+ \cdots + x_{n} }{n}$

$\begin{align}
\bar{x} & = R \\
\dfrac{x_{1}+x_{2}+x_{3}+x_{4}+x_{5} }{5} &= x_{5}-x_{1} \\
\dfrac{n+1+n+2+2m-4+2m-2+m+4 }{5} &= (m+4)-(n+1) \\
\dfrac{2n+5m+1}{5} &= m-n+3 \\
2n+5m+1 &= 5m-5n+15 \\
7n &= 14 \\
n &= 2
\end{align}$

$\begin{align}
Me & = R \\
X_{3} &= x_{5}-x_{1} \\
2m-4 &= (m+4)-(n+1) \\
2m-4 &= m+4-3 \\
m &= 5
\end{align}$

Nilai $m+n$ ialah $5+2=7$

$ \therefore $ Pilihan yang sesuai ialah $(B)\ 7$

(24). Diagram batang berikut menyatakan nilai-nilai ulangan matematika kelompok siswa laik-laki dan siswa perempuan.
 untuk tingkat kabupaten yang diperlombakan ada tiga bidang study Soal dan Pembahasan OSN 2019 Tingkat Kabupaten Matematika SMP
Jika $M_{1}$ ialah median untuk nilai ulangan kelompok Laki-laki, $M_{2}$ ialah median untuk nilai ulangan kelompok Perempuan, dan $M$ ialah median nilai ulangan keseluruhan siswa, maka $M_{1}+M_{2}+M$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 150 \\
(B)\ & 200 \\
(C)\ & 220 \\
(D)\ & 240
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari diagram batang beberapa isu yang mampu kita ambil adalah

  • Nilai $60$ , $L=5$ dan $P=10$
  • Nilai $70$ , $L=12$ dan $P=3$
  • Nilai $80$ , $L=1$ dan $P=8$
  • Nilai $90$ , $L=6$ dan $P=6$
Berdasarkan data di atas;
  • Siswa laki-laki ada sebanyak $5+12+1+6=24$ sehingga mediannya berada pada datum ke-$\dfrac{12+13}{2}$ yaitu $M_{1}=70$
  • Siswa perempuan ada sebanyak $10+3+8+6=27$ sehingga mediannya pada datum ke datum ke-$14$ yaitu $M_{2}=80$
  • Siswa keseluruhan ada sebanyak $24+27=51$ sehingga mediannya pada datum ke datum ke-$26$ yaitu $M=70$

Nilai $M_{1}+M_{2}+M$ ialah $70+80+70=220$

$ \therefore $ Pilihan yang sesuai ialah $(C)\ 220$

(25). Diketahui jumlah $20$ suku pertama suatu barisan aritmetika ialah $1390$. Jika suku pertama dari barisan tersebut ialah $3$, selisih dari dua suku berurutan di barisan tersebut adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 7 \\
(B)\ & 17 \\
(C)\ & 21 \\
(D)\ & 24
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Jumlah $n$ suku pertama pada suatu barisan aritmetika ialah

$\begin{align}
S_{n} & =\frac{n}{2}\left [2a+\left ( n-1 \right )b \right ] \\
S_{20} & =\frac{20}{2}\left [2(3)+\left ( 20-1 \right )b \right ] \\
1390 & =10 \left [6+19b \right ] \\
1390 & =60 +190b \\
1330 & = 190b \\
b &= \dfrac{1330}{190} =7
\end{align}$

$ \therefore $ Pilihan yang sesuai ialah $(A)\ 7$

Ide, referensi, atau penjabaran dari alternatif penyelesaian soal diatas dibantu oleh teman-teman guru matematika di Matematika Nusantara.

Terima kasih juga disampaikan kepada bapak Ahmad Mustofa, beberapa alternatif pembahasan soal di atas dipengaruhi oleh pandangan gres kreatifnya beliau, jikalau tertarik untuk membacanya silahkan Pembahasan Soal Olimpiade Sains Nasional SMP tingkat Kota/Kabupaten tahun 2019 Bidang Matematika.

Sebagai tambahan, mungkin ada yang butuh file soal aslinya:
  • Soal Olimpiade Sains Nasional SMP tingkat Kota/Kabupaten tahun 2019 Bidang Matematika download
  • Soal Olimpiade Sains Nasional SMP tingkat Kota/Kabupaten tahun 2019 Bidang IPA download

Pembahasan soal diatas masih jauh dari sempurna, Makara jikalau ada masukan yang sifatnya membangun terkait duduk duduk kasus alternatif penyelesaian atau request pembahasan soal, silahkan disampaikan😊CMIIW

Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏Share is Caring 👀 dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊

Mengerjakan pembagian pecahan umumnya kita harus kembalikan ke perkalian pecahan, lihat pada video ini dikerjakan dengan cara pilar (pintar bernalar);
 untuk tingkat kabupaten yang diperlombakan ada tiga bidang study Soal dan Pembahasan OSN 2019 Tingkat Kabupaten Matematika SMP

Belum ada Komentar untuk "Soal Dan Pembahasan Osn 2019 Tingkat Kabupaten Matematika Smp"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel