Kumpulan Modul Kegiatan Pkb Melalui Pkp Berbasis Zonasi Untuk Guru Sekolah Menengah Pertama (Smp) Tahun 2019
Catatan Calon Guru coba membagikan kembali modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi Untuk Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun 2019.
Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan.
Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pada pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS). Keterampilan berpikir tingkat tinggi ialah proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis dan membangun relasi dengan melibatkan program mental yang paling dasar yang sebaiknya dimiliki oleh seorang guru professional.
Guru profesional memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan prestasi peserta didik. Penelitian menyampaikan bahwa 30% prestasi peserta didik ditentukan oleh faktor guru. Dengan demikian maka guru harus senantiasa meng-update dirinya dengan melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
Jika program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan sebelumnya didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, berfokus pada peningkatan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogi dan profesional, maka Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi lebih berfokus pada upaya memintarkan peserta didik melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi.
Untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, serta pemerataan mutu pendidikan, maka pelaksanaan Program PKP mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal dengan istilah zonasi. Melalui langkah ini, pengelolaan Pusat Kegiatan Guru (PKG) TK, kelompok kerja guru (KKG) SD dan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) Sekolah Menengah Pertama yang selama ini dilakukan melalui Gugus atau Rayon dalam zonasinya, sanggup terintegrasi melalui zonasi pengembangan dan pemberdayaan guru. Zonasi memperhatikan keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan di lingkungan terdekat, menyerupai status pengakuan sekolah, nilai kompetensi guru, capaian nilai rata-rata UN/USBN sekolah, atau pertimbangan mutu lainnya.
Semoga Unit Pembelajaran ini bisa menginspirasi guru untuk berbagi materi dan melakukan pembelajaran dengan berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi.
Modul-modul di atas ialah pengembangan dari modul-modul sebelumnya pada program pemerintah Guru Pembelajar atau PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan). Sehingga jika para guru tertarik untuk berbagi kemampuan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan maka sanggup juga ditingkatkan dengan mempelajari modul-modul berikut ini:
Video pilihan khusus untuk Anda π Mengerjakan pembagian pecahan umumnya kita harus kembalikan ke perkalian pecahan, lihat pada video ini dikerjakan dengan sangat kreatif;
Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan.
Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pada pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS). Keterampilan berpikir tingkat tinggi ialah proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis dan membangun relasi dengan melibatkan program mental yang paling dasar yang sebaiknya dimiliki oleh seorang guru professional.
Guru profesional memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan prestasi peserta didik. Penelitian menyampaikan bahwa 30% prestasi peserta didik ditentukan oleh faktor guru. Dengan demikian maka guru harus senantiasa meng-update dirinya dengan melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
Jika program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan sebelumnya didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, berfokus pada peningkatan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogi dan profesional, maka Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi lebih berfokus pada upaya memintarkan peserta didik melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi.
Untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, serta pemerataan mutu pendidikan, maka pelaksanaan Program PKP mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal dengan istilah zonasi. Melalui langkah ini, pengelolaan Pusat Kegiatan Guru (PKG) TK, kelompok kerja guru (KKG) SD dan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) Sekolah Menengah Pertama yang selama ini dilakukan melalui Gugus atau Rayon dalam zonasinya, sanggup terintegrasi melalui zonasi pengembangan dan pemberdayaan guru. Zonasi memperhatikan keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan di lingkungan terdekat, menyerupai status pengakuan sekolah, nilai kompetensi guru, capaian nilai rata-rata UN/USBN sekolah, atau pertimbangan mutu lainnya.
Semoga Unit Pembelajaran ini bisa menginspirasi guru untuk berbagi materi dan melakukan pembelajaran dengan berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi.
- Modul Unit Belajar Program PKP Guru Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Pokok Teks Deskripsi, Cerita Imajinasi dan Prosedur π Download
- Modul Unit Belajar Program PKP Guru Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi Pokok Teks Khusus π Download
- Modul Unit Belajar Program PKP Guru Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran Bimbingan dan Konseling Materi Pokok Kemampuan Belajar π Download
- Modul Unit Belajar Program PKP Guru Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran Informatika Materi Pokok Berpikir Komputasional π Download
- Modul Unit Belajar Program PKP Guru Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup π Download
- Modul Unit Belajar Program PKP Guru Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran IPS Materi Pokok Manusia, Tempat dan Lingkungan π Download
- Modul Unit Belajar Program PKP Guru Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran Matematika Materi Pokok Pembelajaran Bilangan π Download
- Modul Unit Belajar Program PKP Guru Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran PJOK Materi Pokok Bola Volley π Download
- Modul Unit Belajar Program PKP Guru Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran PPKn Materi Pokok Pancasila π Download
- Modul Unit Belajar Program PKP Guru Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran Seni Budaya Materi Pokok Pemeranan π Download
Modul-modul di atas ialah pengembangan dari modul-modul sebelumnya pada program pemerintah Guru Pembelajar atau PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan). Sehingga jika para guru tertarik untuk berbagi kemampuan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan maka sanggup juga ditingkatkan dengan mempelajari modul-modul berikut ini:
- Kumpulan Modul Guru Pembelajar yang Sangat Baik Sebagai Modul Tambahan Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama π Download
- Kumpulan Modul Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama yang Sangat Baik Untuk PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) π Download
Video pilihan khusus untuk Anda π Mengerjakan pembagian pecahan umumnya kita harus kembalikan ke perkalian pecahan, lihat pada video ini dikerjakan dengan sangat kreatif;
Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Modul Kegiatan Pkb Melalui Pkp Berbasis Zonasi Untuk Guru Sekolah Menengah Pertama (Smp) Tahun 2019"
Posting Komentar