Sistem Peredaran Darah Manusia

Kali ini marilah kita membahas salah satu dari materi Biologi-IPA Yaitu sistem Peredaran Darah. Sistem peredaran darah merupakan materi yang cukup luas, dari itu kali ini kita hanya membahas perihal sistem peredaran darah pada manusia.

Pada Manusia, sistem peredaran darah mencakup materi Darah, Jantung dan pembuluh darah.

#A Darah

Darah merupakan komponen penting dalam kehidupan manusia. Secara umum darah berfungsi sebagai pengedar oksigen, Sari-sari masakan dan Hormon ke seluruh tubuh. sedangkan untuk fungsi khususnya tergantung pada komponen-komponen penyusun darah itu sendiri.


1. Komponen penyusun darah

Volume darah di dalam tubuh insan lebih kurang 5 liter yang terdiri atas 55 % berupa cairan (plasma darah) dan 45 % terdiri dari atas sel-sel darah. Setiap tetes darah  mengandung lebih dari 250 juta sel darah merah, 375.000 sel darah putih, dan 16 juta keping darah.

Komponen Penyusun Darah
a. Sel Plasma Darah

Plasma darah merupakan cairan darah yang berwarna kekuningan. Pada Plasma darah terdapat protein albumin yang berfungsi untuk mempertahankan tekanan osmosis darah, globulin sebagai pembentuk dalam proses pembekuan darah.

b. Sel darah Merah ( Eritrosit )

Sel darah merah berbentuk bulat pipih, tidak memiliki inti sel dan cekung di cuilan tengah (bikonkaf), memiliki pigmen hemoglobin (Hb) yang mengikat zat besi, berusia lebih kurang 120 hari dan dibentuk di sumsum tulang.

c. Sel darah Putih ( Leukosit )

Sel darah putih berukuran lebih besar, tidak berwarna, memiliki inti, bentuk tidak tetap, mampu bergerak menyerupai amoeba (amoeboid) dan mampu menembus dinding pembuluh darah, berumur 12-13 hari dan dibentuk di dalam sumsum merah tulang, kelenjar limfa dan limfa.

d. Keping darah ( Trombosit )

Memiliki bentuk yang tidak teratur, tidak berinti, dan berukuran lebih kecil, dibentuk di sumsum merah tulang pipa.

2. Proses Pembekuan Darah

Proses Pembekuan Darah

3. Golongan Darah
penggolongan darah menurut Karl Landsteiner dibedakan menurut ada tidaknya aglutinogen (antigen pada membran eritrosit) dan aglutinin (sejenis protein/antibodi) dalam plasma darah.

Golongan darah

#B Jantung
Jantung - dan cuilan bagiannya

Fungsi jantung ialah sebagai alat pemompa darah. Jantung insan terdiri atas dua atrium atau serambi dan dua ruang bawa yang lebih luas yang dinamakan ventrikel atau bilik. di anatara serambi dan bilik, terdapat katup berfungsi untuk mencegah biar darah tidak kembali lagi ke serambi

#C Pembuluh darah

Pembuluh darah kita terdiri dari pembuluh nadi (arteri), pembuluh bali (vena dan pembuluh kapiler. perbedaan antara pembuluh nadi dan pembuluh vena mampu dilihat di tabel berikut:

Perbedaan arteri dan Vena


#D Sistem peredaran darah

Sistem peredaran darah insan terdiri dari dua macam, ialah sistem peredaran darah kecil dan sistem peredaran dara besar.
Sistem Peredaran Darah
Peredaran darah kecil: Jantung  - Paru - Jantung
Peredaran darah besar: Jantung - Seluruh Tubuh - Jantung

#E Gangguan dan kelainan pada sistem peredaran darah

a. Anemia : Yaitu penyakit yang disebabkan rendahnya kadar hemoglobin dalam darah atau kekurangan darah merah

b. Hemofilia : Penyakit keturunan ditandai dengan darah sulit membeku

c. Koronariasis : Terjadi penyumbatan pada arteri koroner

d Varises : pelebaran pembuluh balik yang diasanya pada betis

Belum ada Komentar untuk "Sistem Peredaran Darah Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel