Klasifikasi Makhluk Hidup : Pengantar Materi

Setelah kita mempelajari tentang ciri-ciri dari makhluk hidup, Marilah kita memahami Klasifikasi mahluk hidup.

Klasifikasi Adalah mengelompokkan sesuatu berdasarkan persamaan dan perbedaannya. Kaprikornus Klasifikasi makhluk hidup merupakan mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan yang dimilikinya.

Klasifikasi Makhluk Hidup


Tujuan Klasifikasi
  • Menyederhanakan objek yang beranekaragam
  • Mempermudah mempelajari keanekaragaman makhluk hidup
  • mengetahu adanya korelasi antar makhluk hidup 

Macam-macam klasifikasi
  • Klasifikasi Sederhana
Klasifikasi sederhana, pengelompokan makhluk hidup dilakukan berdasarkan pengamatan sederhana menyerupai bentuk tubuh, struktur tubuh, tempat hidup dan kebiasaan makhluk hidup.
Contoh: mengelompokan flora tempat hidup : Tumbuhan air dan flora darat.

  • Klasifikasi Modern
Klasifikasi modern pertama kali dikemukan oleh Corolus Linnaeus (1707-1778), seorang swedia yang dijuluki Bapak Taksonomi. Beliau juga menciptakan sistem penamaan makhluk hidup yang disebut Tata Nama Ganda (Binomial Nomenklatur), dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Nama spesies harus menggunakan bahasa latin atau yang dilatinkan
  2. terdiri dari dua kata
  3. kata pertama nama genus, kata kedua nama spesies
  4. Huruf pertama menggunakan huruf kapital, dan selanjutnya huruf kecil
  5. ditulis miring atau di garis bawahi secara terpisah
  6. nama penemu boleh dicantumkan di belakang nama spesies yang ditemukan
Contoh: Oryza sativa atau Oryza sativa


Sejarah sistem klasifikasi

Sistem penjabaran Dua Kingdom
Sistem klasififikasi dua kingdom pertama kali dikemukan oleh Aristoteles (Yunani). Dalam kalsifikasi ini makhlik hidup cuma dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu:
  • Kingdom Plantae (kerajaan Tumbuhan), yaitu kelompok makhluk hidup yang memiliki ciri berdinding sel dan klorofil. Yang termasuk dalam kelompok ini yaitu bakteri, jamur, gangga, paku dan flora berbiji.

  • Kingdom Animalia (kerajaan Hewan), meliputi aneka macam makhluk hidup yang memiliki ciri tidak berdinding sel dan tidak memiliki klorofil. Yang termasuk kedalam kelompok ini yaitu Protozoa, Porifera, Coelentera, Mollusca, Arthopoda, Echinodermata, dan Chordata

Sistem penjabaran Tiga Kingdom
Klasifikasi tiga kingdom membagi makhluk hidup menjadi kingdom Monera, Plantae dan Animalia.
  • Kingdom Monera, yaitu kelompok makhluk hidup yang memiliki ciri tersusun dari satu atau banyak sel yang belum memiliki membran inti. Yang termasuk dalam golongan ini yaitu kuman dan ganggang hijau biru.
  • Kingdom Plantae yaitu kelompok flora yang meliputi jamur, lumut, paku dan flora biji
  • Kingdom Animalia merupakan kelompok Makhluk hidup yang terdiri Protozoa, Porifera, Coelenterata, Mollusca, Arthropoda, Echinodermata, dan chordata.


Sistem Klasifikasi Empat Kingdom
Sistem Empat kingdom terdiri dari kingdom Monera, Fungi, Plantae, dan Animalia. Kingdom Monera terdiri dari kuman dan ganggang hijau-biru. Kingdom Fungi dipisahkan dari plantae lantaran tidak memiliki klorofil walaupun sama-sama memiliki dinding sel. Sedangkan kingdom Animalia meliputi aneka macam hewan menyerupai dalam sistem tiga kingdom.


Sistem Klasifikasi Lima Kingdom
Pencentus penjabaran sistem lima kingdom yaitu Robert H. Whittaker, seorang hebat biologi Amerika Serikat pada tahun 1969. Dalam penjabaran ini Whittaker mengelompokkan makhluk hidup dalam Kingdom Monera, Protista, Fungi, Plantae dan Animalia.

Belum ada Komentar untuk "Klasifikasi Makhluk Hidup : Pengantar Materi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel